Visit My Popular Blog

10 Makanan agar Kulitmu Bersinar dan Rambut Berkilau

Pesan Sponsor
IndoSister.com - Kamu adalah apa yang kamu makan. Pasti Anda pernah mendengar pepatah itu kan? Penelitian sudah menunjukkan bahwa apapun yang terkandung dalam makanan yang Anda konsumsi, baik atau buruk, akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan dan penampilan tubuh.

Hal seperti pertumbuhan rambut (dan rambut rontok), produksi kolagen kulit, keseimbangan hormon, dan banyak lagi, sangat berkaitan dengan apa yang Anda makan.

Salah satu hal yang harus Anda ingat, selalu konsumsi makanan alami yang sehat dan kaya nutrisi, bahkan saat sedang diet. Perlu dipahami bahwa makanan alami sangatlah penting karena mengandung banyak sekali nutrisi, fitokimia, dan enzim yang akan bekerjasama untuk menjaga kita tetap sehat.

perawatan kulit bersinar dan rambut berkilau

Nah, kalau Anda ingin kulit bersinar dan rambut berkilau, coba konsumsi makanan ini secara rutin:

1. Ikan Berlemak
Ikan yang kaya akan asam lemak omega-3 memiliki manfaat kecantikan yang sangat luar biasa, termasuk membuat kulit bersinar dan helai rambut yang berkilau. Sekitar 3% dari setiap helai rambut terbuat dari asam lemak omega-3. Omega-3 biasa ditemukan di membran sel kulit kepala dan minyak alami yang akan membuat kulit kepala dan rambut terhidrasi.

Meskipun salmon adalah pilihan paling populer, tapi makarel, sarden, dan ikan malah lebih baik lagi. Alasannya adalah karena ikan-ikan ini ada di dasar rantai makanan, sehingga mereka tidak hidup lama dan tidak mengandung banyak racun seperti merkuri.

2. Paprika Merah
Apakah Anda tahu kalau paprika merah mengandung vitamin C yang lebih banyak daripada jeruk? Vitamin C adalah awal dari produksi kolagen sekaligus antioksidan.

Saat cahaya mengenai kulit, akan menciptakan radikal bebas yang mengelilingi kulit dan menyebabkan kerusakan DNA, lalu pada akhirnya akan menimbulkan penuaan. Antioksidan dalam paprika merah akan menempel pada radikal bebas dan menetralkannya agar tidak merusak kulit.
Mengkonsumsi banyak paprika merah akan membuat kulit Anda terlihat lebih muda.

3. Bayam
Bayam tidak hanya memberi Anda kekuatan, tapi juga anti-penuaan yang sangat baik. Sayuran ini kaya akan beta karoten, yang akan berubah menjadi vitamin A sebagai anti-penuaan. Nutrisi ini sangat penting untuk menjaga kelembaban epidermis, sehingga akan membantu mencegah keriput dan menghilangkan kulit mati.
Agar lebih mudah diserap, makan bayam dengan makanan yang kaya vitamin C.

10 Makanan agar Kulitmu Bersinar dan Rambut Berkilau

4. Kelapa
Air kelapa adalah pembantu hidrasi alami yang baik dan mengandung potassium, sebuah elektrolit yang membantu memindahkan nutrisi ke dalam sel kita. Minyak kelapa yang kaya akan lemak sehat, vitamin E dan K serta mineral, adalah salah satu nutrisi terbaik untuk rambut Anda karena akan mempercepat pertumbuhan dan membuat rambut bersinar dengan melembabkan kulit kepala.

Minyak kelapa juga sangat efektif untuk menghindari hilangnya protein bila digunakan sebelum perawatan rambut. Kehilangan protein bisa menyebabkan helai rambut menjadi lemah dan mudah rusak. Anda juga bisa mengganti minyak sayur dengan minyak kelapa saat memasak, terutama saat Anda membuat makanan yang memerlukan panas tinggi.

5. Telur
Hampir semua orang suka makan telur, tapi tidak banyak yang tahu kalau telur bisa menjaga kesehatan rambut dengan baik. Salah satu bahan kunci dari telur adalah sulfur, nutrisi esensial yang membantu banyak hal, mulai dari penyerapan vitamin B hingga fungsi hati. Sulfur juga diperlukan untuk produksi kolagen dan keratin, yang membantu menciptakan dan mempertahankan rambut berkilau, kuku kuat, dan kulit bersinar.

6. Bawang Putih
Salah satu obat alami terbaik alami ini juga membantu mencegah timbulnya jerawat dan menjaga kulit tetap bersih. Agar Anda bisa mendapatkan manfaat maksimal dari antibiotik alami bawang putih, lebih baik remukkan atau potong bawang putih dan diamkan dulu selama beberapa menit sebelum dimasak.

7. Tomat
Tomat adalah pahlawan untuk perawatan kulit, yang melindungi Anda dari kerusakan karena sinar matahari, berkat kandungan anti oksidannya yang tinggi.

Sebuah penelitian di The Royal Society of Medicine in London menemukan bahwa wanita yang mengkonsumsi lima sendok makan pasta tomat dengan 10 gram minyak zaitun setiap hari selama 12 minggu, menunjukkan perbaikan signifikan pada kemampuan kulit untuk melindungi diri terhadap kerusakan yang diakibatkan sinar UV.

8. Nanas
Buah yang rasanya asam manis ini mengandung vitamin C dan enzim Bromelain, yang diketahui sebagai pelembut kulit yang efektif. Minum jus nanas atau memakan buahnya akan membantu tubuh memproses kolagen, yang mendukung struktur kulit.
Sementara vitamin C dan asam amino akan membantu perbaikan sel dan jaringan halus, sehingga memberikan Anda penampilan awet muda.

9. Oat
Agar rambutmu selalu berkilau, cobalah makan lebih banyak oat. Oat memiliki jumlah zinc, biotin, magnesium, dan potassium yang tinggi. Kekurangan beberapa nutrisi kunci tadi bisa membuat rambut menjadi rapuh dan bercabang. Kombinasi oat dengan susu, rempah, dan buah agar nilai nutrisinya semakin bertambah.

10. Minyak Alpukat
Anda pasti tahu manfaat kesehatan alpukat, tapi kali ini kita akan melihat manfaat minyaknya. Alpukat mengandung jumlah vitamin A, D, dan E yang cukup banyak, serta asam lemak omega-9 yang menjadi salah satu elemen penting kulit sehat dan terdapat dalam jumlah banyak pada minyak alpukat.

Bila dikonsumsi secara rutin, semua nutrisi tadi akan membantu meratakan warna kulit Anda.

Bila para sahabat IndoSister.com mengkonsumsi makanan di atas secara rutin selama beberapa minggu, mendapatkan kulit bersinar dan rambut berkilau sebenarnya hanyalah bonus, karena yang terpenting adalah fungsi dan sistem tubuh Anda akan berjalan dengan lancar dan sehat.

2 comments:

  1. ternyata tomat juga bisa menjadi salah satu cara agar membuat kulit dan rambut bersinar..

    ReplyDelete
  2. Sepertinya makanan-makanan tersebut sering dimakan dalam keseharian kita. Harus berapa banyaknya supaya menfaatnya bisa dirasakan?

    ReplyDelete


Thanks for Stopping by, Please Leave comment about article above ^_^