Visit My Popular Blog

4 Penyebab Mengapa Gusi Sering Berdarah & Cara Mengatasinya

Pesan Sponsor
IndoSister.com - Ketika Anda menyikat gigi terkadang Anda mendapatkan warna merah yang bercampur dengan busa pasta gigi. Atau ketika Anda sedang tidak melakukan apa-apa lalu tiba-tiba merasakan rasa asin dan amis seperti darah. Ya. Gusi Anda sedang berdarah. Kenapa bisa terjadi hal tesebut? Berikut penjelasannya ...
  
Kenapa gusi bisa tiba-tiba mengalami perdarahan? 
Gusi merupakan jaringan lunak yang mendukung gigi. Gusi bisa mengalami peradangan yang ditandai dengan berdarahnya gusi ketika menyikat gigi atau terkena benda tajam atau tumpul seperti makanan, sikat gigi ataupun lidah Anda sendiri.
(Sikat gigi lembut - mengurangi resiko melukai gusi)

Peradangan atau inflamasi pada gusi berbeda dengan bagian tubuh lainnya.
Ketika bagian tubuh lainnya contohnya jari jika terjepit maka akan mengalami peradangan dengan tanda-tanda memerah atau biru, sakit, panas atau bahkan kebal terhadap sentuhan. Berbeda dengan gusi saat mengalami radang, tak akan terasa sakit, panas, ataupun memerah. Sehingga kebanyakan orang tidak mengetahui kalau gusinya bermasalah atau tidak sehat.

“Memang kenapa kalau gusi saya tidak sehat atau bermasalah”?
Mungkin akan timbul pertanyaan seperti itu. Jawabannya adalah Anda akan mengalami gusi berdarah, bau mulut, pembengkakan gusi, bahkan sampai mengalami kegoyangan gigi.

4 Penyebab Mengapa Gusi Sering Berdarah & Cara Mengatasinya

Beberapa Penyebab Gusi Berdarah antara lain adalah:

1. Bakteri
Bakteri menjadi penyebab utama gusi berdarah karena iritasi dari metabolisme bakteri. Keadaan mulut yang kotor atau tidak bersih bisa menjadi faktor utama gusi berdarah, terlebih lagi jika terdapat karang gigi. Karang gigi menjadi tempat menumpuknya bakteri. Sehingga karang gigi harus dibersihkan untuk menghindari gusi berdarah.

2. Keadaan gigi yang tidak beraturan
Keadaan gigi yang tidak beraturan menyebabkan sulitnya gigi dibersihkan. Sisa makanan yang menumpuk menjadi penyebab meningkatnya bakteri yang menyebabkan iritasi.

3. Hormonal
Perubahan hormonal pada tubuh utamanya pada wanita sangat berpengaruh pada kondisi gusi.

4. Keadaan sistemik tubuh
Selain karena faktor bakteri, gusi berdarah juga bisa disebabkan karena keadaan sistemik tubuh. Misalnya kekurangan vitamin C, vitamin B, vitamin K, adanya penyakit diabetes, dan asupan obat-obatan.

Setelah mengetahui penyebab gusi berdarah, lalu bagaimana cara mengatasinya?

Para sahabat IndoSister.com bisa melakukan beberapa hal berikut untuk mengobati ataupun mencegah gusi berdarah :

1. Rutin ke dokter gigi 6 bulan sekali
Karena karang gigi menjadi faktor utama gusi berdarah, maka disarankan untuk Anda membersihkan karang gigi. Lebih baik untuk rutin memeriksakan gigi ke dokter gigi 6 bulan sekali.

2. Jenis sikat gigi
Ganti jenis gigi Anda dengan bulu sikat yang lebih lembut. Bulu sikat yang kasar akan mengakibatkan trauma yang berlebihan pada gusi.(Gambar 2)
(Ayuri)

Daftar Pustaka
Carranza’s Clinical Peridontology 2010.

0 komentar


Thanks for Stopping by, Please Leave comment about article above ^_^