Visit My Popular Blog

3 Solusi Atasi Bau Mulut dengan Mengetahui 3 Penyebabnya

Pesan Sponsor
IndoSister.com - Anda pasti akan mengalami hal yang tidak nyaman ketika sedang bercengkerama dengan sahabat, keluarga atau rekan kerja tetapi masalah bau mulut menghantui Anda. Padahal Anda merasa telah membersihkan gigi dan mulut Anda dengan baik dan bersih.

Kira-kira hal apa saja yang membuat Anda terus mengalami masalah bau mulut yang tidak menyenangkan ini ? Dan bagaimana solusinya ? Berikut ulasannya …

Bau mulut merupakan masalah yang dapat terjadi pada semua tingkat usia. Pada kebanyakan orang bau mulut dapat hilang dengan hanya menyikat gigi namun beberapa jam kemudian bau mulut akan datang lagi. Hal ini tentu dapat mengganggu orang lain dan berdampak kurang baik pada kehidupan sosial Anda.

3 Solusi Atasi Bau Mulut dengan Mengetahui 3 Penyebabnya

Penyebab Umum dari Bau Mulut
adalah dikarenakan adanya gangguan gusi, kebersihan mulut yang buruk, pilihan gaya hidup yang tidak sehat, makanan pedas atau kondisi medis lainnya.

1. Penyakit gusi
Masalah pada gusi seperti gingivitis, adanya gigi berlubang atau kurang tepatnya Anda dalam membersihkan gigi dan mulut bisa menjadi salah satu penyebab bau mulut.

2. Pilihan gaya hidup
-Diet
  Jenis makanan seperti bawang putih, bawang merah, ikan dan jenis makanan dengan bau yang cukup tajam dapat meninggalkan partikel di lidah Anda yang dapat memicu terjadinya bau mulut.

-Merokok
  Rokok menyebabkan stain pada gigi dan meninggalkan bau yang agak tajam. Rokok juga merusak gusi dan memperparah gigi berlubang.

3. Kondisi medis
Beberapa penyakit seperti penyakit lambung, diabetes, penyakit ginjal, penyakit paru-paru, atau penyakit pada hidung dan infeksi pada tonsil bisa menyebabkan bau mulut.


Berikut beberapa cara untuk menghindari bau mulut yang terjadi.

1. Sikat gigi yang tepat
Dengan menyikat gigi 2 kali sehari pada waktu pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur dapat menghindarkan Anda dari gigi berlubang dan adanya karang gigi. Dengan begitu Anda akan terhindar dari bau mulut. Jangan lupa juga untuk membersihkan lidah untuk mengangkat sisa-sisa makanan yang menempel pada lidah.

# Silakan baca artikel kami sebelumnya …
Cara Menyikat gigi yang TEPAT

2. Pola diet yang sehat
Kurangi makanan yang berbau tajam dan hindari konsumsi rokok serta alkohol.

3. Berobat secara teratur
Untuk Anda yang memiliki penyakit sistemik, periksakan kesehatan Anda secara berkala pada dokter pribadi Anda. Jangan lupa juga untuk mengunjungi dokter gigi tiap 6 bulan sekali untuk mengecek kondisi kesehatan gigi dan mulut Anda.

Jika Gigi dan mulut para sahabat IndoSister.com sehat ditunjang kesehatan tubuh yang baik pula, maka tentu lebih terhindar dari bau  mulut yang sering mengganggu.
(Ayuri)

Daftar Pustaka
Carranza. Clinical of Periodontology. 2010.

0 komentar


Thanks for Stopping by, Please Leave comment about article above ^_^