Visit My Popular Blog

Ternyata! 7 Penyakit Ini Pasti Akan Kita Alami Selama Hidup

Pesan Sponsor
IndoSister.com - Apa Saja Penyakit yang Sering Dialami Anak Kecil dan Dewasa?
Setiap manusia pernah jatuh sakit. Baik itu disaat kecil ataupun setelah dewasa. Kesehatan bisa menurun karena kurangnya kekebalan tubuh. Saat lengah menjaga tubuh, maka terjadilah beberapa penyakit yang lazim diderita.

Berikut beberapa penyakit yang sering dialami anak kecil dan dewasa, diantaranya selama hidupnya :

1. Demam
Semua orang boleh dikatakan pernah mengalami keadaan yang satu ini. Keadaan dimana suhu tubuh lebih tinggi dari biasanya ini merupakan salah satu tanda bahwa tubuh sedang berperang melawan virus atau infeksi. Suhu tubuh saat demam biasanya lebih tinggi dari 37,5°C.

Ternyata! 7 Penyakit Ini Pasti Akan Kita Alami Selama Hidup

Penyebab demam bisa bermacam-macam diantaranya infeksi virus dan bakteri, terkena panas matahari hingga kelelahan, dan pada si kecil terjadi karena imunisasi atau vaksin. Sering kali demam dapat hilang dengan sendirinya setelah beberapa hari. Penggunaan kompres juga bisa membantu menurunkan suhu tubuh. Demam yang lebih parah bisa diobati dengan mengonsumsi obat.

Kurangnya istirahat adalah salah satu penyebab terjadinya penyakit langanan ini. Radang tenggorokan terjadi saat tenggorokan mengalami infeksi. Penyakit ini adalah penyakit menular yang ditularkan lewat kontak langsung dengan orang yang sudah terinfeksi.

Tanda-tanda terkenanya penyakit ini diantaranya ialah batuk, sakit kepala, dan nyeri saat menelan. Anak kecil yang terkena penyakit ini biasanya daya tahan tubuhnya berkurang. Sama halnya dengan demam, penyakit ini juga dapat sembuh dengan sendirinya. Namun untuk mempercepat penyembuhannya dapat dilakukan dengan istirahat yang cukup, makan makanan bergizi, dan mengonsumsi obat.

3. Flu
Flu atau influenza merupakan penyakit yang bersumber dari virus. Penyakit yang menular ini menimbulkan gejala seperti demam, menggigil dan berkeringat, sakit kepala, batuk, hidung tersumbat, dan sakit kepala. Seiring berjalannya waktu, flu dapat hilang dengan sendirinya. Istirahat yang banyak serta memperkaya asupan vitamin C dapat membuat penyembuhan lebih cepat. Jika ingin mengonsumsi obat, konsumsilah obat sesuai dengan gejala yang ada.


4. Diare
Diare ditandai dengan frekuensi buang air besar yang lebih sering dibandingkan degan kebiasaan pada umumnya. Feses yang dikeluarkan pun cenderung lebih encer. Penyakit ini sering dihubungkan dengan kurangnya kehigienisan. Makanan dan minuman yang telah terkontaminasi bakteri, virus, atau parasit merupakan penyebab paling umum.

Penyakit ini biasanya berlangsung hanya beberapa hari, tapi ada juga yang mencapai satuan minggu.
Sekalipun terlihat biasa, penyakit ini tidak boleh disepelekan karena penelitian Departemen Kesehatan RI tahun 2007 menunjukkan diare menduduki peringkat 13 sebagai penyebab kematian semua umur dan proporsinya yaitu sebesar 3,5%.

Penyakit ini dapat dihindari dengan membiasakan diri mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, mengonsumsi makanan yang bahannya terpercaya kebersihannya, dan hal lainnya menyangkut higienitas makanan dan minuman tersebut. Jika sudah terjadi diare, pertolongan pertama ialah dengan mengonsumsi oralit atau larutan gula dan garam, selanjutnya dengan minum obat untuk diare.

5. Sariawan
Tidak hanya orang dewasa loh yang bisa sariawan, anak kecil pun bisa mengalaminya. Sariawan biasanya menyerang daerah mulut yaitu bibir, lidah, atau pipi bagian dalam. Umumnya kekurangan asupan vitamin C adalah penyebab terjadinya penyakit ini. Untuk mencegah penyakit ini dapat dilakukan dengan selalu menjaga kesehatan mulut dan gigi, mengonsumsi cukup vitamin C, tidak memakan makanan yang terlalu panas, dan untuk anak perhatikan saat menggosok gigi, jangan sampai menimbulkan luka pada mulut bagian dalamnya.

6. Gigi Berlubang
Anak kecil dan dewasa jika lengah dalam menjaga kebersihan mulutnya, pasti sangat mudah mengalami gigi berlubang. Anak kecil terutama yang menyukai makanan manis harus dipastikan pembersihan giginya terjadi optimal, sehingga tidak menyisakan gula yang bisa membuat bakteri betah dan menyebabkan lubang pada gigi. Orang dewasa juga harus selalu memastikan tidak adanya sisa makanan pada gigi, terutama sebelum tidur.

Jadi pastikan ya selalu menggosok gigi sebelum tidur.
Adanya gigi yang berlubang pasti akan terasa sakit dan tidak nyaman karena di dalam gigi terdapat saraf. Gigi berlubang pun membuat kesulitan saat makan karena makanan yang masuk mungkin terjebak ke dalam lubang tersebut.


7. Batuk
Saat saluran napas di dalam tubuh mendapat gangguan dari luar, batuk adalah respon alami yang terjadi. Gangguan luar tersebut dapat berupa debu dan asap. Jenis batuk ada dua yaitu batuk kering dan batuk berdahak. Batuk umumnya dapat hilang dalam waktu tiga minggu.

Selain dengan menggunakan obat, batuk juga dapat diredakan dengan mengonsumsi ramuan alami seperti minum air lemon dan madu. Pada anak, waspadailah terjadinya batuk rejan yang ditandai dengan adanya suara lengkingan di tarikan napas setelah batuk, muntah, dan memerahnya wajah karena anak batuk terus menerus.

- Sekalipun penyakit-penyakit tersebut biasa dialami tetap tidak boleh disepelekan ya. Para sahabat IndoSister.com pasti setuju bahwa Lebih baik mencegah daripada mengobati.

0 komentar


Thanks for Stopping by, Please Leave comment about article above ^_^