Visit My Popular Blog

PROSES Terjadinya Orang Sehat Sampai Menjadi GILA

Pesan Sponsor
IndoSister.com - Topik kita kali ini sengaja membahas “ bagaimana terciptanya orang gila”. Hem, yah begitulah bahasanya, cukup unik bukan?
Kita sengaja memilih topik tersebut dikarenakan agar kalian terhindar dari gejala gejala yang menyebabkan orang jadi gila, dan kalian juga bisa mempelajari diagnose awal tanda tanda stress yang akhirnya menyebabkan otak kehilangan “kewarasan”.

Asal Muasal dan Gejala Stress

Pada umumnya manusia memiliki sifat holistic, yang artinya kita itu sebetulnya makhluk fisik, psikologis, dan sekaligus makhluk rohani dimana aspek-aspek tersebut berkolaborasi dan saling mempengaruhi.

- Sebagai makhluk yang memiliki fisik, tentunya seiring berjalannya waktu fisik kita akan melemah, berkaitan dengan gejala stress dilihat pada kondisi sel-sel otak, secara alamiah, ketika manusia ber-usia diatas 45 tahun, kondisi sel-sel otak mulai melemah, nah hal ini bisa menyebabkan manusia kehilangan kesadaran atau linglung.

- Sebagai makhluk psikologis artinya kita sebagai manusia memiliki kepribadian. Pada dasar nya terdapat empat jenis kepribadian manusia yaitu Sanguin (popular), Koleris (Kuat), Melankolis/Perfectsionis (Sempurna), dan Plegmatis (Cinta Damai). Jenis-jenis kepribadian inilah yang mempengaruhi pola pikir dan perilaku manusia.

depresi karena kerja

Lantas apa hubungan antara kepribadian dengan Gejala Stress ?

Pola perilaku dan pola pikir manusia ditentukan oleh kepribadian yang dimilikinya. Masing-masing manusia memiliki kepribadian yang berbeda. Didalam kehidupan manusia adalah makhluk social, dimana secara berkelompok mereka akan terlibat interaksi social, nah didalam interaksi social inilah sering kali terjadi benturan antara sesama manusia, yang disebabkan oleh pola perilaku dan pola pikir masing-masing manusia karena kepribadian mereka masing-masing.

Kemudian manusia sebagai makhuk rohani, hal ini karena manusia adalah ciptaan Tuhan dan berasal dari Tuhan, oleh karena itu masing-masing manusia pasti memiliki agama atau kepercayaan. Ada teori yang menyebutkan bahwa agama adalah panutan hidup, tetapi dalam kehidupan seringkali terjadi bentrok antara agama yang kita anut dengan realita kehidupan.

Contohnya saja, ketika Tuhan memberikan cobaan kesengsaraan atau kemiskinan, ketika tuhan tidak mendengarkan doa hambanya sedangkan ia sendiri mengalami kesusahan, disini terjadi konflik antara agama sebagai jalan hidup / panutan hidup dengan realita kehidupan.

Penyebab Stress
OTAK Sebagai Pusat Memori dan Pengendali Tubuh

Sebuah Pernyataan yang kami kutip dari The Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM-IV) …
menyebutkan bahwa Stress terjadi karena manusia mengalami keadaan jiwa yang tertekan atau gangguan depresi. Gangguan depresi ini apabila tidak segera diatasi maka akan menyebabkan kerusakan sel sel otak, ketika terjadi kerusakan pada sel-sel otak  maka Otak akan mengalami gangguan dan kinerja otak sebagai pusat memori dan pengendali tubuh akan berkurang.

Ketika seseorang mengalami depresi, maka dia akan mengalami insomnia, gangguan psikomotorik, berkurangnya kemampuan untuk berpikir dan berkonsentrasi. Pada tingkat depresi yang lebih parah, biasanya orang tersebut akan mengalami delusi, halusinasi, dan Social/occupational dysfunction.

Apabila orang yang mengalami gangguan depresi tidak segera di sembuhkan, maka besar kemungkinan orang tersebut akan sepenuhnya kehilangan fungsi Otak dan disorientasi jiwa yang biasa disebut sebagai “orang gila”.

PROSES Terjadinya Orang Sehat Sampai Menjadi GILA

Pemicu Gangguan Stress atau Depresi

Menurut dr. Andri, SpKJ (Psikiater, Anggota The Academy of Psychosomatic Medicine, Anggota Bidang Publikasi PP PDSKJI) penyebab gangguan orang stress dan akhirnya menjadi “Orang Gila” disebabkan oleh dua factor, Faktor Umum dan Faktor Genetik.

Faktor Umum :

1. Gangguan Otak
Gangguan otak bisa disebabkan karena kecelakaan atau benturan benda tumpul, atau bisa juga karena penyakit selaput radang otak (meningitis).

2. Penyalahgunaan Narkoba
Narkoba sebenarnya dimanfaatkan oleh dunia kedokteran sebagai obat penenang (biasanya untuk obat bius ketika operasi, atau untuk penyakit yang memang membutuhkan narkoba sebagai obatnya) namun penggunaan nya tidak sembarang harus ada Dokter spesialis yang memberikan anjuran tersebut.

Namun ketika narkoba mulai dikonsumsi secara berlebih, maka efeknya sangat buruk. Pertama bisa terkena overdosis, kedua bisa merusak organ-organ tubuh terutama otak dan hati.

3. Sering diejek (Bully)
Ketika seseorang terlalu sering dijadikan obyek ejekan (bully) maka bisa menyebabkan gangguan jiwa. Hal ini disebakan karena orang tersebut tidak tahan menerima ejekan, hingga akhirnya menutup diri dari interaksi social, kehilangan motivasi, dan lebih parah bisa menyebabkan bunuh diri

4. Kegagalan
Kegagalan bisa menjadi penyebab gangguan jiwa, bisa kegagalan karena cinta, kegagalan karir/bangkrut/miskin, atau juga bisa karena kegagalan menjadi pejabat. Kegagalan ini bisa menyebabkan kekecewaan berat pada dirinya, karena tidak bisa meraih apa yang sudah diidam-idamkan, atau karena harta-benda nya sudah terkuras habis untuk modal hingga akhirnya menjadi miskin dan bangkrut.

Faktor Genetik :
Factor genetic bisa disebabkan ketika pada masa kandungan terjadi gangguan janin. Hal ini bisa disebabkan karena virus atau juga bisa karena selama mengandung, sang ibu tidak mengkonsumsi nutrisi dan vitamin yang diperlukan bagi pertumbuhan janin. Bisa jadi selama mengandung, sang ibu banyak mengkonsumsi narkoba, minuman beralkohol, atau merokok.

Solusi Meredakan Stress  dan Gangguan Depresi

Menurut Yayasan Art of Living (AOL) cara meredakan stress ada beberapa cara diantaranya :

1. Selalu Bersyukur
Stress dan depresi timbul karena kekecewaan, kekecewaan timbul karena merasa selalu kurang dengan apa yang dimiliki.

2. Berdoa dan beribadah
Menurut berdoa dan beribadah adalah cara terbaik untuk menghilangkan stress dan depresi, karena ketika kita berdoa, kita “curhat” kepada sang khalik, kita mengeluarkan isi hati, dan kegundahan kita kepada sang pencipta. Dan ketika kita beribadah maka tuhan akan meringankan beban  dan menghapus dosa-dosa kita.

Itulah Proses Terbentuknya dari Mulai Orang masih sehat – Setress / Depresi – hingga menjadi OG (Orang Gila),
Semoga para sahabat IndoSister.com dan kita semua terlindung dari beratnya cobaan dan depresi yang dapat mengganggu kejiwaan kita.

Hidup ini sekali, mari kita lihat kesemuanya dengan cara berpikir positif.

3 comments:

  1. kalo saya setres gara2 adsense ketolak terus.. apa ya yang salah..? :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ma'aruf... Awas jadi gila bener lho mas...hiks... :D

      Delete
    2. ha .. ha
      banyak yang setres karena adsense.
      itu karena mereka blognya belum apa apa udah gatal mau daftar aja.
      kalau saya bersabar sampai 1 tahun mas, baru merasa yakin daftar adsense.
      kalau kita siap semua, akhirnya google gak ada alasan untuk menolaknya kan ?
      btw , yang saya daftarin bukan blog yg ini, tapi yang BintangTop.com

      Delete


Thanks for Stopping by, Please Leave comment about article above ^_^