Visit My Popular Blog

Posisi Tidur yang Paling Tepat Selama Hamil – Tips Ibu

Pesan Sponsor
IndoSister.com - Selama menjalani proses kehamilan, maka akan muncul keluhan-keluhan yang dirasakan oleh Sahabat semua. Rahim dan janin yang terus membesar memang dapat menimbulkan beberapa keluhan pada ibu hamil, salah satunya adalah merasa susah tidur.

Perut yang membesar membuat seorang ibu hamil tidak nyaman ketika tidur. Badan menjadi mudah pegal-pegal dan ada rasa kekhawatiran kalau rahim ataupun janinnya menjadi tertindih dan mengganggu kesehatan janin. Namun, Sahabat semua jangan khawatir karena ada beberapa alternatif pilihan posisi tidur untuk ibu hamil.

Posisi Tidur selama proses kehamilan, antara lain adalah:

1. Tidur dengan posisi tengkurap
Meskipun Ibu hamil sebenarnya cukup aman untuk tidur dalam posisi tengkurap, Namun di atas usia kehamilan 3 bulan atau setelah trimester pertama maka ibu hamil akan mulai merasa tidak nyaman tidur dalam posisi tengkurap karena payudara mulai membesar dan lebih sensitif.
Apabila memaksa ingin tidur dengan posisi tengkurap, maka paha perlu disokong dengan bantal agar perut tidak terlalu tertekan dan lebih nyaman.
hindari tidur terlentang saat hamil

2. Tidur dengan posisi terlentang
Posisi tidur terlentang ini kurang dianjurkan. Hasil penelitian yang dilakukan oleh University of Auckland di Selandia Baru, menyebutkan bahwa tidur posisi terlentang dapat membahayakan janin. Tidur dengan posisi terlentang akan membuat beban rahim lebih ke belakang, usus dan vena cava inferior.

- Ibu hamil yang tidur dengan posisi terlentang akan lebih beresiko terkena sakit pinggang, gangguan pencernaan,wasir,gangguan pernafasan dan juga gangguan sirkulasi darah. Pada trimester ke-2 danke-3 juga akan mempengaruhi tekanan darah sehingga ibu hamil akan merasa pusing, tekanan darah naik dan beberapa tekanan darahnya malah turun.

3. Tidur dengan posisi miring
Posisi tidur miring inilah yang paling tepat dan paling dianjurkan untuk ibu hamil karena nutrisi janin lewat plasenta akan lebih terpenuhi karena aliran darah juga lancar. Tekanan organ dalam ibu hamil ke janin  juga dapat diminimalisir.

Posisi Tidur yang Paling Tepat Selama Hamil – Tips Ibu

Selain itu, ibu hamil juga dapat terhindar dari pembengkakan pada ekstremitas tangan maupun kaki karena ginjal ibu dapat membuang sisa metabolisme dan cairan dengan lebih baik Berganti gantilah antara tidur miring kiri dan miring kanan agar tidak pegal dan akan lebih nyaman apabila meletakkan bantal diantara lutut serta di punggung Anda.

Apabila para sahabat IndoSister.com terbangun dalam posisi terlentang, maka jangan khawatir karena Saudara tidak mencelakai janin. Segeralah untuk berganti posisi menjadi tidur miring kembali.
(Meilina)

Baca Juga …

0 komentar


Thanks for Stopping by, Please Leave comment about article above ^_^