Visit My Popular Blog

Cara Identifikasi OSTEOARTRITIS – Sakit Persendian

Pesan Sponsor
IndoSister.com - Osteoartritis merupakan salah satu penyakit persendian yang sering terjadi di masyarakat. Osteoartitis atau yang biasa disingkat dengan OA adalah suatu penyakit sendi degeneratif yang berkaitan dengan kerusakan kartilago sendi dan biasanya paling sering terjadi di tulang belakang, panggul, lutut dan pergelangan kaki. OA ini juga biasa dikenal sebagai nyeri sendi.

Anatomi Tulang dan Persendian
Sebelum kita lebih lanjut membahas tentang osteoartritis, alangkah baiknya kita memahami terlebih dahulu anatominya. Perhatikanlah gambar berikut:

sendi normal

Gambar di atas adalah anatomi tulang dan sendi dalam keadaan normal. Yang dimaksud dengan sendi adalah suatu struktur ruangan tertentu yang terletak di antara 2 tulang yang dimana fungsinya adalah memberikan mobilitas agar tulang dapat bergerak.

Tulang normal memiliki jarak antar tulangnya dan di setiap bagian ujung tulang tersebut terdapat suatu struktur yang disebut sebagai kartilago. Di antara tulang tersebut terdapat cairan yang disebut sebagai cairan sinovial. Cairan sinovial ini kemudian akan dilapisi dengan kapsul (suatu struktur padat untuk melindungi cairan sinovial).

Keadaan Patologis pada Osteoartritis
Penjelasan di atas adalah keadaan normal pada tulang dan persendian. Dan apabila terdapat osteoartritis maka struktur normal tersebut juga akan terganggu sehingga selanjutnya akan disebut sebagai keadaan patologis. Perhatikanlah gambar berikut:

Cara Identifikasi OSTEOARTRITIS – Sakit Persendian

Dari gambar di atas, dapat dilihat perbedaan pada tulang dan sendi pada saat berada dalam keadaan normal serta apabila sudah terkena osteoartritis. Pada osteoartritis, terjadi kerusakan pada kartilago sendi. Inilah yang menjadi dasar dari osteoartritis. Kerusakan kartilago ini akan menyebabkan nyeri pada sendi dan biasanya juga akan disertai dengan pembengkakan.

Kerusakan kartilago ini akan terjadi terus menerus sehingga selanjutnya akan menyebabkan jarak antar tulang semakin mendekat dan berujung ke terjadinya gesekan antar tulang. Hal inilah yang juga menjadi dasar rasa nyeri sendi yang dialami pasien osteoartritis dan keterbatasan geraknya.

Kerusakan kartilago ini juga akan memicu pembentukan jaringan tulang baru (bone spur) yang biasanya terletak di sisi samping tulang. Pembentukan bone spur inilah yang kemudian akan memicu terjadinya deformitas atau perubahan bentuk pada tulang.

Gejala osteoartritis
Berikut adalah gejala yang akan dialami pada penderita osteoartritis:

1. Nyeri sendi
Nyeri sendi yang dialami penderita OA biasanya akan sangat mengganggu dan hal inilah yang biasanya membawa penderita ke dokter. Nyeri akan mengganggu aktivitas keseharian penderita.

Beraktivitas atau sekedar melakukan gerakan tertentu yang melibatkan tulang dan sendi yang bersangkutan dapat memperparah rasa nyeri yang dirasakan. Sedangkan istirahat biasanya dapat membantu meringankan nyeri.

2. Hambatan gerakan sendi
Rasa nyeri yang dialami pasien akan sangat mengganggu mereka dalam beraktivitas. Hal ini biasanya yang menjadi alasan pasien dengan OA jadi cenderung mengalami hambatan dalam bergerak.

Dasar dari terjadinya hambatan dalam bergerak ini sudah dijelaskan di penjelasan di atas yaitu karena ruang antar tulang mengecil dan kedua tulang yang seharusnya memiliki jarak pemisah justru malah menyatu sehingga tidak memungkinkan penderitanya untuk bergerak leluasa.

3. Kaku pagi hari
Penderita OA biasanya akan mengalami kaku pada pagi hari dan biasanya kaku ini timbul karena imobilitas yang lama. Imobilitas (tidak bergerak) biasanya terjadi karena penderita takut untuk menggerakan bagian tubuh mereka yang sakit karena tidak mau merasakan nyerinya.

4. Krepitasi
Krepitasi (bunyi atau rasa gemeretak pada sendi) biasanya akan terjadi pada sebagian besar penderita. Jadi akan terdengar krepitasi pada sendi mereka yang sakit.

5. Deformitas sendi
Pada sebagian besar kasus, deformitas akan terjadi pada penderita OA. Deformitas di sini dapat berupa terdapatnya perubahan bentuk pada sendinya atau hanya sekedar pembesaran pada sendi.

Nah itulah sekilas informasi mengenai osteoartritis. Semoga artikel ini dapat membantu. Dan apabila ada sahabat indosister.com yang mengalami gejala yang telah disebutkan di atas, segeralah bawa ke dokter untuk dapat segera di tatalaksana.
(Lils)

Daftar Pustaka

Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam Jilid III

0 komentar


Thanks for Stopping by, Please Leave comment about article above ^_^