Visit My Popular Blog

Keratosis Pilaris: Permukaan Kulit Seperti Merinding Permanen

Pesan Sponsor
IndoSister.com - Apakah ada bagian kulit anda yang bila disentuh terasa kasar? Apakah area kulit tersebut terlihat seperti sedang merinding? Coba lihat lebih dekat lagi, apakah pori kulit anda terlihat seperti tersumbat? Bila jawaban dari semua pertanyaan tadi adalah Ya, ada kemungkinan anda memiliki Keratosis Pilaris.

Keratosis pilaris sebenarnya adalah kondisi kulit tidak berbahaya yang sering terjadi, dan disebabkan oleh faktor genetik. Kondisi ini bisa menyebabkan kulit anda kasar karena folikel rambut kulit anda tersumbat, dan membentuk kumpulan tonjolan kecil yang terlihat seperti sedang merinding atau ayam yang baru dicabut kulitnya.


Sering kali kumpulan tonjolan tadi muncul di lengan bagian atas, paha, dan bokong, dan dalam beberapa kasus juga pada wajah. Selain terkadang terasa agak gatal, keratosis pilaris tidak berbahaya dan tidak bertambah parah.

Keratosis pilaris dimiliki oleh 50%-80% remaja dan sekitar 40% dewasa. Banyak orang yang datang pada ahli kulit untuk masalah ini tidak menyadari bahwa ada istilah medis khusus untuk kondisi tersebut, dan ada perawatan yang bisa dilakukan. Secara umum, keratosis pilaris terlihat kurang enak dipandang tetapi tidak berbahaya secara medis.

Penyebab Keratosis Pilaris
Keratosis pilaris disebabkan karena penumpukan keratin, protein yang melindungi kulit dari infeksi dan hal berbahaya lain. Penumpukan ini menyumbat folikel rambut di kulit, tetapi sampai saat ini dokter belum mengetahui apa yang menyebabkan penumpukan tersebut.


Bila anda mempunyai kulit kering, kemungkinan anda memiliki keratosis pilaris lebih besar. Biasanya semakin terlihat saat kelembaban udara rendah, dan akan kembali seperti normal pada hari yang cerah atau musim panas.

Keratosis pilaris seringkali terlihat pada orang yang memiliki beberapa kondisi kulit tertentu, termasuk eczema atau eksim (juga disebut atopic dermatitis). Dokter anda akan bisa segera mendiagnosa bahwa anda menderita keratosis pilaris hanya dengan melihat kulit anda, tanpa perlu melakukan pengujian.

Apa yang Bisa Dilakukan Bila Anda Memiliki Keratosis Pilaris
Anda tidak bisa mencegah keratosis pilaris, tetapi anda bisa menjaga kulit anda tetap lembab untuk mengurangi dampaknya.

Beberapa hal sederhana yang bisa anda lakukan untuk membantu kulit anda terasa nyaman diantaranya:

• Jangan menggaruk atau menggosok kulit anda terlalu keras.
• Lebih baik gunakan air hangat daripada air panas untuk mandi.
• Batasi waktu anda di kamar mandi.
• Gunakan sabun yang mengandung ekstra minyak atau pelembut.
• Gunakan moisturizer atau pelembut secara teratur, dan oleskan ulang bila kulit mulai terasa kering.
• Tambahkan kelembaban udara di rumah anda dengan menggunakan alat khusus.

Perawatan Keratosis Pilaris
Tidak ada obat untuk keratosis pilaris, tetapi lotion pelembab atau krim biasa bisa membantu kulit anda terlihat dan terasa lebih baik. Bila anda berkunjung ke dokter kulit, anda mungkin akan diberikan lotion atau krim dengan versi yang lebih kuat efeknya.

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengurangi penyumbatan pada kulit yang memiliki keratosis pilaris, diantaranya:

1. Exfoliant.
Bisa menyingkirkan sel kulit mati dari permukaan kulit anda. Yang termasuk dalam kategori ini adalah krim yang mengandung Alpha-hydroxy acid (AHA), asam laktat (lactic acid), salicyclic acid (asam salisilat), atau urea.
Kandungan asam mungkin akan menyebabkan kemerahan dan sedikit rasa ‘pedas’ di kulit, sehingga tidak dianjurkan untuk anak-anak.

2. Retinoid,
berhubungan dengan vitamin A, dan mencegah folikel rambut tersumbat. Yang termasuk dalam kategori ini adalah produk yang mengandung bahan tretinoin dan tazarotene. Wanita hamil, menyusui, atau ada kemungkinan akan hamil sebaiknya menghindari penggunaan retinoid.

3. Perawatan Laser.
Mengarahkan laser pada kulit biasanya digunakan untuk merawat kemerahan atau radang parah. Perawatan laser bukanlah obat, tapi bisa meredakan keadaan kulit bila lotion dan krim tidak cukup.
Anda mungkin membutuhkan beberapa sesi perawatan laser agar efeknya bertahan lama.

Jadi, jangan khawatir bila anda memiliki kondisi kulit seperti diatas, sekarang anda sudah tahu bahwa kondisi tersebut tidak berbahaya secara medis dan tidak mengancam kesehatan anda.

Untuk membuat kondisi kulit yang memiliki keratosis pilaris menjadi lebih baik, para sahabat IndoSister.com bisa menggunakan produk yang dioleskan secara langsung pada kulit, gunakan setiap hari selama beberapa minggu sebelum melihat perubahan, dan ikuti beberapa saran diatas untuk hasil yang lebih bertahan lama.

0 komentar


Thanks for Stopping by, Please Leave comment about article above ^_^