Visit My Popular Blog

10 Cara Cegah Penyakit Jamur Pada Kuku - Onikomikosis

Pesan Sponsor
IndoSister.com - Tinea unguium atau onikomikosis merupakan istilah medis untuk penyakit jamur pada kuku. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh dermatofita T rubrum dan Trichophyton interdigitale.

Penyakit ini biasanya menyerang orang dewasa, orang yang senang berenang, orang dengan trauma pada kuku, orang yang memiliki riwayat diabetes atau HIV serta tinggal bersama orang yang menderita onikomikosis.

Berikut seharusnya gambaran Kuku yang sehat 


Klasifikasi
Infeksi jamur pada kuku ini dapat menyebabkan 3 macam penyakit yang berbeda.

1. Distal Subungual Onychomycosis
Penyakit ini merupakan penyakit jamur pada kuku yang paling sering ditemukan. Biasanya terjadi pada kuku kaki. Gambaran klinisnya adalah akan terdapat penebalan lempeng kuku bagian ujung jari kaki serta kuku akan berwarna kuning kecokelatan.


2. Proximal Subungual Onychomycosis
Penyakit ini sering ditemukan pada pasien HIV. Pada gambaran klinisnya akan didapati infeksi yang dimulai dari bagian kuku yang terdekat dengan tubuh.


3. White Superficial Onychomycosis
Pada penyakit ini akan didapati bercak putih berbatas tegas pada lempeng kuku.

10 Cara Cegah Penyakit Jamur Pada Kuku - Onikomikosis

Langkah Pencegahan Sakit jamur pada Kuku

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit jamur pada kuku:

1. Biasakan cuci tangan dan kaki serta rapikan kuku
Biasakan untuk mencuci tangan dan kaki setelah berpergian dari manapuna atau saat akan makan. Cucilah tangan dengan menggunakan air bersih dan sabun. Lalu keringkan tangan dan kaki. Biasakanlah juga untuk menjaga kuku tetap dalam potongan yang pendek. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mencegah masuknya mikroorganisme yang dapat menyebabkan penyakit pada kuku.

2. Gunakan sarung tangan berbahan karet
Gunakanlah sarung tangan berbahan karet apabila Anda akan beraktivitas lama dengan menggunakan air. Dan pada saat setelah digunakan biasakan untuk membersihkan sarung tangan tersebut dan kemudian segera keringkan.
3. Gunakan kaos kaki yang dapat menyerap keringat
Apabila Anda adalah seseorang yang sering menggunakan kaos kaki maka pilihlah kaos kaki yang dapat menyerap keringat seperti kaos kaki dengan bahan wol, nilon dan polipropilen. Gantilah kaos kaki apabila sudah terasa basah atau tidak nyaman lagi untuk digunakan karena membiarkan kuku dalam keadaan yang lembab dapat meningkatkan resiko untuk terserang penyakit jamur pada kuku

4. Kenakan alas kaki saat berpergian
Biasakan untuk menggunakan alas kaki saat berpergian karena hal ini dapat mencegah kaki Anda terinfeksi dari berbagai macam mikroorganisme yang tersebar bebas di lingkungan kita.

5. Pilihlah sepatu yang dapat mengurangi kelembaban
Dengan memilih sepatu yang dapat mengurangi kelembaban, maka Anda akan mengurangi resiko untuk terjangkit penyakit jamur pada kuku. Menggunakan sepatu sandal menjadi salah satu pilihan yang dapat diandalkan.

6. Kurangi penggunaan sepatu yang sudah sangat lama
Sepatu yang sudah sangat lama apabila tetap dijaga dengan baik dan dirawat dengan menggunakan spray anti jamur maka akan tetap aman untuk digunakan. Namun, apabila sepatu tersebut tidak dirawat maka akan sangat meningkatkan resiko jamur atau mikroorganisme patogen lainnya untuk tinggal di sepatu tersebut.

7. Gunakan spray anti jamur
Penggunaan spray atau produk lainnya yang bersifat anti jamur dapat sangat membantu untuk membrantas jamur dan mencegah terjadinya penyakit jamur pada kuku.

8. Jangan terlalu sering menggunakan pewarna atau hiasan kuku
Penggunaan pewarna atau hiasan kuku lainnya dapat membuat kita tidak menyadari apabila kuku kita kotor ataupun terdapat mikroorganisme di dasar kuku. Maka penggunaan pewarna atau hiasan kuku ini sebaiknya jangan terlalu sering digunakan.

9. Cuci tangan segera setelah berinteraksi dengan penderita onikomikosis
Onikomikosis atau penyakit jamur pada kuku dapat disebarkan dari kuku ke kuku atau dengan kata lain dapat diartikan bahwa penyakit ini dapat tersebar dengan kontak langsung. Maka dari itu apabila Anda berinteraksi dengan penderita onikomikosis, sangat disarankan untuk Anda segera mencuci tangan guna mencegah penyebaran dari penyakit ini

10. Jaga kesehatan dengan pola hidup sehat
Intinya … untuk menjaga daya imun tubuh terhadapat serangan jamur penyakit.

Demikian informasi seputar penyakit jamur pada kuku. Semoga artikel ini dapat membantu maupun menambah pengetahuan para sahabat IndoSister.com sekalian !

Daftar Pustaka
medscape
Mayoclinic

0 komentar


Thanks for Stopping by, Please Leave comment about article above ^_^