Visit My Popular Blog

5 Cara Sehat Menghilangkan Ngantuk – Chek Penyebab Kantuk

Pesan Sponsor
Sering ngantuk didepan umum? Dikelas, kantor, atau terminal? Bagaimana Cara Baik Menghilangkan Kantuk ?
Mengantuk adalah hal yang sangat wajar dialami semua orang. Namun rasa kantuk sangat mengganggu aktifitas sehari-hari apabila datang di saat yang tidak tepat. Seperti saat jam belajar, jam kerja dan menjadi lebih berbahaya jika kantuk datang pada saat berkendara, hati-hati nabrak !

Banyak hal dapat mengundang rasa kantuk, yang tidak jarang mengesalkan dan mengganggu aktifitas sobat. Ada baiknya sobat ketahui dulu …

Beberapa penyebab datangnya rasa kantuk, yang antara lain adalah :

1. Terlalu lelah karena aktifitas berlebih
2. Kurangnya suplai oksigen ke otak
3. Dehidrasi
4. Rasa Bosan
5. Kurang darah ataupun penyakit lain semacamnya

Setelah sobat mengetahui beberapa penyebab kantuk di atas, sobat harus mencari solusi menghindari atau menghilangkan rasa kantuk yang terlanjur datang di saat yang tidak tepat dengan cara yang lebih mudah.

Dan inilah 5 Cara Menghilangkan Ngantuk yang bisa anda coba saat kantuk melanda.
  
1. Beristirahat Sejenak
Terlalu banyak aktifitas pastinya menguras banyak tenaga dan waktu istrahat sobat. Kurangnya waktu tidur menjadi akibat normal, sehingga kantuk pun menghampiri. Gunakan sedikit waktu sekitar 5-10 menit untuk tidur sejenak. Beristirahat sejenak seperti itu dapat mengembalikan energi sobat juga mengusir rasa lelah dan kantuk secara singkat.

tarik nafas cegah kantuk

2. Tarik Nafas
Hentikan aktifitas anda sejenak. Keluar dari ruangan kerja anda ke ruang terbuka yang lebih luas. Tarik nafas dalam dalam selama 5 detik dan hembuskan perlahan. Faktanya rasa kantuk dapat disebabkan oleh kurangnya oksigen dalam otak.

Tidak hanya mengantuk, terkadang ada beberapa orang yang merasa sakit kepala hingga sangat mengganggu kegiatan sobat. Maka ulangi hal ini beberapa kali sampai tubuh merasa lebih segar untuk kembali beraktifitas.

3. Minum Air Putih Cukup
Ini adalah cara lain untuk menambahkan asupan oksigen ke dalam seluruh tubuh. Karena air putih juga mengandung oksigen yang dibutuhkan tubuh sobat, sehingga oksigen dapat mengalir melalui darah dan  bersikulasi dengan baik, juga membantu menambah dayakonsentrasi pada otak selama berkegiatan.


4. Olahraga Kecil & Membasuh Muka
Berdirilah dari kursi, regangkan otot tangan, jalan ditempat, menggerakan tubuh sesuka anda sebagai cara mudah menghilangkan rasa bosan yang menyebabkan kantuk. Setelah itu basuh muka dengan air, terutama pada bagian mata, agar mata terasa segar kembali setelah berlama-lama focus di depan layar computer atau laptop anda.

Lalu lanjutkan bekerja setelah kantuk hilang. Ditambah mainkan musik yang anda sukai dengan beat yang pas. Sehingga tidak hanya segar, menyelesaikan tugas dan pekerjaan pun terasa menjadi lebih bersemangat.

5. Makan Makanan Bergizi yang Cukup
Hal terpenting mencegah segala gangguan dalam kesehatan dan produktifitas diri adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat pada keseharian anda. Jaga makanan yang anda makan dan waktu makan dengan baik. Banyak orang memiliki banyak pekerjaan yang lalai akan jam-jam makan sehingga acuh dan melewatinya. Atau lebih memilih makanan instan dan fast food untuk mengisi perut kosong saat lapar.

Terlalu sering melewatkan jam makan dan mengonsumsi makanan instan atau fast food sangat mengganggu kebutuhan gizi tubuh anda. Sehingga banyak fungsi anggota tubuh yang tak berfungsi dengan baik. Salah satunya bagi otak, pencernaan dan kurangnya tenaga

Apabila nyatanya beberapa cara diatas telah anda lakukan dan kantuk tetap rajin menghampiri anda. Ada baiknya sobat IndoSister.com memeriksakan kesehatan ke dokter. Itu dia 5 cara sehat menghilangkan kantuk dari kami. Jangan lupa jaga kesehatan.

Semoga berguna.

0 komentar


Thanks for Stopping by, Please Leave comment about article above ^_^