Visit My Popular Blog

Ini Dia Jawaban untuk Segala Pertanyaan Tentang Payudara !

Pesan Sponsor
IndoSister.com - Percaya atau tidak, isu tentang payudara merupakan salah satu isu yang paling ‘panas’ belakangan ini. Berbagai gerakan mulai dari #freethenipple hingga dorongan untuk bebas menyusui di tempat publik gencar dilakukan. Payudara memang masih dipandang suatu isu yang ‘tidak penting’ pada masyarakat, sehingga para wanita merasa tidak terpenuhi hak-haknya.

Padahal, payudara bukan hanya sekedar ‘isu’. Payudara merupakan bagian tubuh kita yang otomatis harus dijaga kesehatannya. Meskipun sadar pentingnya menjaga kesehatan, banyak wanita yang masih tidak mengerti dan bingung dengan keadaan payudaranya.

Jika Anda juga mungkin memiliki beberapa pertanyaan mengenai payudara, mari kita lihat bersama jawabannya.

Ini Dia Jawaban untuk Segala Pertanyaan Tentang Payudara !

Mengapa Payudara Menjadi Keras Sebelum Menstruasi Dimulai?
Payudara menjadi keras dan kaku akibat peningkatan hormon-hormon dalam tubuh, seperti estrogen dan progesterone yang biasanya berlangsung 1 hingga 2 minggu sebelum masa menstruasi dimulai. Masa PMS juga akan membuat payudara mengeras dan terasa menusuk. Selama masa menstruasi, Anda sebaiknya bersih dari kafein, rokok, dan beberapa jenis obat.

Mengapa Ada Rambut Di Puting Payudara?
Tidak hanya di bagian paha atau pun tangan, rambut juga kadang muncul di puting payudara. Namun meskipun terlihat menganggu ‘pemandangan’, hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan.

Dalam beberapa waktu, tubuh akan menghasilkan hormon yang tinggi, yang juga akan membuat rambut tumbuh pada seluruh bagian tubuh. Tentu saja, daerah sekitar puting payudara bukanlah pengecualian.

Mengapa Payudara Setiap Orang Berbeda-beda?
Banyak wanita yang khawatir, merasa bahwa payudara kiri dan payudara kanannya berbeda. Mulai dari bentuk, besar, hingga tingkat sensitifitasnya.

Padahal, hal tersebut bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan. Payudara merupakan bagian tubuh yang tidak akan pernah berbentuk 100% sama, seperti tangan dan kaki.

Mengapa Puting Payudara Kadang Terasa Gatal?
Normalnya, puting payudara tidak seharusnya gatal. Tapi jika puting menjadi gatal, mungkin cuaca dan musim yang menjadi penyebabnya. Kulit yang kering atau rusak di daerah sekitar payudara bisa menyebabkan rasa gatal. Eczema merupakan suatu hal yang normal, dan kondisi kulit yang abnormal pada bagian puting payudara akan membuatnya kering, kasar, merah-merah dan gatal.

Hal ini juga biasanya dirasakan pada saat masa kehamilan dan menyusui. Dan jika gatalnya kadang tidak tertahankan, gunakan krim lanolin, minyak kelapa, dan krim khusus payudara untuk mengobatinya.

Mengapa Payudara Menjadi ‘Jatuh’?
Jika wanita sudah menginjak usia matang, payudara akan menjadi jatuh, dan hilang atau berkurang tingkat elastisitasnya. Apabila hal ini terjadi pada wanita yang masih muda, ada kemungkinan hal tersebut terjadi akibat salah memakai bra.

Pada saat beraktifitas, wanita harus memakai bra yang tepat dan sesuai ukurannya agar payudaranya tidak kendur dan jatuh. Jika ditopang dengan bra yang tepat, sensifitas dan kondisi kulit payudara akan tetap terjaga meskipun usia sudah tidak muda. Payudara akan tetap menjadi kencang, tidak sakit dan tentunya tetap sehat.

Perlukah Memeriksa Payudara Sendiri?

Benjol Pada Payudara, Haruskah Dikhawatirkan?
Sebelum Anda merasa panik karena memiliki benjolan pada bagian payudara, perlu Anda ketahui bahwa benjolan pada payudara merupakan hal yang normal. 8 dari 10 wanita memiliki benjolan pada payudara, dan hal tersebut bukanlah kanker.

Selagi Anda menganalisa benjolan pada payudara, Anda juga harus memperhatikan siklus menstruasi dengan detail. Alasannya adalah, benjolan pada payudara bisa terjadi akibat siklus menstruasi yang normal. Biasanya benjolan tersebut akan hilang sendirinya pada saat siklus menstruasi selesai.

Benjolan bisa terbentuk pada payudara akibat peningkatan hormon dalam tubuh, yang juga akan meningkatkan nodularitas pada jaringan payudara. Peningkatan ini akan membuat benjolan pada payudara menghilang dengan sendirinya setelah menstruasi selesai. Namun jika benjolan tidak menghilang dan terasa semakin besar, sangat disarankan untuk memeriksakannya pada dokter.

Baca Juga :

Perlukah Memeriksa Payudara Sendiri?
Untuk mengecek kondisi payudara Anda sendiri, Anda harus memeriksa dan melihat payudara Anda setiap hari atau jika dirasa ada yang bermasalah. Anda harus tahu keadaan Anda sendiri, dengan begitu Anda bisa melihat apakah ada yang salah dengan payudara Anda.

Waktu yang tepat untuk memeriksa payudara Anda adalah minggu pertama pada saat siklus menstruasi Anda dimulai. Pada saat ini, peningkatan hormon pada tubuh akan memiliki efek pada jaringan payudara.

Hal Apa Saja Yang Membuat Payudara Tidak Sehat?
Hal-hal yang sangat berpengaruh dengan kesehatan  payudara adalah kekurangan vitamin D, mengkonsumsi daging berlemak tinggi, mentega dan makanan yang digoreng, konsumsi alkohol yang berlebihan, obesitas dan badan yang tidak banyak bergerak.

Riset yang sekarang sudah banyak dilakukan bahkan mengatakan bahwa pengaruh lingkungan seperti polusi, radiasi, dan efek samping dari penggunaan barang-barang dengan sifat karsinogen ringan bisa mempengaruhi kesehatan tubuh dan payudara.

Nah, akhirnya terjawab sudah semua pertanyaan tentang payudara. Para sahabat IndoSister.com Jangan ragu untuk bertanya kepada ahli, atau mencari referensi secara online untuk berbagai hal yang Anda ingin tahu mengenai payudara. 

1 comment:

  1. Subhanallah sebegitu hebatnya manfaat ciptaan Allah SWT. Semoga kita bisa memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya.

    ReplyDelete


Thanks for Stopping by, Please Leave comment about article above ^_^