Visit My Popular Blog

Kenali Tanda Henti Jantung - Tingkatkan Peluang Hidup Penderita

Pesan Sponsor
IndoSister.com - Pada dasarnya, henti jantung / gagal jantung atau Cardiac Arrest berbeda dengan serangan jantung. Namun kedua hal ini sangatlah sering terjadi di masyarakat, dan kedua kasus ini juga terjadi secara tiba-tiba.

Perbedaan Serangan Jantung & Henti Jantung / Gagal Jantung
- Serangan jantung adalah keadaan dimana terbloknya alirah darah ke jantung yang kemudian menyebabkan jaringan otot jantung mati karena tidak mendapatkan aliran oksigen.
- Sedangkan henti jantung adalah keadaan dimana jantung berhenti bekerja memompakan darah ke seluruh tubuh yang dapat menyebabkan seluruh sel di tubuh kita tidak menerima suplai oksigen dan nutrien dan mengakibatkan terjadinya kematian.

Penyebab Henti jantung / Cardiac Arrest
Henti jantung disebabkan oleh ritme jantung yang tidak teratur, dan yang paling sering adalah karena fibrilasi ventrikel.

Henti jantung sangat mudah dikenali karena gejala yang ditunjukkannya sangat khas. Orang yang mengalami henti jantung akan mengalami kehilangan kesadaran dan seluruh tubuhnya menjadi pucat. Hal ini dikarenakan jaringan pada tubuhnya tidak mendapatkan suplai oksigen sedangkan faktanya adalah seluruh jaringan di tubuh kita memerlukan oksigen untuk melakukan semua fungsinya.


Henti jantung vs Pingsan

Apabila menemukan orang dengan ciri-ciri di atas segera cek apakah orang tersebut mengalami henti jantung ataukah hanya pingsan.

Lakukanlah langkah sebagai berikut:

1. Mintalah bantuan terlebih dahulu misalnya dengan menghubungi rumah sakit terdekat.
2. Baringkan pasien dengan kondisi telentang. Tepuklah bahu pasien terlebih dahulu untuk mengecek apakah pasien masih dapat memberikan respon atau tidak. Apabila pasien masih dapat memberikan respon tanyakan apakah dia baik-baik saja dan apa yang dia rasakan.

Namun apabila pasien tidak memberikan respon apa-apa lanjutkan ke pengecekan selanjutnya.

3. Cek pernafasannya apakah pasien masih bernafas ataukah tidak. Pernafasan dapat dicek melalui merasakan apakah masih ada hembusan nafas dari hidung pasien atau tidak. Dan cara lain dapat dilakukan dengan melihat pergerakan dada pasien. Apakah masih terdapat gerakan dada pasien naik turun ataukah tidak.

4. Selanjutnya nilai bagaimana warna dari tubuh pasien apakah masih agak merah seperti seharusnya ataukah pucat


Kriteria Henti Jantung / gagal jantung / Cardiac Arrest…

- adalah ketika pasien mengalami kehilangan kesadaran sehingga walaupun sudah diberikan stimulus dari luar oleh pihak lain misalnya seperti penepukan pada bahunya, pasien tidak akan memberikan respon.

- Pernafasannya juga akan berhenti dan tidak ada lagi pergerakan dada naik turun. Hal ini menandakan bahwa jantungnya sudah tidak bekerja memompakan darah lagi. Selain itu, wajah dan tubuhnya juga akan menjadi pucat karena tidak mendapatkan suplai darah lagi.

- Apabila bantuan belum datang, maka cobalah lakukan pertolongan pertama pada pasien. Pertolongan pertama yang dapat diberikan adalah Resusitasi Jantung Paru (RJP). Tanyakan kepada lingkungan sekitar apakah ada dokter ataukah orang yang berkecimpung di dunia medis sehingga mereka dapat segera melakukan RJP.

Kenali Tanda Henti Jantung - Tingkatkan Peluang Hidup Penderita

Dengan segera dilakukannya RJP pada pasien henti jantung dapat meningkatkan kemungkinan pasien tersebut untuk sadar kembali. RJP dilakukan dengan cara memberikan tekanan secara cepat dan tegas serta dalam di bagian dada. Adapun istilah khususnya adalah “push hard and fast”.

Maka apabila Anda menemukan orang dengan gejala di atas jangan langsung panik dan segeralah lakukan langkah pengecekan di atas. Dengan dideteksinya henti jantung secara cepat dan segeranya dilakukan RJP serta membawa ke pihak medis terdekat , maka hal ini dapat meningkatkan kemungkinan / peluang hidup penderita.
(Lils)

Daftar Pustaka
- heart.org
- medlineplus.gov

0 komentar


Thanks for Stopping by, Please Leave comment about article above ^_^