Visit My Popular Blog

7 Kebiasaan Buruk Mahasiswa yang Berakibat Penyakit

Pesan Sponsor
IndoSister.com - Anda sudah resmi jadi mahasiswa?
Jika ya, ini saatnya belajar untuk hidup mandiri dan berpikir lebih dewasa. Dan salah satu hal yang perlu diperhatikan oleh mahasiswa adalah gaya hidup sehat. Ini karena mahasiswa sangat identik dengan gaya hidup tidak sehat.

Alih-alih menjaga kesehatan, mahasiswa lebih suka mengesampingkan kebugaran fisik mereka. Sebagian besar berpikir bahwa fisik mereka masih sangat fit, sehingga tidak membutuhkan perhatian lebih.

Namun, jika Tujuh Kebiasaan Buruk di bawah ini masih terus Anda lakukan, lambat-laun itu akan menjadi penyakit. 

Yuk cari tahu selengkapnya!

1. Sering Begadang
Ini merupakan salah satu kebiasaan buruk mahasiswa yang harus Anda tinggalkan. Begadang dapat melemahkan daya tahan tubuh. Bagaimana pun, tubuh Anda butuh istirahat. Bila waktu istirahat terganggu, itu akan berdampak pada menurunnya sistem imun. Alhasil, Anda akan mudah terkena infeksi, seperti batuk, flu, infeksi paru-paru, atau bahkan hepatitis.

7 Kebiasaan Buruk Mahasiswa yang Berakibat Penyakit

2. Suka Merokok
Mahasiswa juga sangat dekat dengan rokok. Dan ini tentunya dapat membahayakan kesehatan mereka. Salah satu efek berbahaya dari rokok adalah kanker paru-paru. Bahan-bahan kimia yang ditemukan dalam rokok dapat merusak sel paru-paru. Perokok juga dapat menderita penyakit serius seperti pneumonia, bronkitis, dan emfisema.

3. Waktu Makan Tidak Teratur
Sebagai mahasiswa, Anda tentu memiliki segudang kegiatan yang bikin diri sibuk seharian. Hal itu seringkali membuat waktu makan jadi tidak teratur. Jika itu hanya dilakukan satu atau dua kali, mungkin masih tidak apa-apa. Namun, bila itu ternyata jadi kebiasaan, kesehatan lambung pasti akan terganggu. Di sisi lain, waktu makan yang tidak teratur juga membuat seseorang lebih berisiko obesitas.

4. Sering Menkonsumsi Makanan Instan
Makanan instan dan mahasiswa adalah dua hal yang tak dapat dipisahkan. Namun di balik rasa nikmat yang ditawarkan oleh makanan instan, ada banyak zat-zat yang dapat merusak kesehatan tubuh. Makanan instan dan cepat saji mengandung banyak sodium dan lemak jenuh yang dapat menyebabkan berbagai penyakit, terutama jantung dan diabetes.


5. Malas Olahraga
Malas olahraga akan membuat distribusi oksigen ke seluruh tubuh terganggu. Akibatnya, otot tubuh akan terasa pegal dan kaku karena kekurangan oksigen. Selain itu, malas olahraga juga akan membuat fungsi otak terganggu, sehingga Anda jadi gampang stres dan susah berkonsentrasi.

6. Terlalu Banyak Kafein dan Gula
- Kafein juga menjadi teman setia bagi mahasiswa. Namun, sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan itu tidak baik. Idealnya, konsumsi kafein tak lebih dari sekitar 400 mg per harinya untuk orang dewasa. Sebab jika dikonsumsi secara berlebihan, kafein bisa menyebabkan sakit kepala, perasaan was-was, dan gangguan tidur.

- Jika dulu yang biasa cangkrukan di warkop adalah para orang tua, namun kini sebaliknya, para anak mudalah yang kebiasaan ngopi dengan mencari internet gratis Wi Fi.
Jika kebiasaan harian mengkonsumsi gula ini tak terkendali, maka beresiko terkena Diabetes di usia muda.


7. Malas Menjaga Kebersihan Tempat Tinggal
Kamar kost kotor dan tidak rapi jadi salah satu ciri khas dari mahasiswa. Tempat tinggal yang tidak bersih tentunya bisa mengganggu sistem kekebalan tubuh. Apalagi jika kamar Anda cenderung lembap, sehingga mudah ditumbuhi jamur. Hal itu tentunya akan membuat Anda lebih berisiko terkena masalah pernapasan, khususnya asma.

# Demikian 7 kebiasaan buruk mahasiswa yang berakibat penyakit. Jika kebiasaan buruk itu dilakukan terus-menerus, bukan tak mungkin akan jadi masalah yang serius bagi para sahabat IndoSister.com yang masih menjalani kuliah di masa mendatang. Jadi mulai sekarang cobalah untuk menjaga kebugaran dengan menerapkan gaya hidup sehat.

Baca Juga :
Ternyata ! 7 Penyakit ini Pasti dialami Manusia Selama Hidup

0 komentar


Thanks for Stopping by, Please Leave comment about article above ^_^