Visit My Popular Blog

11 Alasan Sehat untuk Tidak Begadang – Sesuai Hasil Riset

Pesan Sponsor
IndoSister.com - Haruskah tidak begadang? Mengapa begadang itu tidak baik ?
Setiap dengar kata begadang pasti langsung terbayang lagunya Rhoma Irama “Begadang jangan begadang, kalau tiada artinya…”. Kita yang suka begadang sih pasti gak peduli lirik dari lagu itu. Zaman sekarang kalau ga bela belain begadang pasti banyak urusan yang gak selesai. Aktivitas seharian rasanya gak ada abisnya. Tugas yang bejibun paling sering dijadikan alasan untuk begadang.

Sebenarnya nasihat bang Rhoma lewat lagunya harus diikutin apa tidak ?
Yakin masih mau begadang sesudah baca alasan-alasan dan resiko di bawah ini ?

Berikut 11 Alasan dan Resiko Kesehatan untuk Tidak begadang, diantaranya :

11 Alasan Sehat untuk Tidak Begadang – Sesuai Hasil Riset

1. Kelelahan hingga imunitas menurun
Tuhan menciptakan tubuh kita dengan sebaik mungkin. Tugas kita adalah merawatnya agar tetap dalam kondisi baik. Membiarkan tubuh bekerja nonstop selama seharian penuh bukanlah cara kita bertanggung jawab pada tubuh kita.

Setiap organ dari tubuh harus mendapat perhatian penuh. Organ yang ada pasti mengeluh saat merasa dirinya sudah terlalu lama dipakai. Saat itu terjadi, sebaiknya beristirahatlah. Kelelahan dapat membuat tubuh lebih rentan terhadap penyakit, terutama penyakit yang bersumber dari virus.

2. Insomnia
Sesuatu yang sudah menjadi kebiasaan pasti sangat sulit untuk dilepaskan. Mengubah kebiasaan bukanlah hal yang mudah. Jika Para sobat udah terbiasa begadang, yakin deh pasti pada susah buat tidur di jam yang seharusnya. Kenapa bisa begitu? Soalnya tubuh akan mengalami kesulitan untuk menyesuaikan dengan hal baru. Susah adaptasi.
Yaaa, kaya Para sobat yang baru move on gitu, pasti susah kan lupa mantan?

3. Hipertensi
Kalau Para sobat habis begadang, terus jadi sensi-an dan ada temen yang bilang, “Buset, naik darah, lo?” Jangan langsung balik marah ya sobat. Omongan teman kamu itu mungkin ada benarnya.

Ilmuwan dari Henry Ford Hospital, Detroit pernah melakukan riset yang hasilnya menyatakan orang orang dengan gejala insomnia mempunyai kemungkinan hipertensi alias tekanan darah tinggi.

4. Lebih Mudah Terserang Diabetes
Setiap sel dalam tubuh kita memerlukan nutrisi, salah satunya gula. Saat begadang proses metabolisme gula dalam tubuh tidak terjadi sebagaimana mestinya. Nah, hal itu yang bikin risiko diabetes muncul.
Ternyata, diabetes gak cuma dari yang manis aja, ya.


5. Obesitas
Tahu obesitas kan Para sobat? Pasti ga mau kan kalo sampe obesitas, terutama untuk para sobat yang nantinya gak bisa tampil maksimal kalo udah obesitas. Kalo gitu, jauhi yang namanya begadang. Begadang akan membuat metabolisme tubuh terjadi lambat menurut ilmuwan dari Brigham and Women Hospital di Boston.

Selain itu, penelitian di Tulane University School of Medicine, Dr Vivian Fonseca bilang kalo obesitas terjadi karena terjadinya penurunan hormon.

6. Risiko Stroke
Selain hipertensi dan diabetes, stroke juga salah satu penyakit yang bisa menyerang Para sobat yang rajin begadang. Risiko ini diketahui dari penelitian yang dilakukan oleh Warwick Medical School yang menyatakan tidur kurang dari 6 jam per hari dapat meningkatkan risiko serangan stroke yang dapat mengakibatkan kematian sebanyak lima belas persen.

Penelitian tersebut dipublikasikan dalam European Heart Journal.

7. Risiko Kanker
Sederetan penyakit mulai dari hipertensi, diabetes, dan stroke ternyata belum cukup untuk melengkapi dampak buruk begadang.

Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health telah melakukan penelitian dan hasilnya ialah penggemar olahraga yang tidur 7 jam atau lebih sedikit per malam memiliki kesempatan mengidap kanker 50% lebih besar daripada mereka yang rutin melakukan senam dan memiliki kualitas tidur yang baik.
Banyak ya ternyata dampak begadang. Psst, masih ada lagi, loh!

8. Alzheimer
Alzheimer merupakan penyakit lupa ingatan yang dapat bersifat permanen atau sementara. Penyakit ini tidak menular dan biasanya menyerang usia lanjut.

Dr Yo-El Ju, profesor Neurology Washington University, menyatakan kurang tidur dapat meningkatkan risiko plak yang disebabkan oleh adanya penumpukan protein di otak. Hal tersebut disinyalir dapat menyebabkan kerusakan sel otak, yang memungkingkan terjadinya alzheimer.

9. Masalah pada Kulit
Tau istilah mata panda? Itu loh lingkaran hitam yang ada di bawah mata kalo Para sobat abis begadang. Penampilan rasanya langsung menurun drastis akibat adanya si lengkung hitam itu. Selain mata panda, kulit juga terlihat pucat setelah begadang.

Para sobat perlu tahu, begadang membuat tubuh mengeluarkan hormon stress lebih banyak. Hormon tersebut dalam jumlah berlebihan dapat memecah kolagen kulit.
Begadang bikin dijauhin doi, duh gak mau, kan?

10. Anemia
Kita lihat kembali yuk lagu Rhoma Irama. “Kalau terlalu banyak begadang, muka pucat karena darah berkurang....”
Ya, tepat sekali penggalan lagu tersebut, Saat membiarkan diri begadang, metabolisme yang terjadi di dalam tubuh tidak seimbang, sehingga produksi sel darah merah menjadi terganggu.

11. Penyakit Jantung
Di atas telah disebutkan kalo begadang bisa bikin hipertensi. Penyakit jantung bisa disebabkan dari penyakit hipertensi. Tapi, bukan karena hipertensi saja, sering terkena angin malam memungkinkan terjadinya serangan jantung. Angin malam tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Hindari aja angin malam biar ga terkena penyakit mematikan ini.
Sesuai lagi tuh sama lagunya bang Rhoma, “Kalau sering kena angin malam, segala penyakit akan mudah datang….”

So … buat para sahabat IndoSister.com semua, karena lebih banyak kerugian daripada keuntungannya … Ikuti deh nasihat bang Rhoma Irama, tak usah begadang lagi ya, jika tiada artinya :)
(MHF)

0 komentar


Thanks for Stopping by, Please Leave comment about article above ^_^