Visit My Popular Blog

4 Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil – Ibu Sehat Bayi Sehat

Pesan Sponsor
Seorang wanita yang baru saja menikah atau belum dianugerahi seorang anak pastilah sangat mendambakan momen untuk hamil. Proses kehamilan ini adalah suatu yang normal dan alami terjadi pada seorang wanita.

Tidak hanya bagi yang belum punya anak pertama, melainkan saat anak kedua dan berikutnya ... Sahabat IndoSister.com dapat menjalani kehamilan yang normal dan melahirkan anak yang sehat apabila menjaga kesehatan sejak kehamilannya dengan baik.

Beberapa Tips Menjaga Kesehatan Untuk Ibu Hamil :

1. Konsultasi ke dokter kandungan atau bidan secara rutin
Menurut Manuaba (1998), dalam buku Sinopsis Obstetri Jilid I, pemeriksaan rutin dilakukan minimal 4 kali selama kehamilan dan lebih baik Sahabat semua melakukan konsultasi setiap bulan sekali pada trimester I dan trimester II kehamilan.

Sedangkan pada trimester III, sebaiknya ibu hamil periksa setiap 2 minggu sekali dan setiap 1 minggu sekali pada umur kehamilan di atas 36 minggu. Apabila ibu hamil mempunyai keluhan-keluhan atau riwayat kehamilan yang buruk, maka sebaiknya lebih sering untuk konsultasi ke bidan atau ke dokter kandungan.

Beberapa Tips Menjaga Kesehatan Untuk Ibu Hamil

2. Konsumsi makanan yang bergizi
Makanan yang bergizi sangat diperlukan untuk kesehatan ibu hamil dan tumbuh kembang janin yang ada di dalam kandungan. Asam folat sangat dibutuhkan pada trimester awal kehamilan untuk tumbuh kembang optimal janin Saudara agar bayi tidak lahir cacat. Makanan yang kaya dengan kandungan asam folat adalah pada sayuran hijau dan kacang-kacangan.

Selain asam folat, ibu hamil juga membutuhkan DHA untuk perkembangan otak janin agar bayinya nanti menjadi cerdas. DHA banyak dijumpai pada protein dan omega 3 yang terdapat pada ikan ikanan. Susu dan zat besi yang ada pada sayuran hijau dan hati juga dibutuhkan untuk menjaga kesehatan ibu hamil.

3. Istirahat yang cukup
Ibu hamil yang cukup istirahatnya maka akan lebih merasa segar dan janin yang dikandungnya juga terjaga kesehatannya. Sebaiknya ibu hamil menghindari aktivitas yang terlalu berat dan menghindari jalan tanjakan atau turunan terlalu sering serta menghindari mengangkat benda benda berat.

Apabila merasa pusing atau kelelahan, segeralah untuk beristirahat dengan posisi kaki jangan menggantung.

4. Olah Raga ringan
Walaupun ibu hamil tidak boleh terlalu banyak beraktivitas, tetapi tetap membutuhkan olah raga yang ringan. Olah raga ini berbeda dengan olah raga yang dilakukan oleh wanita yang tidak hamil.

Ibu hamil dapat melakukan senam hamil, yoga untuk ibu hamil dan juga jalan-jalan pada waktu pagi atau sore hari ketika udara masih bersih. Dengan berolah raga, maka ibu dan janin dapat terjaga kesehatannya.

So … Semoga Tips diatas berguna bagi para bunda sahabat IndoSister.com semuanya, khususnya bagi yang sedang hamil dalam  mempersiapkan datangmya anggota baru dalam keluarga.
Meilina

0 komentar


Thanks for Stopping by, Please Leave comment about article above ^_^