Visit My Popular Blog

Cara Mengenalkan Anak pada Kesehatan Gigi sejak Balita

Pesan Sponsor
IndoSister.com – Pentingnya Mengenalkan Si Kecil mengenai Kesehatan Gigi dan Mulut.

Kesehatan gigi dan mulut masih sangat kurang diperhatikan oleh masyarakat kita. Kebanyakan masyarakat ke dokter gigi jika telah mengalami keluhan terhadap giginya misalnya sakit gigi, gusi bengkak dan berdarah atau bernanah, bahkan telah terdapat keganasan atau tumor pada giginya.

Hal ini dikarenakan masyarakat kita masih berpegang teguh pada adat dan budaya misalnya kalau sakit gigi diobati dengan cara berkumur dengan air garam atau menggunakan bawang putih yang diletakkan pada daerah gigi yang berlubang.

Namun belakangan ini, karena semakin canggihnya teknologi yang berkembang masyarakat mulai mengenal apa itu kesehatan gigi dan mulut dan seberapa pentingnya merawat kesehatan gigi dan mulut. Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali bukan?

Kebiasaan baik jika ditanamkan sejak dini akan sangat berpengaruh ke depannya terlebih untuk buah hati Anda.


Bagaimana caranya agar anak Anda mulai tertarik untuk merawat kebersihan gigi dan mulutnya sendiri.

1. Kenalkan dengan sikat gigi sejak dini
Langkah awal yang bisa Anda lakukan adalah mengajarkan anak Anda sikat gigi. Baiknya ketika gigi buah hati Anda mulai tumbuh pada usia sekitar 8 bulan atau 1 tahun, Anda bisa membelikan sikat gigi bayi (finger brush) tanpa dikombinasikan dengan pasta gigi yang bisa membersihkan sisa-sisa susu atau makanan yang dikonsumsi.

Cara Mengenalkan Anak pada Kesehatan Gigi  sejak Balita

Ketika Si Kecil masuk usia 3 tahun dimana kondisi giginya telah lengkap maka Anda bisa mengganti finger brush dengan sikat gigi untuk balita dengan ditambahkan pasta gigi yang mengandung fluoride dengan beragam varian rasa yang disukai anak Anda sehingga mereka tertarik untuk membersihkan gigi.


Ajak Si Kecil untuk menyikat giginya 2 kali sehari pada pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur agar mereka terbiasa. Anda pun bisa memutarkan musik yang disukai anak Anda sehingga Si Kecil senang dengan kegiatan sikat giginya.

2. Hindari memberikan makanan manis
Hindari permen, coklat atau makanan yang manis. Namun jika Si Kecil gemar makanan manis, buat perjanjian setiap kali sehabis makan makanan manis diwajibkan untuk segera menyikat gigi.

3. Konsumsi buah-buahan
Kenalkan Si Kecil dengan buah-buahan atau sayur-sayuran sejak dini. Selain baik untuk pertumbuhan dan perkembangannya, buah dan sayuran baik untuk mengurangi asupan makanan manis untuk buah hati Anda. Sehingga mengurangi resiko gigi berlubang dan penyakit gigi lainnya.

4. Rutin ke dokter gigi
Ajak Si Kecil sejak dini untuk rutin memeriksakan giginya ke dokter gigi tiap 6 bulan sekali agar Si Kecil menjadi lebih familiar dan lebih mengenal tentang kesehatan gigi dan mulutnya.

Dengan kebiasaan baik yang para sahabat IndoSister.com tanamkan sejak dini, diharapkan kesehatan gigi dan mulut Si Kecil selalu terawat dan terjaga dengan baik kedepannya.
(Ayuri)

Daftar Pustaka
McDonald and Aver. Dentistry for the child and adolescent. 2010.

1 comment:

  1. Merawat gigi anak-anak memang memerlukan ketelatenan dari orangtua, banyak anak-anak yang walaupun sudah dilatih membersigkan gigi sejak dini namun tetap susah untuk membiasakan membersihkan gigi.

    ReplyDelete


Thanks for Stopping by, Please Leave comment about article above ^_^