Visit My Popular Blog

5 Tanda Bahaya Pada Kehamilan Trimester I – yg Patut Diwaspadai

Pesan Sponsor
IndoSister.com - Dalam Ilmu Kebidanan, kehamilan dibagi menjadi 3 trimester. Trimester I adalah pada usia kehamilan 0 – 12 minggu, trimester II pada 13 – 27 minggu usia kehamilan dan trimester III pada saat kehamilan usia 28 – 40 minggu.

Kehamilan ini adalah suatu hal yang fisiologis atau normal, tetapi tetap harus berhati hati terutama pada trimester I karena kandungan masih rawan.

Tanda bahaya pada kehamilan trimester I yang harus Anda waspadai, antara lain adalah:

1. Mual muntah yang berlebihan
Mual dan muntah ini normal terjadi pada ibu hamil trimester I disebabkan karena adanya peningkatan estrogen dan HCH dalam serum darah. Namun, hal ini harus diwaspadai apabila terjadi berlebihan.

Mual muntah yang berlebihan dalam istilah medisnya disebut dengan hyperemesis gravidarum ini dapat mengakibatkan terjadinya kerusakan hati dan perdarahan retina karena peningkatan tekanan darah.
gangguan sakit kepala pada ibu hamil

2. Sakit kepala yang hebat
Sakit kepala merupakan suatu ketidaknyamanan yang biasa terjadi pada ibu hamil. Seorang wanita yang sering mengalami sakit kepala, biasanya akan lebih sering sakit kepala pada waktu hamil.

Namun, harus diwaspadai apabila sifatnya menetap dan tidak hilang walaupun sudah beristirahat. Sakit kepala yang hebat ini juga biasanya diikuti dengan pandangan yang kabur. Apabila hal ini terjadi maka dapat dicurigai sebagai tanda dari pre-eklamsia.

3. Perdarahan
Beberapa ibu hamil ada yang mengalami keluarnya flek flek darah pada awal kehamilan. Hal ini masih normal karena merupakan proses dari perubahan rahim. Namun, apabila perdarahan ini berlangsung lama dan dalam jumlah yang banyak maka Saudara harus waspada. Perdarahan yang terjadi pada kehamilan di bawah 22 minggu dapat berupa abortus, kehamilan ektopik dan mola kehamilan mola.

Foot - Normal, Edema, and Pitting

4. Bengkak pada kaki, tangan dan wajah
 
Bengkak atau oedem adalah suatu yang normal terjadi pada ibu hamil dikarenakan adanya penimbunan cairan pada jaringan tubuh dan biasa terjadi pada kaki. Hal ini biasanya akan menghilang  apabila digunakan untuk istirahat atau meninggikan kaki.

Oedema harus diwaspadai apabila terjadi secara mendadak dan meluas pada muka serta tangan. Oedema ini juga tidak hilang walaupun sudah beristirahat dan biasanya diikuti oleh keluhan lainnya, seperti pusing dan pandangan kabur. Hal ini biasanya merupakan tanda dari pre-eklamsia.

5. Pandangan menjadi kabur
Ibu hamil mengalami perubahan hormonal sehingga menjadi suatu hal yang normal apabila mengeluhkan pandangan menjadi lebih kabur. Tetapi, apabila pandangan menjadi kabur secara tiba tiba dan disertai dengan sakit kepala yang hebat maka harus diwaspadai terjadinya pre-eklamsia maupun komplikasi lainnya.

Apabila sahabat IndoSister.com mengalami salah satu dari tanda tanda tersebut, maka segeralah untuk periksa ke tenaga kesehatan agar mendapatkan penanganan lebih dini sehingga dapat menghindari komplikasi yang mungkin terjadi.
Meilina

Daftar Pustaka

0 komentar


Thanks for Stopping by, Please Leave comment about article above ^_^