Visit My Popular Blog

10 MITOS dan FAKTA SELULIT Yang Perlu Anda Tahu

Pesan Sponsor
IndoSister.com - Pengertian Selulit, Penyebab, dan cara mencegah serta pengobatannya.
Mendengar namanya mungkin anda menyangka selulit adalah suatu kondisi medis yang serius, tetapi sebenarnya selulit tidaklah lebih dari sekedar lemak yang normalnya memang berada di bawah kulit. Permukaan kulit menjadi terlihat bergelombang karena lemak mendorong jaringan ikat dan menyebabkan kulit menjadi berkerut.

Selulit sebenarnya tidak berbahaya, tetapi banyak orang yang ingin menghilangkannya karena melihat penampilannya yang kurang enak dipandang. Untuk mengetahui lebih banyak mengenai selulit, berikut adalah …

Sepuluh Mitos dan Fakta mengenai selulit yang perlu anda tahu :

1. Selulit Disebabkan Oleh Racun Dalam Tubuh - MITOS
Meskipun label pada beberapa produk anti selulit mengklaim bahwa mereka dapat melawan selulit dengan memperhalus kulit yang bergelombang, dengan cara mengeluarkan racun dari tubuh, hal itu tidaklah benar.

Tidak ada bukti ilmiah kuat yang menyatakan bahwa selulit disebabkan oleh racun, dan efisiensi krim, gel, minyak, atau produk perawatan anti-selulit lain patut dipertanyakan.

Faktanya adalah selulit tidak berhubungan dengan racun, karena selulit disebabkan oleh penyimpanan lemak yang menekan lapisan jaringan ikat di bawah kulit. Area yang paling terpengaruh oleh selulit dan paling terlihat adalah bokong dan paha, serta terkadang lengan bagian atas dan perut.

Selulit dapat timbul karena jaringan ikat melemah karena beberapa faktor seperti kurangnya massa otot karena jarang berolahraga, kelebihan lemak tubuh karena berat badan berlebih, bahkan hormon dan sirkulasi darah yang kurang baik.

10 MITOS dan FAKTA SELULIT Yang Perlu Anda Tahu

2. Wanita Memiliki Selulit Lebih Banyak Daripada Pria – FAKTA
Kita semua tahu bahwa wanita cenderung memiliki lebih banyak lemak di sekitar pinggul dan paha. Bila hal tersebut dikombinasi dengan kurangnya dukungan dari jaringan ikat di area berkaitan, sindrom kulit jeruk yang kurang enak dipandang pun akan terlihat.

Hampir 90% wanita di seluruh dunia mengalami masalah dengan selulit, dibandingkan dengan hanya 10% pada pria. Hal ini karena jaringan ikat pria pada area yang sama lebih kuat dan mendukung, sehingga tidak mudah bagi lemak untuk melewatinya.

3. Selulit Bertambah Parah Seiring Bertambahnya Umur – FAKTA
Hormon ternyata memiliki peranan pada munculnya selulit. Saat kita menua makin sedikit estrogen yang diproduksi, padahal estrogen yang bertanggung jawab untuk mengatur peredaran darah yang baik. Produksi estrogen yang lebih sedikit mengakibatkan peredaran darah yang buruk, dan produksi kolagen yang lebih sedikit, yang menyebabkan pelemahan jaringan ikat.

4. Selulit Adalah Kondisi Genetik – FAKTA
Bila ibu, nenek, atau buyut anda memiliki selulit maka sangat tinggi sekali kemungkinan anda juga akan memiliki selulit. Walau anda secara genetik rentan terkena sindrom kulit jeruk, jangan terlalu sedih, karena faktanya gen hanya memiliki peranan yang sangat kecil pada kemunculan selulit dibandingkan dengan faktor lain seperti pola makan yang sehat, olahraga teratur, dan menjaga berat tubuh yang sehat.

5. Selulit Adalah Masalah Khusus Orang Dengan Kelebihan Berat Badan – MITOS
Seperti dapat dilihat pada poin nomor 4, bahkan bila anda langsing, makan sehat dan berolahraga secara teratur, anda masih tetap rentan terhadap selulit bila ada sejarah turunan dalam keluarga.

Faktanya selulit memang sangat lebih terlihat pada seseorang dengan berat badan berlebih. Penjelasannya sangat sederhana – semakin banyak lemak, semakin tinggi resiko simpanan lemak memasuki jaringan ikat yang lemah sehingga menimbulkan gelombang pada kulit area yang bermasalah seperti paha dan bokong, dan terkadang lengan atas dan perut.
  
6. Berolahraga Dapat Membantu Menghilangkan Selulit – FAKTA
Olahraga tidak dapat menghilangkan selulit 100%, tetapi olahraga rutin dapat memperlambat dan bahkan mencegah kemunculan selulit. Olahraga yang paling baik untuk menghilangkan selulit adalah yoga. Beberapa pose yoga yang menitik beratkan pada paha dan pinggul dapat membantu melawan selulit.

7. Krim Anti Selulit Dapat Melicinkan Kulit – MITOS
Diluar dari apa yang tertulis pada label produk anti-selulit, tidak ada satupun krim anti-selulit yang dapat menyembuhkan selulit secara total dan permanen.

Tetapi ada solusi sementara untuk masalah selulit. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa produk yang mengandung retinol, bila dioleskan pada area yang bermasalah, akan bekerja dengan menebalkan kulit. Meskipun hal ini lebih seperti menutupi masalah ketimbang mengatasinya, tetapi lebih baik daripada tidak ada solusi sama sekali bukan?

8. Beberapa Perawatan Selulit Non-Invasif Berhasil Dengan Baik – FAKTA
Selulit bukanlah sebuah kondisi medis, karena itu bukan hanya dermatologis yang dapat membantu anda, anda juga dapat meminta bantuan pada professional non-medis untuk memerangi selulit, seperti pemijat, ahli kecantikan, dan spesialis spa medis.

Beberapa teknik pemijatan, perawatan laser, dan terapi spa telah melakukan terobosan besar dalam perang melawan selulit selama satu dekade terakhir. Meskipun efek baiknya hanya sementara, sekitar 6-12 bulan, tetapi lebih banyak menjadi pilihan untuk hasil jangka pendek yang cepat.

Perawatan semacam ini memang lebih efektif dibandingkan krim anti-selulit, tetapi biayanya juga lebih mahal dan memerlukan dedikasi khusus (beberapa prosedur mengharuskan serangkaian sesi untuk memperbaiki kekuatan jaringan ikat kulit pada area yang bermasalah).

9. Pola Makan Sehat Dapat Membantu Menghilangkan Selulit – FAKTA
Pola makan sehat secara tidak langsung dapat membantu menghilangkan selulit, karena makan sehat dapat menjaga tubuh anda tetap fit dan menjaga pembuluh darah tetap bersih serta peredaran darah tetap baik.

Semua hal itu adalah faktor yang diperlukan untuk mencegah atau memperlambat kemunculan selulit. Jangan lupa untuk banyak minum air putih, makan banyak buah dan sayuran yang mengandung banyak air, serta makanan yang kaya serat seperti:

• Timun
• Tomat
• Zucchini
• Seledri
• Lobak
• Semangka
• Bayam
• Brokoli
• Strawberry, dll.

10. Merokok Dapat Mempercepat Kemunculan Selulit – FAKTA
Merokok adalah musuh terbesar bagi kulit cantik dan sehat, karena itu tidak heran bila merokok juga menjadi salah satu penyebab kemunculan selulit.
Merokok tidak hanya mengganggu peredaran darah tetapi juga mengurangi pembetukan kolagen, sehingga menyebabkan jaringan ikat menjadi lemah dan lemak akan dengan mudah memasuki area bermasala, dan menyebabkan kemunculan selulit.


Nah, dari 10 mitos dan fakta tentang selulit diatas, kiranya dapat mengubah pengetahuan para sahabat IndoSister.com semua, serta memungkinkan untuk menghindari hal hal yang dapat memperparahnya.
(Wandria)

0 komentar


Thanks for Stopping by, Please Leave comment about article above ^_^