Visit My Popular Blog

Kenali 10 TANDA dan Gejala DIABETES / Kencing manis

Pesan Sponsor
IndoSister.com - Anda sering merasa haus padahal sudah cukup minum? Sering buang air kecil dimalam hari? Atau Anda merasa berat badan Anda turun padahal Anda sering sekali merasa lapar dan sering makan? Anda perlu waspada kalau mengalami hal hal tersebut. Jangan sampai diabetes menghantui Anda. Yuk kita mengenal apa itu diabetes dan bagaimana tanda dan gejalanya.

Diabetes atau lebih familiar dengan kencing manis adalah suatu kondisi dimana glukosa darah Anda (gula darah) terlalu tinggi. Darah Anda selalu mengandung glukosa karena tubuh Anda membutuhkan glukosa untuk energi untuk tubuh Anda. Tapi terlalu banyak glukosa dalam darah Anda juga tidak baik untuk kesehatan. Sesuatu yang berlebihan memang selalu tidak baik bukan?


Proses Terjadinya Sakit Diabetes

Glukosa selain dibuat oleh hati dan otot juga berasal dari makanan yang Anda makan. Darah membawa glukosa ke semua sel di tubuh Anda. Insulin adalah hormon yang dihasilkan oleh pankreas. Insulin membantu glukosa dari makanan yang Anda makan ke sel sel tubuh Anda. Jika tubuh Anda tidak menghasilkan insulin yang cukup atau jika insulin tidak bekerja dengan cara yang seharusnya, glukosa tidak bisa masuk ke dalam sel sel tubuh Anda. Sebagai gantinya glukosa tetap berada dalam darah sehingga kadar glukosa darah Anda menjadi tinggi. Hal inilah yang menyebabkan diabetes.

Kategori Diabetes

Diabetes dibagi menjadi 3 golongan yaitu diabetes Tipe I, diabetes Tipe II, dan Gestational Diabetes Mellitus (GDM). Tanda dan gejala diabetes pada masing-masing individu biasanya berbeda, bahkan ada yang tidak menunjukkan tanda dan gejala sama sekali.


Tanda dan Gejala Penyakit Diabetes

Umumnya tanda dan gejala yang dirasakan yakni :

1.Sering buang air kecil (poliuria)
2. Sering merasa sangat haus (polidipsi)
3. Sering merasa terus lapar meskipun telah makan (poliphagia)
4. Kelelahan yang berlebihan
5. Pandangan yang kabur
6. Jika mengalami luka, lama sembuh
7. Kehilangan berat badan
8. Kurang minat atau konsentrasi
9. Sering merasa kesemutan atau mati rasa pada tangan dan kaki
10. Muntah dan sakit perut (sering keliru disamakan dengan flu)

Jika Anda sering mengalami minimal 3 atau 4 dari tanda dan gejala yang telah disebutkan, ada baiknya para sahabat IndoSister.com segera memeriksakan kesehatan Anda pada ahlinya. Deteksi dini diabetes lebih baik dalam hal perawatan dan pengobatannya. Juga untuk mencegah komplikasi lebih lanjut yang merugikan kesehatan Anda di masa depan.

Daftar Pustaka
Diabetesjournal.org

Penting ! Sebaiknya Baca Juga :

0 komentar


Thanks for Stopping by, Please Leave comment about article above ^_^