Visit My Popular Blog

5 Cara Alami Menghilangkan NODA Bekas JERAWAT

Pesan Sponsor
IndoSister.com - Inilah 5 Bahan Alami & Cara Menggunakannya untuk Menghilangkan Noda Bekas Jerawat
Apa anda merasa tidak percaya diri atau malu karena ada luka atau noda bekas jerawat di wajah? Perubahan warna kulit wajah karena jerawat memang seringkali terjadi, tapi perubahan warna ini sebenarnya tidak permanen dan normalnya akan menghilang secara perlahan setelah 3 hingga 24 bulan.

Beberapa masalah kulit wajah lain yang timbul karena jerawat adalah:

• Macules. Noda kemerahan bekas jerawat, biasanya bertahan hingga beberapa minggu dan menghilang dengan sendirinya.

5 Cara Alami Menghilangkan NODA Bekas JERAWAT

• Perubahan warna kulit. Terkadang jerawat yang sudah sembuh akan menyisakan warna kulit wajah yang berubah, yang juga disebut sebagai hiperpigmentasi pasca-peradangan. Perubahan warna kulit ini bisa bertahan hingga beberapa bulan sejak jerawat sembuh.

• Bekas luka menonjol. Beberapa jenis jerawat bisa meninggalkan luka yang terlihat seperti jaringan halus yang tumbuh sedikit lebih besar. Bekas luka ini disebut keloid atau bekas luka hipertropik, dan biasanya disebabkan oleh produksi kolagen berlebih pada kulit.

• Kawah bekas jerawat. Yang ini sering sekali terjadi, bentuknya terlihat seperti kawah atau ‘bolong’ kecil pada kulit wajah, dan disebabkan karena kulit wajah kehilangan banyak jaringan halus.

Tidak mau menunggu terlalu lama?
Jangan khawatir, ada banyak cara yang sahabat IndoSister.com bisa lakukan agar noda bekas jerawat bisa hilang dengan cepat. Kali ini kita akan mengintip berbagai bahan alami yang mudah ditemukan di sekitar anda, dan inilah …

5 Cara menggunakan bahan alami untuk membantu anda menghilangkan noda jerawat secara alami.

1. Baking Soda
Selain bisa digunakan sebagai obat jerawat, bubuk yang tidak terlalu kasar ini juga efektif untuk menghilangkan bekas jerawat atau noda gelap. Baking soda akan mencerahkan warna kulit sambil menghilangkan sel kulit mati.

Cara Pemakaian:
• Siapkan satu sendok teh baking soda dan campur dengan sedikit air hingga berbentuk seperti pasta. Anda juga bisa menggunakan air perasan lemon sebagai ganti air.
• Cuci wajah dan keringkan sisa air berlebih agar wajah tetap lembab.
• Oleskan pasta pada kulit wajah dengan sedikit pijatan pada area wajah dengan noda bekas jerawat. Diamkan selama satu atau dua menit. Jangan diamkan terlalu lama karena akan membuat kulit anda menjadi kering.

• Basuh muka dengan air hangat, lalu keringkan dengan handuk bersih.
• Lakukan 2-3x seminggu.
Jangan lupa oleskan pelembab wajah setelahnya, karena baking soda bisa membuat kulit menjadi kering. Anda juga bisa mengganti pelembab wajah dengan minyak zaitun yang dioleskan pada wajah dengan gerakan memutar oleh jari.


2. Air Lemon
Air perasaan lemon memang sudah tidak diragukan lagi keampuhannya untuk mencerahkan noda bekas jerawat atau noda hitam tertentu. Lemon mengandung asam sitrat, asam glikolat, dan asam laktat yang ada pada Alpha Hydroxy Acids (AHA).

Ini akan memperbaiki produksi kolagen sehingga kulit wajah akan lebih cepat sembuh. Selain itu air perasan lemon juga bisa menyingkirkan sel kulit mati dan membuat kulit wajah lebih sehat.

Cara Pemakaian:
• Peras lemon dan tampung airnya dalam sebuah mangkok kecil yang bersih.
• Bersihkan wajah seperti biasa dan keringkan dengan handuk bersih.
• Celupkan kapas pada air perasan lemon lalu oleskan pada area wajah yang bermasalah.
• Diamkan selama beberapa menit lalu bilas wajah dengan air dingin.
• Lakukan setiap 3 hari sekali

Meskipun cara ini efektif untuk semua jenis kulit, tetapi bagi anda yang memiliki kulit sensitif, ada kemungkinan penggunaan air perasan lemon akan menyebabkan kulit menjadi sedikit perih dan kemerahan. Bila hal itu terjadi, hentikan pemakaian atau ganti dengan cara lain.

Bahan Alami & Cara Menggunakannya untuk Menghilangkan Noda Bekas Jerawat

3. Getah Lidah Buaya
Selain baik untuk rambut, getah lidah buaya juga sangat efektif untuk menghilangkan noda bekas jerawat. Dengan cara meredakan area kulit yang meradang sambil meregenerasi jaringan halus yang rusak dan melembabkan kulit, hingga akhirnya noda menghilang.

Cara Pemakaian:
• Mulailah dengan mencuci wajah anda dan biarkan tetap lembab.
• Patahkan batang lidah buaya lalu remas agar isi dan getahnya keluar. Anda bisa menaruhnya di mangkuk kecil atau langsung di tangan.

• Lansung oleskan pada wajah, terutama pada area wajah yang bermasalah.
• Diamkan selama 40 menit lalu bilas dengan air dingin, atau anda juga bisa diamkan semalaman saat anda tidur sebagai pengganti krim malam agar wajah anda juga menjadi lebih bercahaya.


4. Madu
Selain sebagai pelembab anti-penuaan alami yang efektif, madu juga mempunyai kandungan anti-bakteri yang membantu menghilangkan jerawat dan mengurangi noda gelap bekas jerawat. Bila anda mempunya kulit sensitif, madu adalah pilihan yang sangat baik.

Cara Pemakaian:
• Oles tipis pada noda gelap bekas jerawat, anda juga bisa menggunakannya pada seluruh wajah.
• Pijat perlahan dengan gerakan memutar.
• Diamkan selama 20-30 menit lalu bilas dengan air hangat.


5. Minyak Jarak (Castor Oil)
Banyak sekali manfaat dari minyak jarak, mulai dari menumbuhkan rambut dengan cepat, melembabkan kulit, menyembuhkan jerawat hingga menghilangkan luka dan noda bekas jerawat.

Bila anda menggunakan minyak jarak, bukan hanya warna kulit yang akan menjadi cerah kembali tetapi noda hitam pada wajah akan hilang selamanya.

Cara Pemakaian:
• Cuci muka dengan air hangat, atau berikan uap panas selama 10 menit, untuk membuka pori kulit wajah. Keringkan muka dengan air bersih.
• Teteskan sedikit minyak jarak pada ujung jari anda dan oleskan perlahan pada wajah.
• Oleskan sambil memijat wajah secara perlahan dengan gerakan memutar, dengan fokus pada area wajah dengan luka atau noda bekas jerawat.
• Lakukan satu atau dua kali sehari.

# Cara manapun yang anda pilih,
harus diingat bahwa untuk melihat hasilnya tetap perlu sedikit waktu. Yang jelas noda bekas jerawat akan menghilang lebih cepat daripada menunggu memudar dengan sendirinya, dan juga jauh lebih hemat dibandingkan perawatan lain. Jadi para sahabat IndoSister.com harus bersabar dan tetap rutin merawat wajah dengan cara alami tadi.

Daftar Pustaka :
Rapidhomeremedies

1 comment:

  1. Maaf cara mendapatkan minyak jarak bisanya di mana ya?

    ReplyDelete


Thanks for Stopping by, Please Leave comment about article above ^_^