Visit My Popular Blog

Luka di Amandel Berbahaya Atau Tidak? Gejala & Pengobatan

Pesan Sponsor
IndoSister.com - Banyak orang bertanya apakah berbahaya jika ada luka pada amandel? Pada dasarnya, amandel yang terluka biasanya disebabkan oleh infeksi.

Amandel atau dalam bahasa kedokteran disebut tonsil merupakan dua kelenjar getah bening yang tempatnya berada tepat di belakang rongga mulut. Amandel ini memiliki fungsi yang vital dalam sistem kekebalan tubuh atau imunitas. Amandel menghasilkan sel-sel antibodi, yang mana berfungsi untuk menyaring bakteri dan virus yang akan masuk melalui rongga mulut dan hidung.

Apabila amandel mengalami luka, biasanya merupakan salah satu dari dangguan THT. Lantas bahaya atau tidak?


Gejala dan Pengobatan Sakit Amandel

Luka pada amandel biasanya ditunjukkan dengan adanya nanah yang muncul dan terjadi pembengkakan yang sering disebut dengan abses peritonsil. Pembengkakan tersebut disebabkan oleh penjalaran infeksi dari berbagai sumber. Akan tetapi, beberapa pakar medis ada yang mengatakan bahwa penyebab pasti dari pembengkakan amandel terjadi karena adanya kuman anaerob yang berasal dari gigi dan juga mulut.


Selain itu ada kasus di mana amandel muncul seperti bintik putih. Hal tersebut ternyata bisa juga disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya infeksi jamur, kotoran sisa makanan yang sering terperangkap di amandel, batu tonsil, infeksi kuman, virus, dan lain-lain.

- Jika memang luka yang dimaksud adalah seperti itu, maka bisa diatasi dengan berkumur menggunakan cairan antiseptik, menghindari makanan pedas, asam, asin, dan panas, serta perbanyak mengonsumsi sayur serta buah.

Gejala lainnya adalah saat orang yang menderita abses peritonsil kesulitan menggerakkan leher karena sakit. Dalam kasus yang lebih parah, muncul nanah pada amandel, nyeri pada telinga dan leher di bagian amandel.

Namun sebenarnya tidak ada obat khusus untuk mengobati ini. Pasalnya, di sebagian besar kasus pembengkakan amandel akan sembuh dalam waktu kurang lebih satu minggu. Obat-obat yang banyak beredar di masyarakat biasanya hanya akan ditujukan untuk meringankan gejala gejala di atas. Obat-obatan tersebut biasanya parasetamol sebagai pereda rasa sakit. Selain itu, istirahat cukup sangat disarankan untuk mengembalikan sistem kekebalan tubuh dan jangan lupa minum banyak cairan.

- Para penderita abses peritonsil bisa mulai mengonsumsi banyak air putih, makan makanan bergizi, menghindari makanan pedas, gorengan dan yang mengandung banyak minyak. Salah satu cara yang juga paling efektif adalah dengan berkumur menggunakan air garam dalam 3 sampai 4 jam sekali.

- Pada kasus abses peritonsil yang tergolong parah dan kerap kambuh, biasanya dokter mau tidak mau akan bertindak dengan operasi untuk mengangkat amandel untuk mengatasi hal tersebut. Jika tidak, maka akan mengarah pada gangguan ginjal. Namun tidak perlu khawatir, karena tidak semua penyakit pada amandel butuh operasi.


Pencegahan penyakit pada amandel bisa dilakukan dengan banyak hal.

1. Mengunyah bawang putih, karena bawang putih mengandung senyawa khusus untuk elawan pertumbuhan bakteri dan kuman amandel.
2. konsumsi probiotik, karena makanan atau minuman yang mengandung probiotek sangat penting mencegah amandel. Bisa mengonsumsi yogurt alami atau yogurt rumahan.
3. Jus lemon, karena mengandung vitamin C dan bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Menjaga kebersihan mulut dan gigi. Sikat gigi dan berkumur memakai cairan larutan yang ada kandungan nitratnya dapat membuat mulut dan gigi tetap sehat. Selain itu cara seperti ini juga mampu untuk menghilangkan kemungkinan bakteri dan kuman yang bersarang di mulut dan gigi.
5. konsumsi apel, karena apel mengandung senyawa asam ringan yang bisa menjadi pembersih mulut dan gigi. Selain itu, buah apel ternyata juga mengandung antioksidan yang bisa membuat tubuh lebih kuat terhadap serangan radikal bebas.
6. Jus wortel. Wortel itu punya senyawa aktif yang bagus sekali untuk menghilangkan bakteri dan kuman dalam tubuh. wortel bisa menjadi pembunuh bakteri dan virus pada amandel.

Demikian semoga tulisan ini dapat menambah wawasan para sahabat IndoSister.com semua dalam rangka menjaga kesehatan Amandel dan sekitar THT.

1 comment:

  1. This is the most interesting information and fit into our topic. bahaya penyakit amandel I want to share it with my friends Obat Amandel Herbal

    ReplyDelete


Thanks for Stopping by, Please Leave comment about article above ^_^