Visit My Popular Blog

Proses Terjadinya Sakit ASAM URAT Tinggi / Gout

Pesan Sponsor
IndoSister.com - Gout / Asam Urat bukanlah suatu penyakit yang tergolong asing bagi kita. Dari tahun ke tahun prevalensi gout kian meningkat. Sebenarnya gout dapat dihindari apabila kita memahami hal yang dapat menyebabkannya dan bagaimana prosesnya hingga terjadi gout.

Definisi Gout / Asam Urat
Gout atau yang biasa dikenal dengan penyakit asam urat tinggi adalah suatu keadaan dimana terdapatnya garam dan kristal asam urat di sendi atau jaringan sekitarnya dan bahkan bisa pula berupa kristalisasi asam urat di saluran urinarius.

Gout paling banyak diderita oleh orang dekade ke-5 atau lebih walaupun sebenarnya gout bisa diderita pada umur berapapun. Laki-laki lebih banyak menderita gout dibandingkan dengan wanita sebelum menopause. Dan pada wanita yang sudah menopause atau berumur sekitar 60 tahun ke atas perbandingan penderitanya sama saja seperti laki-laki.


Penyebab Asam Urat tinggi / Gout
Terdapat beberapa faktor yang diduga berperan sebagai penyebab dari terjadinya gout. Berikut adalah beberapa faktor tersebut:

1. Faktor Herediter atau Genetik
Faktor genetik diduga berperan dalam menyebabkan terjadinya gout. Penderita dengan gout dimana faktor genetik yang kemungkinan besar menjadi penyebab dominannya, memiliki suatu keadaan di tubuhnya yang akan menyebabkan pembentukan purin meningkat dibandingkan dengan orang normal.

Purin inilah yang kemudian akan dipecah hingga pada akhirnya terbentuk asam urat. Maka apabila pembentukan purin meningkat, kadar asam urat pada tubuhnya juga akan mengalami peningkatan. Overproduksi dari asam urat ini lah yang kemudian akan menyebabkan deposit kristal asam urat pada sendi. Namun keadaan overproduksi ini hanya terjadi pada sekitar 10% kasus.

2. Penggunaan Obat-obatan Tertentu
Penggunaan obat-obatan tertentu juga dinilai dapat menjadi penyebab terjadinya peningkatan kadar asam urat pada seseorang. Obat-obatan yang dikabarkan dapat meningkatkan kadar asam urat ini adalah aspirin dosis rendah serta beberapa macam obat diuretik.

3. Gagal Ginjal
Gagal ginjal merupakan suatu keadaan dimana terjadi penurunan performa dari ginjal dalam mengatur sistem eksresi pada manusia yang akan dikeluarkan dalam bentuk urine. Pada penderita gagal ginjal, sangat tinggi kemungkinannya untuk mereka menderita gout. Hal ini dikarenakan ginjal tidak mampu bekerja secara optimal atau mungkin tidak bisa bekerja sama sekali dalam mengeksresi asam urat melalui urine.

\Pengurangan eksresi asam urat dari batas normal inilah yang kemudian akan menyebabkan terjadinya peningkatan kadar asam urat pada tubuh sehingga meningkatkan kemungkinan terjadinya gout. Keadaan under excretion ini terjadi pada sekitar 90% kasus gout.

4. Mengonsumsi Makanan Tinggi Purin
Kebiasaan mengonsumsi makanan tinggi purin sangat dapat meningkatkan resiko seseorang untuk menderita gout. Beberapa makanan tinggi purin seperti telur, keju, daging, seafood, hati, kacang polong, bayam serta alkohol dan bir.

Dengan mengonsumsi makanan tinggi purin, maka kadar purin di tubuh akan meningkat sehingga menyebabkan proses pemecahannya juga meningkat. Dengan terjadinya proses pemecahan purin yang meningkat, asam urat sebagai hasil proses akhir pemecahan purin juga akan meningkat.

Proses Terjadinya Gout / Sakit Asam urat
Dengan keadaan dimana terdapat asam urat dengan kadar yang tinggi atau eksresi dari asam urat yang berkurang, akan menyebabkan kadar asam urat pada tubuh meningkat.

Asam urat tersebut kemudian selanjutnya akan mengalami proses sedemikian rupa yang pada akhirnya akan mengalami pengendapan dalam bentuk kristal asam urat. Kristal asam urat ini akan mengendap baik pada sendi ataupun jaringan di sekitarnya.

Dengan adanya kristal asam urat ini, sistem imun tubuh akan menyerangnya dengan menganggap kristal tersebut sebagai benda asing. Proses sistem imun tubuh yang menyerang kristal asam urat tersebut dikatakan sebagai suatu reaksi inflamasi.

Dengan berlangsungnya inflamasi ini akan menunjukkan gejala timbulnya nyeri pada sendi dan biasanya disertai dengan pembengkakan dan sendi akan berwarna kemerahan serta hangat apabila diraba.

Gout biasanya terjadi pada ibu jari kaki tapi sebenarnya ini dapat terjadi pada sendi mana saja.

Proses Terjadinya Sakit ASAM URAT Tinggi / Gout

Bagi para sahabat IndoSister.com yang memiliki resiko tinggi untuk menderita gout ataukah Anda yang sudah terdiagnosis menderita gout, pahamilah apa yang menyebabkan terjadinya gout dan bagaimana gout dapat terjadi. Semoga dengan membaca artikel ini pertanyaan Anda mengenai kedua hal tersebut dapat terjawab.

Daftar Pustaka
Rheumatology.org

2 comments:

  1. Terimkasih informasinya, sangat membantu karena asam urat merupakan gangguan yang banyak sekali dialami oleh masyarakat.

    ReplyDelete
  2. penyakit asam urat memang banyak sekali ya di alami oleh para lelaki tapi tidak menutup kemungkinan juga bagi wanita, mungkin kita harus berhati-hati dalam memilih makanan dan sebaginya..

    ReplyDelete


Thanks for Stopping by, Please Leave comment about article above ^_^