Visit My Popular Blog

Cara Meredakan Sakit Gigi dengan Air Garam – Manjurkah ?

Pesan Sponsor
IndoSister.com - Sakit gigi adalah hal yang paling menyakitkan. Sampai ada pepatah yang mengatakan “lebih baik sakit hati daripada sakit gigi”. Bagaimana tidak?

Ketika Anda sakit gigi Anda akan kesulitan untuk makan, bicara, beraktivitas akan terasa tidak nyaman, mendengar orang lain bercengkerama membuat Anda tidak nyaman, bahkan tidur pun terasa sulit. Sakit gigi yang bisa menjalar ke telinga ataupun kepala Anda akan sangat mengganggu aktivitas Anda.

Telah Anda ketahui bahwa penyebab sakit gigi adalah gigi berlubang. Awalnya sakit pada gigi berlubang masih terasa seperti linu tapi lama kelamaan, seiring dengan bertambah besarnya lubang pada gigi, sakit gigi yang Anda rasakan makin hebat.

Berbagai macam upaya akan Anda coba untuk meredakan sakit gigi yang tak tertahankan tersebut. Dimulai dari mengkonsumsi obat ataupun dengan cara tradisional.


Cara Meredakan Sakit Gigi dengan Garam Dapur
             
Salah satu cara dalam mengatasi sakit gigi dengan cara tradisional dan mudah dipraktekkan adalah dengan berkumur menggunakan air garam. Cara ini sebenarnya telah ada sekitar 5000 tahun yang lalu yang dipraktekkan oleh bangsa Yunani dan bangsa Mandarin.

Caranya …
- Garam makan dicampurkan dengan air hangat dengan perbandingan 1 sendok makan garam (24gr) dicampurkan dengan setengah gelas air hangat atau sekitar 100 ml diaduk hingga tercampur.

- Kemudian kumur air garam berulang-ulang selama 5 menit dan pada saat kumur tahan air garam di dalam mulut kurang lebih selama 1 menit dan tunggu hasilnya selama ±10 menit.


Bagaimana Proses Kerja Garam dapat Membantu Menyembuhkan Sakit Gigi ?

a. Garam adalah senyawa ionik yang terdiri dari ion bermuatan negatif (anion) dan ion bermuatan positif (kation) sehingga menghasilkan produk elektrik yang netral. Namun sangat mudah larut dalam air.

b. Garam terdiri dari 60,663% unsur chlorine (Cl) dan 39,337% natrium (Na). Menurut penelitian oleh Wahyudi tahun 2008, garam mengandung antibakteri yang mampu mengurangi bakteri di dalam gigi dan iodium yang terkandung pada garam dapat mengurangi rasa nyeri pada gigi.

c. Menurut Takada dan Fukushima dalam penelitiannya yang berjudul “Effect of certain salt on streptococcus mutans” air garam mempunyai dua pengaruh terhadap kelangsungan hidup bakteri. Pada konsentrasi rendah garam meningkatkan pertumbuhan bakteri.  Tetapi garam dalam bentuk murni atau dengan konsentrasi tinggi dapat bersifat toksik karena unsur klorida yang terdapat di dalamnya termasuk golongan halogen yaitu oksidator yang kuat yang mampu menghambat atau mematikan bakteri.

- Meskipun garam terbukti efektif dalam mengurangi sakit pada gigi, namun untuk menghindari infeksi yang lebih lanjut pada gigi yang berlubang, baiknya setelah sakit gigi mereda … silakan para sahabat IndoSister.com langsung memeriksakan diri ke dokter untuk dilakukan perawatan selanjutnya seperti ditambal atau dicabut. Karena jika penyebabnya tidak dihilangkan rasa sakit akan muncul lagi setiap saat.
(Ayuri)

Daftar Pustaka
Journal from Takada and Fukushima.
Effect of certain salt on streptococus mutans bacteria

0 komentar


Thanks for Stopping by, Please Leave comment about article above ^_^