Visit My Popular Blog

Cara Menyikat Gigi yang Tepat – yang Belum Anda Ketahui

Pesan Sponsor
IndoSister.com - Dalam sehari, berapa kali Anda menyikat gigi? Sudah tepatkah cara Anda menyikat gigi? Setelah kemarin telah kita bahas penyebab gigi berlubang dan cara pencegahannya, ada baiknya Anda juga perlu mengetahui cara menyikat gigi yang tepat.

Telah kita bahas sebelumnya bahwa penyebab gigi berlubang salah satunya adalah faktor mikroorganisme sehingga terdapat aktivitas bakteri karena sisa makanan yang tidak dibersihkan dengan baik. Sisa makanan atau plak menjadi sumber metabolisme bakteri yang bisa membuat struktur gigi menjadi rusak.

Cara mencegah gigi berlubang salah satunya adalah dengan menyikat gigi secara rutin dua kali dalam sehari. Pada saat pagi hari setelah makan dan malam hari sebelum tidur. Nah, bagaimana cara menyikat gigi yang tepat?

4 langkah sederhana yang bisa Anda lakukan saat menyikat gigi untuk menghasilkan gigi yang bersih.

Cara Menyikat Gigi yang Tepat – yang Belum Anda Ketahui

1. Sikat gigi di daerah yang sulit dijangkau terlebih dahulu
Biasanya Anda akan menyikat area gigi depan terlebih dahulu karena mudah dijangkau.  Sehingga mengakibatkan waktu dan tenaga Anda terbuang, sehingga Anda tidak menyikat gigi di daerah gigi bagian belakang dengan maksimal.

- Sebaiknya sikatlah gigi bagian belakang terlebih dahulu jadi Anda bisa memaksimalkan kebersihan gigi di daerah tersebut. Cara menyikatnya dengan metode gerakan ke atas dan ke bawah
  
- Gunakan sikat gigi dengan ujung kepala yang kecil atau sesuai dengan ukuran mulut Anda sehingga kepala sikat gigi dapat menjangkau daerah bagian belakang gigi Anda.

2. Periksa kembali kebersihan gigi Anda
Khususnya anak-anak, ingatkan kembali untuk memeriksa lagi kebersihan gigi mereka dikarenakan anak-anak masih belum mampu menyikat gigi dengan baik.

- Untuk Anda jika bisa gunakan discloting solution (pewarna gigi) untuk melihat apakah masih ada plak yang belum dibersihkan atau tidak. Dengan menggunakan discloting solution Anda bisa memaksimalkan kebersihan gigi Anda karena tidak ada plak atau sisa makanan yang tertinggal.

3. Gunakan benang gigi sekali sehari
Terkadang terdapat sisa makanan yang terdapat di sela-sela gigi yang tidak dapat terangkat hanya dengan menggunakan sikat gigi. Maka gunakanlah benang gigi untuk mengangkat sisa makanan yang terselip di sela-sela gigi Anda.

cara mengGunakan benang gigi

- Hindari menggunakan tusuk gigi karena tusuk gigi hanya akan membuat sisa makanan tersebut masuk ke dalam gusi dan mengakibatkan karang gigi karena sisa makanan yang menumpuk tadi.
  
4. Hubungi dokter gigi Anda secara periodik
Jangan lupa untuk rutin memeriksakan gigi Anda ke dokter gigi tiap 6 bulan sekali, agar gigi dan mulut Anda terawat dengan baik.  Dan bila ada yang tidak beres, maka dapat segera di lakukan tindakan sejak dini sehingga lebih mudah.

Demikian 4 Tips perawatan gigi yang perlu dilakukan … semoga dapat menambah wawasan para sahabat IndoSister.com semuanya.
(Ayuri)

Daftar Pustaka
Carranza’s Clinical Periodontology ed 11th 2011

0 komentar


Thanks for Stopping by, Please Leave comment about article above ^_^