Visit My Popular Blog

Toilet Jongkok atau Toilet Duduk - Mana yang Lebih Baik ?

Pesan Sponsor
Toilet merupakan sahabat kita setiap pagi. Kita pasti kangen untuk menuju tempat tersebut setiap pagi. Namun sebenarnya pertanyaan ini di atas memang terkesan sepele, tapi di balik itu memiliki efek yang cukup besar bagi kesehatan.

Untuk berbicara mengenai pilihan tersebut, kita akan membedah satu satu tentang resiko kesehatan dari penggunaan toilet duduk dan toilet jongkok. Karena disini IndoSister.com ingin sharing kepada kalian semua tentang hal yang sepele, tapi merupakan sumber beragam penyakit  tanpa kita sadari baik yang terjadi saat ini maupun di kemudian hari.

Gambar Postur Tubuh saat BAB :
Kiri Toilet Duduk - Kanan Toilet Jongkok

Menurut Dr. dr. H. Ari Fahrial Syam, Sp.PD, K-GEH, FINASIM, MMB, FACP menjelaskan bahwa terdapat 2 faktor resiko yang dapat membahayakan kesehatan dari adanya penggunaan toilet jongkok dan toilet duduk. Hal tersebut diantaranya adalah :

a) Higenis / Kebersihannya
Dilihat dari segi higenis, toilet duduk merupakan yang paling beresiko. Hal ini dikarenakan kulit kita akan mengalami kontak langsung dengan permukaan. Apalagi jika toliet duduk ini dipakai sebagai toilet umum. Sehingga apabila ada seorang sebelumnya yang telah memakai toliet tersebut mengidap penyakit jamur, maka kita yang memakai selanjutnya akan tertular. Sedangkan toilet jongkok lebih minim resiko karena kulit tidak bersentuhan langsung dengan toilet.

b) Anatomi dan Organ Tubuh Manusia
Pada dasarnya usus kita paling bawah yang disebut dengan poros usus memiliki bentuk yang agak sedikit membelok. Apabila kita dalam posisi jongkok, maka usus yang berbentuk belok itu akan lurus, sehingga akan berdampak dapat mempermudah keluarnya kotoran. Selain itu, pada bagian tersebut terdapat otot panggul dan apabila kita dalam posisi jongkok, maka otot tersebut akan lemas dan kotoran tersebut keluar dengan lancar.

Apabila kita menggunakan toilet duduk yang notabenenya lebih tinggi dibandingkan dengan toilet jongkok akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengeluarkan kotoran. Sehingga akan menjadi permasalahan jika kita berlama-lama duduk di toilet yaitu akan menyebabkan penggunanya akan sulit BAB dan akan dapat menyebabkan ambeien.

Kesimpulan
Berdasarkan penjelasan kedua faktor di atas dapat disimpulkan bahwa toilet jongkok merupakan toilet yang baik digunakan untuk kesehatan usus kita dalam hal ini adalah supaya kita terhindar dari penyakit wasir atau ambien.

TIPS Sehat Menggunakan Toilet Duduk

TIPS Sehat Menggunakan Toilet Duduk
Namun apabila di rumah kita hanya terdapat toilet duduk, maka sahabat IndoSister.com bisa meletakkan alat bantu agar posisi usus kita akan lurus yaitu dengan memberikan kursi kecil di depan toilet duduk. Jadi di sini postur seolah olah dalam keadaan toilet jongkok, tapi kenyamanan tetap toilet duduk.
Citra AA

0 komentar


Thanks for Stopping by, Please Leave comment about article above ^_^