Visit My Popular Blog

Tips Mengatasi Nyeri Haid – 4 Faktor Penyebab & 4 Solusi

Pesan Sponsor
Setiap wanita secara normal akan mengalami menstruasi setiap bulannya. Hal ini adalah suatu yang normal atau fisiologis dan merupakan salah satu tanda yang dapat menggambarkan kesehatan reproduksi seorang wanita. Namun, tidak sedikit yang mengeluhkan merasa nyeri pada waktu haid. Nyeri tersebut ada yang ringan sampai berat.

Apabila sahabat IndoSister.com juga mengeluhkan nyeri pada waktu haid, maka jangan khawatir terlebih dahulu. Nyeri haid atau dalam bahasa medisnya disebut dengan dismenorea ini menurut buku Kapita Selekta Kedokteran FK UI terjadi pada waktu menjelang haid atau selama sedang haid.
Biasanya seorang wanita akan mengalami nyeri perut bawah yang terkadang diikuti dengan rasa mual, seperti mau pingsan, sakit kepala dan gampang marah. Beberapa wanita ada yang tidak dapat beraktivitas sehari-hari dan harus tidur untuk mengurangi nyerinya.

Tips Mengatasi Nyeri Haid – 4 Faktor Penyebab & 4 Solusi

Faktor-faktor yang dapat menyebabkan nyeri haid / menstruasi antara lain adalah :

1. Kejiwaan
Wanita yang emosinya tidak stabil lebih gampang merasakan nyeri haid daripada wanita yang lebih dapat mengontrol emosinya. Selain itu, apabila tidak mendapatkan penjelasan tentang haid dengan baik maka akan mengalami ketidaksiapan dalam menghadapi perubahan yang terjadi pada dirinya sehingga akan menjadi cemas dan berakibat timbulnya nyeri haid.

2. Konstitusi
Faktor ini masih berhubungan dengn faktor kejiwaan juga karena apabila seorang wanita kejiwaannya tidak stabil maka daya tahan tubuh terhadap rasa nyerinya akan turun. Yang termasuk contoh dari faktor konstitusi ini adalah anemia.

3. Obstruksi kanalis servikalis
Penyebab nyeri haid pada jaman dahulu dipercaya karena faktor ini, tetapi sekarang sudah tidak lagi. Penyebab nyeri haid dapat disebabkan karena polip endometrium atau mioma submukosum bertangkai karena akan menyebabkan otot-otot uterus lebih berkontrasi untuk mengeluarkan kelainan-kelainan.

4. Endokrin
Nyeri haid dapat disebabkan karena adanya peningkatan hormon prostaglandin yang menyebabkan kontraksi otot polos uterus.

Cara untuk mengatasi nyeri haid / Menstruasi, antara lain adalah :

1. Obat-obatan
Obat yang dapat digunakan untuk mengatasi nyeri haid antara lain adalah dengan mengkonsumsi analgesik, anti prostaglandin dan hormonal.

2. Rileksasi
Dengan melakukan rileksasi maka tubuh akan memproduksi hormon yang akan menekan rasa sakit sehingga nyeri haid akan berkurang.

3. Hipnoterapi
Cara ini adalah dengan mengubah pola pikir kita menjadi lebih positif sehingga nyeri haid dapat berkurang.


4. Alternatif
Alternatif lainnya yang dapat mengatasi nyeri haid adalah dengan melakukan kompres hangat, olah raga yang teratur, istirahat cukup, mengkonsumsi makanan tinggi kalsium, mengurangi konsumsi garam, memperbanyak minum air putih, sayur dan buah serta tidak merokok dan minum alkohol.

Demikian 4 Pencetus nyeri haid dan 4 solusinya, Semoga bermanfaat bagi para wanita sahabat IndoSister.com semua.

Meilina

0 komentar


Thanks for Stopping by, Please Leave comment about article above ^_^