Visit My Popular Blog

5 Rahasia Mendapatkan Kehamilan Super Nyaman & Aman

Pesan Sponsor
IndoSister.com - Semua ibu pasti setuju bahwa menjadi ibu hamil bukanlah perkara mudah. Banyak rasa sakit yang harus diderita setiap harinya, seperti mual-mual pada pagi hari hingga nyeri pada perut dan punggung.
Apalagi untuk wanita yang baru pertama kali merasakan hamil, pasti diliputi kebingungan harus melakukan apa untuk meredakan rasa tidak nyaman.

Nah, untuk anda para ibu hamil yang masih bingung harus melakukan apa pada saat rasa sakit menyerang, kami memiliki beberapa tips dan trik agar kehamilan anda terasa nyaman sepanjang hari.
Mulai dari jenis makanan yang harus dikonsumsi, hingga olahraga ringan yang harus dilakukan semuanya akan dibahas disini. Karena itu, simak terus ulasan kami di bawah ini yah!

Tips hamil aman

5 Cara agar Ibu Hamil secara Aman dan Nyaman :

1. Meredakan Morning Sickness
Kebanyakan ibu hamil biasanya menderita yang namanya morning sickness atau rasa mual-mual parah setiap pagi.
Secara medis kondisi ini biasanya disebut nausea gravidum, atau rasa mual yang disertai dengan muntah-muntah. 80% ibu hamil pasti akan merasakan kondisi ini, walaupun dengan tingkatan yang berbeda-beda.

Mengapa disebut morning sickeness? Karena biasanya sang ibu hamil hanya merasakan mual dan ingin muntah pada pagi hari, dan terus berkurang seiring berjalannya hari. Ada yang tidak merasakan nya sama sekali, ada juga yang merasakan hal ini sepanjang hari.

Beberapa penyebab terjadinya morning sickness ini adalah :

1. Human chorionic gonadoptrin (hCG).
dimana hormon-hormon terus meningkat naik selama masa kehamilan, yang mengakibatkan hormon tidak stabil.

2. Penciuman Menjadi Sensitif.
Indera penciuman sang ibu hamil menjadi sangat sensitif dari biasanya, yang mengakibatkan perut terasa mulas terus menerus.

3. Stress.
Stress pun bisa jadi pemicu morning sickness. Kondisi mental yang tidak sehat akan membuat badan tidak sehat pula.

Morning sickness ini biasanya terjadi pada trisemester kedua. Untuk itu, ibu hamil bisa melakukan beberapa hal berikut ini :

• Pintar Memilih Makanan.
Selama masa hamil, pencernaan harus dijaga dengan ketat agar tidak bermasalah dan berdampak pada janin. Pilihlah jenis makanan yang mudah dicerna oleh lambung, penuh protein, dan karbohidrat. Hindari juga makanan-makanan yang pedas dan terlalu asin.

• Konsumsi Vitamin B6.
Biasanya, jenis vitamin ini sudah ada dalam obat yang diberikan oleh dokter kandungan. Anda bisa berkonsultasi pada dokter untuk menambahkan dosisnya jika rasa mualnya semakin bertambah.

• Makan Permen Asam/Mint.
Percaya atau tidak, banyak ibu hamil yang merasa lebih baik dan jarang mual setelah memakan permen asam/mint setiap pagi.

2.  Menghilangkan Konstipasi/Hemorrhoids
Tidak hanya rasa mual-mual, konstipasi dan hemorrhoids pun biasanya sering diderita oleh ibu hamil. Biasanya konstipasi ini diakibatkan aliran darah yang tersumbat pada anus atau rectum, yang umumnya diderita pada trisemester ke 3.

 Untuk meringankannya, anda bisa mencoba beberapa cara berikut ini :

• Banyak Makan Serat.
Salah satu cara yang paling ampuh dalam mencegah hemorrhoids adalah banyak memakan makanan tinggi serat. Jenis makanan seperti buah dan sayuran bisa menjadi pilihan utama. Jika dirasa bosan, anda bisa menyelinginya dengan gandum atau kacang-kacangan.

• Berendam Air Hangat.
Konstipasi kadang akan membuat otot-otot pelvis menjadi kaku dan keras. Untuk melemaskannya, anda bisa mencoba berendam pada air hangat selama 10 hingga 15 menit. Rasa hangat yang nyaman bukan hanya akan membuat otot lemas, pikiran dan badan pun akan terasa lebih rileks dan santai.

• Menggunakan Bantal Donat.
Merupakan salah satu cara yang paling umum dilakukan, dan sudah ada sedari dulu. Dengan duduk di bantal berbentuk donat, tekanan pada area rektal akan berkurang sehingga konstipasi akan melunak.

Tips hamil nyaman

3. Meredakan Pusing
Rasa pusing akibat tubuh yang tidak nyaman kerap pula diderita wanita yang sedang hamil. Perubahan hormon dalam tubuh, kecapaian dan gula darah yang naik turun bisa jadi penyebab ibu hamil sering merasakan pusing.

Salah makan pun kadang akan menyebabkan rasa pusing datang tiba tiba. Untuk meredakan pusing ini, anda bisa melakukan beberapa cara ini :

• Kompres Kening.
Kompres kening dengan es atau bahan dingin lainnya. Rasa dingin akan menghilangkan rasa tidak nyaman pada kepala yang menjadi sumber pusing.

• Pijat.
Dengan memijat bagian-bagian punggung, leher, bahu dan kepala, pusing akan hilang dengan cepat. Efeknya akan lebih cepat jika pada saat dipijat menggunakan semacam krim aroma terapi.

• Teknik Relaksasi.
Jika pusingnya selalu datang pada saat anda sedang panik atau rusuh, anda bisa mencoba belajar teknik relaksasi. Pengaturan napas yang lancar dan kondisi mental tenang akan membuat anda jarang merasakan pusing.

4. Meringankan Rasa Keram
Apabila anda merasakan rasa keram pada masa awal-awal kehamilan, hal tersebut merupakan kondisi yang normal terjadi pada ibu hamil. Rasa keram ini disebabkan oleh beberapa sebab, seperti uterus yang sedang mempersiapkan janin bayi hingga perubahan hormon dalam tubuh.

Rasa keram ini bisa anda atasi dengan menggunakan beberapa cara berikut ini :

• Berdiri dan Berjalan Ringan.
Rasa keram memang akan membuat seorang ibu hamil malas bergerak. Tapi dengan kita berdiri dan berjalan ringan, keram tersebut akan hilang dengan sendirinya karena otot-otot yang beraktifitas.

• Berolahraga.
Meskipun dalam kondisi hamil, anda bisa tetap berolahraga ringan dengan aman. Olahraga pada masa kehamilan akan mengurangi kemungkinan terjadi nya keram di kemudian hari. Tidak usah yang terlalu berat, senam kegel dan olahraga pelvic tilts bisa anda gunakan sebagai bahan olahraga ringan.

• Mandi Air Hangat.
Mandi air hangat akan berdampak sangat baik dalam meredakan keram. Pusatkan shower mandi anda pada daerah punggung agar tubuh menjadi rileks.

5. Menghilangkan Rasa Sakit Pada Perut
Sudah bukan rahasia lagi bahwa ibu hamil akan mengalami sakit perut yang kadang serasa sangat menyiksa. Sebab timbulnya rasa pada abdominal atau perut ini bisa bermacam-macam, seperti perenggangan uterus dan ligamen, hingga gas yang menumpuk dalam perut.

Beberapa cara bisa anda lakukan untuk menghilangkan rasa sakit pada perut ini :

• Kurangi Porsi Makan.
Jika sebelumnya porsi makan anda banyak, kurangi sedikit demi sedikit hingga mencapai porsi ideal. Gas yang menumpuk dalam perut biasanya terjadi akibat pola makan yang tidak teratur, porsi makan yang terlalu banyak, hingga mengkonsumsi makanan yang salah.

• Minum Yang Banyak.
Gas yang menumpuk dalam perut pun bisa diakibatkan kurangnya cairan pada lambung. Dengan meminum air putih yang bersih, lambung akan terhidrasi dan tidak kering. Minum-minuman jus buah seperti cranberry, anggur, dan jeruk juga sudah terbukti akan meringankan rasa sakit pada perut ini.

• Bergerak.
Rasa sakit memang pasti akan menyebabkan seseorang malas bergerak. Karena itulah, sebagai bentuk pencegahan anda harus terus bergerak dan berolahraga. Sekedar berjalan sebentar setiap pagi hari akan membuat otot anda bekerja dan pikiran anda lebih fresh.


Okay … bagi para sahabat IndoSister.com yang sedang hamil, semoga mendapatkan kenyamanan dan keamanan baik dalam proses selama kehamilan maupun persalinan nantinya semoga berjalan lancar.

0 komentar


Thanks for Stopping by, Please Leave comment about article above ^_^