Visit My Popular Blog

STOP! Makan/Minum Terlalu Panas/Dingin, Ini Dampaknya

Pesan Sponsor
IndoSister.com - Mengkonsumsi makanan atau minuman panas ketika sedang berada di luar ruangan, terlebih ketika cuaca dingin, tentunya sangat menyenangkan bukan. Dengan mengkonsumsi makanan atau minuman panas tersebut maka dapat membuat tubuh juga menjadi hangat serta dapat menangkal hawa dingin yang menusuk tulang.

Hal tersebut juga sama ketika cuaca sedang panas panasnya, dengan mengkonsumsi makanan atau minuman dingin, seperti menyantap es krim, maka selain memang rasanya nikmat, suhu tubuh yang mulai menyesuaikan diri dengan temperatur sekitar akan ikut turun karena panas di bagian dalam sudah diredakan dengan makanan atau minuman dingin tersebut.

Namun tahukah Anda bahwa sangat disarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan atau minuman terlalu panas ataupun terlalu dingin. Bahkan, karena menurut banyak pakar medis, hal tersebut dapat membahayakan kesehatan.

yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Dampak buruk mengkonsumsi makanan atau minuman terlalu panas

A. Dampak buruk mengkonsumsi makanan atau minuman terlalu panas

1. Melukai lapisan terluar di dalam mulut atau kulit bibir
Temperatur panas yang ada dalam makanan dan minuman dapat menjadikan lapisan terluar di dalam mulut dan bagian kulit bibir akan rusak. Semakin sering Anda mengkonsumsi makanan atau minuman terlalu panas, maka Anda akan sering tiba-tiba merasakan rasa nyeri tanpa sebab di bagian dalam mulut dan bibir. Hal ini disebabkan luka tidak kentara di dua daerah tersebut.

2. Risiko kehilangan fungsi pengecap
Lidah adalah media pengecap bagi manusia. Ketika seringnya merasakan rasa panas dari makanan atau makanan yang dikonsumsi, maka dikhawatirkan akan merusak fungsi pengecap pada lidah secara permanen. Hal ini disebabkan lapisan terluar lidah akan melepuh dan rasa panas tersebut menerobos ke bagian dalam.

3. Menyebabkan abrasi gigi
Memang tidak secara langsung risiko abrasi gigi dapat didapatkan oleh seseorang yang mengkonsumsi makanan dan minuman panas, akan tetapi jika hal tersebut sering dilakukan, maka lapisan email pada gigi akan terkikis sehingga mengakibatkan abrasi. Efek samping ketika abrasi gigi sudah terjadi adalah gigi menjadi sensitive.

4. Menyebabkan radang tenggorokan
Tentu saja, ketika ada makanan atau minuman yang dikonsumsi, sebelum masuk ke dalam tubuh, maka akan melewati tenggorokan terlebih dahulu. Namun, karena makanan atau minuman tersebut masih sangat panas ketika dikonsumsi maka hal tersebut dapat menyebabkan tenggorokan meradang karena ada bagian yang melepuh.

5. Mengakibatkan kembung
Ada kalanya ketika setelah mengkonsumsi makanan panas dan pedas, Anda langsung meminum air es atau minuman dingin dengan tujuan menetralisirnya. Akan tetapi hal itu justru salah karena suhu makanan atau minuman yang terlalu panas dapat membuat asam dalam perut naik dan mengakibatkan masalah pada bagian lambung, yang akhirnya perut terasa kembung.


Dampak buruk mengkonsumsi makanan atau minuman terlalu dingin

B. Dampak buruk mengkonsumsi makanan atau minuman terlalu dingin

1. Membuat jaringan gigi terganggu
Makanan atau minuman yang terlalu dingin dan nekat dikonsumsi dapat membuat saraf dan jaringan lunak pada bagian gigi menjadi terganggu. Jika sudah terganggu, maka akar daru gigi pun dapat melemah. Bahkan, efek perubahan suhu yang hangat menjadi terlalu dingin tersebut dapat membuat dentin atau lapisan dalam gigi yang berhubungan dengan ujung syaraf menjadi terganggu.

2. Mengakibatkan korosi dan keretakan pada gigi
Makanan atau minuman yang terlalu dingin selain dapat mengganggu jaringan serta saraf, juga dapat membuat email gigi mengalami kerusakan. Ketika emailnya mengalami kerusakan, maka korosi dan keretakan gigi juga tidak dapat dihindari. Korosi dan keretakan ini dapat membuat gigi mudah patah dan keropos.


Dan … yang lebih perlu diingatkan lagi adalah bahwa Para sahabat IndoSister.com supaya menghindari kombinasi makanan / minuman panas dan dingin dalam jarak waktu yang berdekatan, contohnya saja sehabis makan bakso yang memiliki kuah panas lalu meminum minuman dingin.

0 komentar


Thanks for Stopping by, Please Leave comment about article above ^_^