Visit My Popular Blog

Jangan Anggap Remeh Sakit REMATIK - Reumatoid Artritis

Pesan Sponsor
IndoSister.com - Kata ‘rematik’ sudah tidak asing di telinga kita. Penderitanya dari tahun ke tahun juga cenderung meningkat. Rematik identik dengan nyeri sendi dan biasanya juga diikuti dengan pembengkakan pada sendi tersebut.

Definisi Penyakit Rematik
Istilah medis untuk rematik adalah Reumatoid Artritis atau biasa disingkat dengan RA. RA adalah suatu penyakit autoimun peradangan yang terjadi secara kronik.

Yang dimaksud dengan kronik di sini adalah perjalanan penyakit atau progresivitasnya terus berlanjut seiring waktu dan biasanya berlangsung secara perlahan. Penyakit ini biasanya mengincar cairan sendi sebagai target utamanya.


RA lebih banyak terjadi pada perempuan dibandingkan dengan laki-laki dan biasanya banyak mengenai perempuan pada usia 40-60 tahun.

Penyebab Reumatik
Hingga saat ini tidak terdapat penjelasan pasti dari penyebab terjadinya Reumatoid Artritis. Namun, terdapat 2 faktor yang diduga sebagai penyebab penting terjadinya RA yaitu faktor genetik dan lingkungan.

Faktor lingkungan di sini dapat berupa infeksi, merokok, dan menghirup debu silika. Kedua faktor penting tersebutlah yang diduga cukup berperan dalam menimbulkan terjadinya proses autoimun pada penderitanya.

RA merupakan suatu penyakit autoimun yang dimana antibodi dari tubuh penderita akan menyerang sel normal dari tubuh penderita tersebut.

Gejala Rematik
Pada dasarnya RA dapat terjadi pada semua sendi yang terdapat pada tubuh penderitanya. Namun terdapat beberapa sendi tertentu yang dimana sering sekali menjadi lokasi RA yaitu sendi jari tangan dan sendi pergelangan tangan. Gejala yang muncul juga bervariasi di antara satu penderita dan penderitanya lainnya.

Berikut adalah beberapa gejala Rematik yang sering muncul:

1. Nyeri pada sendi dan disertai bengkak dan sendinya terasa hangat dan kemerahan
2. Nyeri dirasakan pada 3 sendi atau lebih
3. Adanya kekakuan pada pagi hari dan biasanya berlangsung lebih dari 30 menit
4. Nyeri pada sendi biasanya terjadi simetris pada sisi tubuh kanan dan kiri

Pentingnya Deteksi Dini
Deteksi dini sangat diperlukan dalam menangani penderita RA. Dengan deteksi dini, terjadinya kerusakan pada sendi dapat dicegah agar tidak terjadi kerusakan yang sangat parah, mengobati secepatnya nyeri dan bengkak sendi pada penderita serta meningkatkan kualitas hidup penderita. Deteksi dini juga dapat meningkatkan kemungkinan pengobatan yang optimal.

Apabila ada dari para sahabat IndoSister.com yang mengalami gejala yang telah disebutkan di atas yaitu :
- merasakan nyeri pada sendi yang disertai bengkak, berwarna kemerahan dan hangat yang terjadi pada 3 sendi atau lebih,
- merasakan kekakuan pada pagi hari yang berlangsung selama 30 menit atau lebih dan sudah berlangsung selama kurang atau lebih dari 6 minggu,

Maka sangat disarankan Anda untuk segera menemui reumatologis agar dapat dilakukan pemeriksaan dan penatalaksanaan secepatnya.

Reumatoid Artritis adalah suatu penyakit autoimun yang berlangsung secara kroni, sehingga pabila tidak dilakukan pengobatan segera maka kerusakan pada sendi akan terjadi. Apabila hal ini telah terjadi, maka biasanya penderita akan sangat sulit untuk beraktivitas dan dapat menurunkan kualitas hidup penderita.

Tingkat keparahan dari Reumatoid Artritis juga terbagi menjadi 3 yaitu awal (early), sedang (intermediate) dan parah (late). Dan apabila penderita sudah berada pada tingkat yang parah, deformitas pada sendi biasanya akan terjadi. Yang dimaksud dengan deformitas adalah terjadinya perubahan bentuk pada sendi.
Sakit REMATIK - Reumatoid Artritis
Pengobatan yang akan diberikan dokter biasanya obat yang dapat meredakan gejala yang dialami penderita serta obat yang dapat mengurangi progresivitas dari penyakit. Sangat dianjurkan bagi penderita untuk taat mengonsumsi obat yang diberikan oleh dokter guna mencapai hasil pengobatan yang optimal.

 

Biasanya dokter juga akan meminta penderita untuk datang kembali guna melakukan pengecekan untuk melihat apakah progresivitas dari RA sudah berkurang ataukah terus berlanjut.

# Maka apabila ada dari para sahabat IndoSister.com yang mengalami gejala yang telah disebutkan di atas segeralah berkonsultasi ke dokter guna untuk melakukan pengobatan sedini mungkin agar kerusakan lebih lanjut pada sendi dapat dicegah.

Ataupun bila dari Anda ada yang telah terdiagnosis mengalami RA, tetaplah ikuti anjuran yang diberikan dokter untuk mencegah kekambuhan dari RA terjadi lagi dan mengurangi progresivitas penyakit.
(Lils)

Daftar Pustaka
Rheumatology.org

0 komentar


Thanks for Stopping by, Please Leave comment about article above ^_^