Visit My Popular Blog

10 Tips Memperlancar ASI – Bayi Tumbuh Kembang Optimal

Pesan Sponsor
IndoSister.com - ASI merupakan nutrisi yang sangat penting untuk buah hati kita untuk menjaga kekebalan tubuh dan juga tumbuh kembangnya. WHO dan juga Departemen Kesehatan Indonesia menghimbau untuk memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan pertama tanpa tambahan makanan lainnya. 

Data dari Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) pada tahun 2010 dinyatakan bahwa prosentase bayi yang mendapatkan ASI eksklusif hanya sebesar 15,3%. Mencengangkan bukan ? sedikit sekali !.

Ada banyak penyebab prosentase ASI eksklusif yang kecil itu. Beberapa diantaranya adalah karena ketidak mauan ibu untuk menyusui bayinya dan takut ASI tidak cukup sehingga memberikan tambahan makanan lainnya.

10 Tips Memperlancar ASI – Bayi Tumbuh Kembang Optimal

Penyebab ASI sulit keluar
adalah karena asupan gizi ibu menyusui yang kurang, kesehatan ibu sedang menurun, ibu merasa tidak nyaman dan cemas sehingga mempengaruhi sistem hormonal dalam produksi ASI. Selain itu, stress dan kecapekan juga dapat menurunkan produksi ASI ibu.

Tips untuk memperlancar ASI
agar tumbuh kembang bayi menjadi optimal, antara lain adalah:

1. Menyusui sesering mungkin.
Produksi ASI akan menjadi lebih banyak apabila sering dirangsang. Ibu dapat meningkatkan frekuensi menyusui dengan cara memerah atau memompa ASI.

2. Pastikan payudara ibu kosong dengan cara menyusui bayi selama mungkin.
3. Menyusui bayi secara bergantian antara payudara kanan dan kiri agar bayi tidak bosan. Selain itu juga dapat mengalirkan ASI secara lebih lancar dan ASI akan diproduksi kembali.

4. Melakukan pijat payudara untuk memperlancar produksi ASI dan mengurangi bendungan payudara serta mastitis.
  
5. Memompa ASI untuk mengosongkan payudara. Untuk ibu yang bekerja sebaiknya memompa ASI sebelum berangkat bekerja dan beberapa jam sekali pada waktu bekerja pada kedua payudara.

6. Menciptakan kontak kulit dengan bayi dan membelai serta mengajaknya berkomunikasi sehingga akan merangsang pengeluaran hormon oksitosin untuk membantu meningkatkan ASI.

7. Menciptakan suasana yang nyaman dan tenang sehingga ibu menjadi rileks dan produksi ASI banyak.
8. Menghindari penggunaan dot agar bayi tidak bingung puting dan masih mau menyususecara langsungke ibu.

9. Minum air putih yang banyak dan mengurangi konsumsi kafein.
10. Istirahat yang cukup.
11. Mencukupi kebutuhan gizi ibu menyusui.

Dengan melakukan beberapa tips di atas, maka para Sahabat IndoSister.com yang sedang menyusui akan dapat memproduksi ASI secara optimal sehingga nutrisi buah hati untuk pertumbuhan dan perkembangannya dapat terpenuhi. Selain itu, ibu juga akan menjadi lebih dekat dengan buah hatinya.
(Meilina)

Baca Juga, Artikel Berhubungan …

0 komentar


Thanks for Stopping by, Please Leave comment about article above ^_^