Visit My Popular Blog

4 Produk Kecantikan Alami yang Bisa Buat Sendiri di Rumah

Pesan Sponsor
IndoSister.com - Pernahkah anda bertanya, dibuat dari bahan apa sajakah produk kecantikan yang biasa anda pakai sehari hari? Apakah anda yakin bahwa bahan yang terkandung di dalamnya benar-benar aman? 
Yuk kita bikin saja sendiri beberapa produk kecantikan dari bahan alami seperti ... cara membuat Scrub, Pembersih make up, Pelembut rambut, dan Pencuci muka.

Banyak dari kita cenderung cuek dan tidak pernah mempertimbangkan kandungan dalam produk kosmetik dipakai, serta bagaimana bahan-bahan tersebut dapat mempengaruhi penampilan dan kesehatan kita.

Padahal, seperti dikutip dari situs Breastcancerfund.org banyak produk kosmetik yang menggunakan Bahan Kimia Sintetis berbahaya, seperti:

produk kosmetik tidak aman - menggunakan Bahan Kimia Sintetis berbahaya

• Triclosan.
Banyak digunakan pada sabun, deodorant, dan pasta gigi untuk membatasi pertumbuhan bakteri dan jamur. Bahan kimia ini ternyata diklasifikasikan sebagai pestisida, dan dapat mengganggu sistem hormon tubuh – terutama hormon tiroid, yang mengatur metabolisme – dan dapat mengganggu pertumbuhan payudara normal.
  
• Paraben.
Paraben adalah kelompok senyawa yang digunakan secara luas sebagai anti jamur, pengawet, dan anti mikroba pada krim, lotion, balsam dan kosmetik lain, termasuk deodoran untuk ketiak. Paraben akan diserap oleh kulit, dan ternyata telah ditemukan pada sampel biopsi dari tumor payudara.

• Timah.
Timah mungkin menjadi kontaminan utama lebih dari 650 produk kosmetik, termasuk tabir surya, foundation wajah, cat kuku, lipstick, dan pasta gigi pemutih. Timah sudah terbukti sebagai neurotoxin – racun yang menyerang syaraf – yang dihubungkan dengan kesulitan dalam hal pembelajaran, perkembangan bahasa, dan masalah perilaku. Timah juga berkontribusi pada terjadinya keguguran, berkurangnya kesuburan pada pria dan wanita, serta penundaan awal pubertas pada anak gadis.

Selain harus lebih teliti melihat kandungan bahan dalam produk kosmetik dan perawatan yang biasa anda pakai sehari-hari, akan jauh lebih baik lagi bila anda mulai memakai produk kecantikan yang anda buat sendiri.

Dengan membuat sendiri produk kecantikan dan perawatan, anda dapat memastikan dengan jelas keamanannya bagi kesehatan anda, karena sudah pasti anda hanya akan memilih bahan alami yang bebas racun dan zat berbahaya lain. Selain itu, anda dapat membuat produk yang sesuai dengan perawatan yang anda butuhkan, dengan biaya yang jauh lebih murah daripada yang harus anda bayarkan untuk membeli produk di pasaran.

Berikut adalah beberapa produk yang dapat anda buat dengan mudah menggunakan berbagai bahan alami yang mungkin sudah tersedia di rumah anda:

1. Cara Membuat Scrub Kopi
Dalam artikel di Womans World, dikatakan bahwa scrub berbahan dasar kopi ini tidak hanya memiliki aroma yang membuat lebih bersemangat, tetapi juga membuat kulit terlihat lebih cerah. Kandungan kafein yang ada dalam kopi juga dapat mengurangi pembengkakan bila anda menggunakannya pada wajah, lengan, atau kaki disertai dengan pijatan ringan.

Bahan:
• 1 cangkir Kopi bubuk
• 1 cangkir Gula
• ½ cangkir Minyak zaitun
• 1 Sdm Bubuk kayu manis

- Masukkan semua bahan ke dalam mangkuk, dan aduk hingga tercampur rata. Masukkan ke dalam wadah yang dapat ditutup rapat.
Setelah membersihkan wajah dengan susu pembersih, ambil secukupnya scrub kopi dari wadah lalu pijatkan secara merata pada seluruh bagian wajah (atau bagian tubuh lain); lalu bilas dengan air hangat dan keringkan perlahan dengan handuk. Scrub kopi tahan hingga 2 bulan bila disimpan pada tempat kering dan sejuk.


2. Cara Membuat Pembersih Make Up Alami
Pembersih make up yang dibuat sendiri ini dijamin sangat ringan dan bersih, tetapi cukup kuat untuk menghapus makeup tahan air. Bila anda memiliki alergi atau kulit sensitif, pembersih ini dijamin lebih lembut, tidak menyebabkan iritasi, gampang dibuat, tidak mahal, dan sangat efektif.

4 Produk Kecantikan Alami yang Bisa  Buat Sendiri di Rumah

Bahan:
• Extra Virgin Olive Oil (EVOO)
• Air lidah buaya (bisa anda dapatkan di apotik, gerai kesehatan, atau swalayan. Bila tidak ada, air bersih juga dapat digunakan sebagai gantinya)
• Botol agak besar yang ada tutupnya (untuk mengocok campuran)
• Beberapa kapas (untuk pengaplikasian)

Langkah 1: Masukkan 500 ml air lidah buaya ke dalam botol, lalu tuangkan kurang dari ½ cangkir EVOO ke dalam botol.

Langkah 2: Anda akan melihat bahwa EVOO akan mengapung di atas air. Hal ini karena minyak bersifat hydrophobic, jadi sebelum mengaplikasikan pada wajah, anda harus mengocok botol dan segera menggunakannya sebelum minyak dan air terpisah kembali.

Langkah 3: Setelah cairan dalam botol tercampur rata, basahi kapas dengan cairan tersebut. Tutup mata anda yang ingin dibersihkan dari makeup, lalu tekan kapas secara perlahan dan diamkan selama beberapa detik, lalu usapkan secara perlahan menjauhi mata ke arah telinga. Anda akan melihat bahwa makeup mata sudah menghilang dan terhapus dengan mudah

Langkah 4: Bila perlu, ulangi langkah 3 beberapa kali hingga mata bersih, lalu lanjutkan proses yang sama pada seluruh wajah.


3. Cara Membuat Pelembut Rambut Alami
Pembilas rambut ini akan membuat rambut anda halus dan bersinar. Cuka yang terkandung di dalamnya dapat menghilangkan tumpukan kotoran serta kulit mati dari rambut dan kulit kepala, juga menutup kutikel. Anda juga dapat menggunakan cuka herbal atau cuka putih biasa untuk membuat resep ini.

Bahan:
• 2 Sdm Cuka Apel
• 2 Sdm Air perasan lemon segar
• 3 Cangkir Air bersih

Cukup campurkan semua bahan dan aduk hingga merata, lalu siramkan pada rambut sebagai bilasan terakhir saat keramas. Keringkan dan tata rambut seperti biasa.


4. Cara Bikin Pencuci Muka Berbahan Dasar Madu
Menurut Dr. Doris Day, seorang dermatologis kenamaan di AS, madu memiliki anti bakteri alami yang dapat menyembuhkan luka. Untuk anda yang memiliki kulit sangat sensitif atau bila anda ingin pencuci muka yang sangat lembut, cukup gunakan madu untuk mencuci muka. Anda juga bisa menambahkan sedikit baking soda untuk scrub ringan.

Cukup campurkan 1 sendok makan madu organik dengan 1 sendok teh baking soda pada telapak tangan, lalu pijatkan secara perlahan dengan gerakan memutar pada wajah. Diamkan selama semenit, atau bisa langsung dibilas menggunakan air hangat atau air dingin.

# Ternyata membuat sendiri produk perawatan dan kecantikan sangat mudah bukan? Selain ramah di kantong, yang terpenting adalah semua produk tersebut bebas dari zat kimia berbahaya yang dapat mengancam kesehatan para sahabat IndoSister.com sekalian.
(Wandria)

1 comment:

  1. Mantabb tipsnya, terimakasih banyak.

    ReplyDelete


Thanks for Stopping by, Please Leave comment about article above ^_^