Visit My Popular Blog

7 Masalah pada Rambut – Cek Sumber penyebabnya Disini !

Pesan Sponsor
IndoSister.com - Bagi semua orang, baik wanita maupun pria, memiliki kulit kepala yang bebas dari masalah seperti ketombe, kulit kepala kering, gatal di kepala, hingga rambut yang tidak sehat merupakan sesuatu yang sangat diinginkan.
Orang-orang sebagian mempunyai masalah dengan rambut dan kulit kepalanya, sehingga terasa tidak nyaman dan membuat rasa percaya diri menurun drastis.

Untuk anda yang merasa tidak punya masalah seperti diatas, jangan senang dulu. Bisa jadi anda tiba-tiba terkena masalah kulit kepala dan rambut hanya karena jarang merawatnya, atau salah menggunakan produk perawatan rambut.

Karena itulah, kami disini akan memberikan sedikit informasi tentang masalah rambut dan kulit kepala, mulai dari sumbernya hingga solusi mengatasinya.

7 Masalah pada Rambut – Cek Sumber penyebabnya Disini !

1.  Rambut Rontok
Rambut rontok biasanya diawali dengan penipisan dan rambut yang patah. Masalah rambut rontok ini merupakan masalah rambut yang paling umum diderita oleh seseorang. Secara statistik, kebanyakan orang kehilangan 50 hingga 100 helai rambut mereka setiap harinya.

Rambut juga menipis seiring bertambahnya usia, walaupun tidak semua orang memiliki kadar dan dampak yang sama. Penipisan rambut biasanya berujung pada kebotakan, yang sumbernya berasal dari faktor genetis atau turunan dari orang tua.

Wanita yang memiliki faktor ini biasanya akan memiliki rambut yang sangat tipis, sedangkan pria akan mengalami botak seutuhnya. Kondisi seperti ini bisa saja dimulai pada umur 20 hingga 30 tahun.

Selain faktor genetis, rambut rontok pun bisa saja disebabkan oleh beberapa hal berikut :

1. Kerusakan yang terjadi akibat penggunaan produk atau alat yang bersentuhan langsung dengan rambut, seperti pengeriting rambut, pengering rambut, hingga cat rambut.
2. Kebiasaan menarik-narik rambut, yang biasa disebut Trichotillomania. Penyakit ini adalah penyakit mental dimana seseorang mempunyai kebiasaan mencabut bulu pada tubuhnya, seperti bulu rambut, bulu alis, hingga bulu mata.

3. Efek samping dari proses pengobatan, seperti kemoterapi dan terapi radiasi.
4. Sakit panas tinggi, akibat operasi, atau bahkan stres emosional.
5. Penyakit, seperti lupus dan hyperthyroidism.
6. Keracunan zat besi, seperti thallium dan racun arsenik.
7. Kurangnya nutrisi dalam tubuh, terutama protein dan zat besi.

2. Kulit Kepala Gatal, Kering, Dan Pecah-Pecah
Kulit kepala yang gatal, kering dan terlihat pecah-pecah merupakan penyakit pada kulit kepala yang akan membuat rasa tidak nyaman sepanjang hari.

Beberapa penyakit kulit kepala yang umum diderita oleh banyak orang adalah :

1. Cradle Cap,
kondisi dimana kulit bersisik dan berwarna kuning yang biasanya terdapat pada kulit kepala bayi. Hal ini merupakan salah satu kondisi kulit yang wajar diderita oleh bayi, dan bukan disebabkan akibat penyakit yang serius. Kadang pula, sumber masalah cradle cap ini akibat kebersihan kulit kepala bayi yang ‘terlalu’ terjaga.

2. Ketombe,
dimana sel kulit mati terkelupas dari kulit kepala yang biasa berwarna putih. Ketombe biasanya terlihat pada bagian kepala, leher, dan bahu. Jika seseorang memiliki masalah ketombe yang parah, bisa jadi orang tersebut memiliki kondisi kulit yang disebut eczema. Ketombe pun bisa disebabkan oleh infeksi jamur, perubahan musim, hingga perubahan hormon dalam tubuh.

3. Kutu Rambut,
merupakan sejenis serangga yang sangat kecil yang bersarang pada rambut seseorang. Kutu ini akan menyebabkan rasa gatal dan kulit kepala menjadi pecah-pecah.

4. Kurap,
disebabkan oleh fungal infection atau infeksi jamur parah pada bagian luar kulit kepala dan juga rambut. Infeksi ini biasanya akan berbentuk lingkaran berwarna merah seperti cacing.

5. Kondisi kulit tidak sehat,
seperti penyakit psoriasis dan seborrhea. Ada juga penyakit kondisi kulit yang bernama lichen planus, yang menyebabkan kulit kepala rusak akibat stress, sakit, atau pengaruh obat dan bahan kimia lainnya.

mengatasi rambut rontok

3. Luka, Lecet, Atau Benjolan Pada Kulit Kepala
Selain masalah rambut dan kulit kepala, masalah lain seperti luka-luka, lecet, hingga benjolan pada kulit kepala bisa saja terjadi.

Penyakit ini kadang disertai dengan rasa sakit, yang biasanya disebabkan oleh :

1. Folliculitis, infeksi pada batang rambut atau kulit kepala (impetigo)
2. Reaksi alergi pada kulit (contact dermatitis)
3. Infeksi viral, seperti cacar dan shingles.

4. Kondisi kulit, seperti jerawat dan semacamnya.
5. Kista, kantung dalam kulit bagian luar yang berisi cairan putih kental.
Kista ini umumnya muncul pada daerah kulit kepala, kupung, muka, punggu, hingga skrotum. Biasanya, kista diakibatkan penyumbatan pada batang rambut. Jika dibiarkan kista ini bisa menginfeksi bagian kulit lainnya.

Kanker kulit ternyata bisa juga muncul pada kulit kepala, terutama pada area yang tidak tertutupi rambut. Kanker ini bisa menghancurkan sel kulit dan menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Penyakit kanker kulit juga biasanya berbentuk tahi lalat, iritasi pada kulit, dan perubahan kulit yang mendadak. 3 tipe kanker kulit yang paling umum diderita adalah kanker kulit sel basal (basal cell skin cancer), squamous cell skin cancer, dan melanoma.

Demikian Serba serbi masalah rambut, agar para sahabat IndoSister.com dapat mencegah hal hal yang sekiranya membawa ketidak nyamanan terhadap kesehatan rambut sebagai mahkota kita.

0 komentar


Thanks for Stopping by, Please Leave comment about article above ^_^