Visit My Popular Blog

Sudah Kegiatan banyak Tetapi Tidak Keringatan – Normalkah ?

Pesan Sponsor
IndoSister.com - Sudah Kegiatan Banyak Tapi Tidak keluar keringat, Apakah Ini Masalah ? Kenapa Sudah Capek Tetapi Belum Keringatan ? Abnormalkah ?

Para praktisi kesehatan menyebutkan bahwa berolahraga bisa menaikkan metabolisme badan kita. Sehingga dengan naiknya metabolisme itu akan meningkatkan kadar oksigen di pembuluh darah. Hal inilah yang menyebabkan ketika setelah berolahraga, kita akan merasa lebih segar.

Metabolisme berperan penting bagi kesehatan tubuh karena kaitannya dengan pengolahan zat secara kimiawi di dalam tubuh yang nantinya akan menghasilkan energy. Zat zat tersebut berasal dari asupan nutrisi yang berasal dari makanan yang kita konsumsi. Makanan yang kita konsumsi akan diurai menjadi partikel partikel kecil dan organ pencernaan akan mengekstrak zat zat yang terkandung dalam partikel tersebut untuk kemudian diolah dan diproses untuk menghasilkan energy.

Sudah Kegiatan banyak Tetapi Tidak Keringatan – Normalkah ?

Proses Metabolisme Lambat

tetapi ada sebagian orang yang mengalami gangguan proses metabolism, yang mengakibatkan proses metabolism menjadi lambat, dan akhirnya tubuh akan sangat rentan terhadap berbagai penyakit.
Menurut alodokter beberapa penyebab metabolisme lambat adalah sebagai berikut :

a. Makan tidak Teratur
Hal ini sangat berakibat fatal bagi lambung, makanya orang-orang yang berpenyakit maag biasanya suka menunda-nunda makan yang akibatnya lambung sering kosong, kekosongan lambung ini dapat menyebabkan tukak lambung, dan asam lambung meningkat.

b. Kurang Tidur
Proses metabolisme terjadi pada saat tubuh sedang beristirahat (tidur). Efek dari metabolism sendiri menyebabkan tubuh akan merasa lelah dan ngantuk, dan ini menandakan bahwa proses metabolisme sedang berlangsung. Ketika anda sering tidak tidur / kurang tidur, maka hal ini akan sangat mengganggu proses metabolism dalam tubuh anda.

c. Kurang gerak
Ada anjuran dari praktisi kesehatan untuk biasakan berjalan kaki 10.000 langkah setiap hari. Hal ini bertujuan agar tubuh anda selalu aktif bergerak supaya otot-otot tidak kaku. Selain itu dengan berjalan kaki akan sangat memelihara otot jantung, pembuluh darah, dan proses metabolism, kenapa ? karena saat anda berolahraga pembuluh darah akan melebar, dan oksigen dapat teraliri dengan lancer ke seluruh penjuru system dalam tubuh.

d. Makan Terlalu Sedikit
Jika anda makan terlalu sedikit, maka asupan energy yang dihasilkan juga kurang banyak apalagi jika anda punya beragam aktivitas yang membutuhkan energy cukup banyak. Selain itu dengan energy yang kurang akan sangat mengganggu aktifitas anda,

misalkan ketika otak digunakan untuk berfikir (memecahkan masalah rumit/soal-soal matematika), maka otak membutuhkan setidaknya 60% energy tubuh, ketika energy hasil dari proses metabolism yang dihasilkan tidak cukup, maka otak anda akan merasa lelah, dan anda tidak bisa berkonsentrasi.


e. Kurang zat Besi
Oksigen yang mengalir dalam pembuluh darah biasanya mengandung zat besi. Kandungan darah yang terdapat zat besi dan oksigen inilah yang sangat dibutuhkan oleh seluruh jaringan tubuh, untuk dapat bekerja secara optimal, apalagi regenerasi sel-sel darah putih yang membutuhkan asupan zat besi dan oksigen yang teratur. Ketika anda kekurangan zat besi, maka tubuh anda merasa letih, lesu, dan lelah. Hal ini biasanya disebut anemia atau kekurangan darah.

Lantas Apa Hubungan Antara Metabolisme Dengan Tubuh Yang Tidak Berkeringat Setelah Beraktifitas / Berolahraga ??

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, bahwa agar proses metabolism lancer, anda perlu berolahraga. Dengan berolahraga anda akan mendapatkan asupan oksigen yang sangat dibutuhkan untuk proses metabolism. Setelah berolahraga tubuh kita akan mengalami kelelahan, hal ini wajar, karena oksigen yang masuk ke tubuh, akan diproses dan diubah menjadi cairan.

Nah, cairan ini lah yang disebut dengan keringat. Ketika tubuh mengeluarkan keringat, itu tandanya proses metabolism sedang berjalan lancar, biasanya praktisi olahraga menyebutnya proses membakar lemak.

Apabila tubuh tidak mengeluarkan keringat setelah berolahraga, hal ini biasanya ...
disebabkan oleh dua hal, yaitu metabolism lambat, atau anda menderita gejala Anhidrosis.

Anhidrosis

Anhidrosis adalah ketidakmampuan tubuh untuk berkeringat secara normal. Hal ini disebabkan karena kemampuan kelenjar keringat untuk menghasilkan cairan keringat, sudah tidak optimal lagi. Penyebabnya bermacam macam karena penyakit, virus, gangguan hormone, sampai usia.

Gejala Anhidrosis

Apabila anda merasakan tidak berkeringat setelah berolahraga, anda perlu segera memeriksakan diri anda ke dokter, gejala-gejala apabila anda mengalami hal seperti itu (Anhidrosis) diantaranya :

• Tidak berkeringat/sedikit berkeringat setelah berolahraga
• Sering pusing
• Kram otot
• Warna kulit memerah
• Merasa kepanasan

Apabila ada sahabat IndoSister.com mulai mengalami gejala-gejala seperti diatas tadi. Maka tidak usah tunggu lagi segera memeriksakan diri ke dokter. Karena jika terlambat di tangani maka bisa saja kita akan terserang heatstroke.

0 komentar


Thanks for Stopping by, Please Leave comment about article above ^_^