Visit My Popular Blog

Sering Pusing/Nyeri tanpa Penyakit Pasti? Waspada Somatoform

Pesan Sponsor
IndoSister.com – Apakah Anda Merasa Pusing atau Nyeri tanpa Penyakit Pasti yang Menyertai ? Awas mungkin itu gangguan Somatoform !

Banyak kasus yang dilaporkan dimana pasien berulang kali datang mengeluhkan pusing, sakit perut, nyeri bahkan hingga kejang tanpa suatu hal pasti yang mendasari.
Berbagai macam pemeriksaan telah dilakukan, tapi tidak dijumpai suatu abnormalitas yang dapat dikatakan sebagai penyebab dari gejala yang dialami pasien.

Walaupun sudah dijelaskan oleh dokter bahwa pada pasien tersebut tidak ditemui suatu gangguan yang berarti, namun biasanya pasien tidak akan puas dengan penjelasan dokter dan terus beranggapan bahwa dirinya menderita suatu penyakit. Karena hal tersebut maka biasanya pasien akan berganti ganti dokter.

Sering Pusing/Nyeri tanpa Penyakit Pasti? Waspada Somatoform

Definisi Gangguan Somatoform
Hal yang telah disebutkan di atas berhubungan dengan faktor psikologis. Keadaan ini disebut sebagai gangguan somatoform. Adapun yang dimaksud dengan gangguan somatoform adalah suatu keadaan dimana pasien akan merasa dirinya menderita suatu penyakit yang biasanya gejalanya dapat dimulai dari pusing, nyeri perut atau bahkan sampai kejang dan lumpuh badan,

tapi pada saat dilakukan pemeriksaan tidak ditemukan suatu kelainan yang demikian berat yang dapat dijadikan sebagai dasar penyebab dari gejala yang dialami pasien. 

Penyebab Somatoform
Apabila memang sudah dilakukan semua pemeriksaan yang berhubungan dengan gejala pasien dan tetap tidak ditemukan suatu kelainan berat sebagai penyebabnya, maka diagnosis gangguan somatoform dapat ditegakkan.

Biasanya gangguan ini dicetuskan oleh stress yang dialami oleh pasien. Stres dapat berupa berbagai macam permasalahan, baik di lingkungan keluarga, sosial, pekerjaan ataupun hal lainnya.

Pasien biasanya tidak akan mengatakan bahwa dirinya mengalami suatu permasalahan tertentu ataupun menyadari bahwa gejalanya baru timbul setelah dia mengalami permasalahan tersebut. Itulah yang terkadang mempersulit dokter untuk segera mengetahui bahwa pasien tersebut sedang mengalami gangguan somatoform.

Tipe dan Gejala
Gejala yang dapat timbul pada gangguan somatoform ini juga beragam. Tipe dari gangguan ini juga sebenarnya bermacam-macam. Beberapanya akan dijabarkan pada poin di bawah ini:

1. Gangguan Konversi
Pada gangguan konversi gejala yang akan ditemui berhubungan dengan saraf. Jadi akan dijumpai suatu keabnormalitasan pada saraf namun tidak ditemukan suatu gangguan berat yang dapat dijadikan sebagai dasar penyebab dari gejala yang dialami.

Adapun beberapa gejalanya dapat berupa:
a. Gerakan yang tidak disengaja dan tidak disadari
b. Tic (Suatu gerakan motorik oleh beberapa otot tertentu yang dilakukan tanpa disadari dan selalu berulang-ulang dan tidak berirama. Contohnya berupa kedipan mata berulang dan sering, leher yang ditekukkan ke kanan berulang dan sering dan lain-lain)
c. Kejang
d. Kesemutan
e. Kelumpuhan badan

Gangguan Konversi

2. Gangguan Dismorfik Tubuh
Yang dimaksud dengan gangguan dismorfik tubuh adalah suatu keadaan dimana pasien terus merasa bahwa ada sesuatu yang jelek atau kurang bagus pada dirinya. Baik di wajah ataupun anggota tubuhnya. Padahal sebenarnya tidak terdapat suatu kelainan pada pasien tersebut.

Contoh dari gangguan ini adalah pasien yang terus merasa paha atau betisnya besar padahal sebenarnya bagian tubuh tersebut tidak terlalu besar dan begitu mencolok, bahkan tergolong normal atau pasien yang merasa dirinya sangat gendut padahal sebenarnya dia sudah kurus.

Gangguan Konversi

3. Gangguan Nyeri
Yang dimaksud gangguan nyeri adalah suatu keadaan dimana pasien akan merasakan nyeri baik pada satu sisi atau lebih dari bagian tubuhnya. Padahal setelah dilakukan pemeriksaan, tidak ditemukan suatu kelainan berat yang dapat dijadikan sebagai faktor penyebabnya.

Rasa nyeri ini dapat dirasakan di seluruh bagian tubuh seperti wajah, kepala, perut, dada, pelvis, sendi, tulang, dan lain-lain.

Gangguan Nyeri

# Jadi apabila ada diantara sahabat IndoSister.com yang mengalami beberapa gejala penyakit yang dimana sudah Anda konsultasikan kepada dokter dan dokter memberitahukan bahwa tidak terdapat suatu penyakit serius pada Anda namun Anda tetap merasa Anda menderita suatu penyakit serius, hal tersebut bukan didasari oleh dokter tersebut yang tidak benar dalam mendiagnosis.

Namun kemungkinannya adalah Anda menderita gangguan somatoform dimana gejala yang Anda alami dicetuskan oleh stress yang Anda dapati sebelumnya. Jangan lupa untuk mengatakan poin tersebut kepada dokter, karena hal tersebut dapat sangat membantu dokter dalam menegakkan diagnosis gangguan somatoform.
(Lils)

0 komentar


Thanks for Stopping by, Please Leave comment about article above ^_^