Visit My Popular Blog

2 Cara Deteksi Dini Kanker Payudara dengan SADARI

Pesan Sponsor
IndoSister.com - Silakan praktek langsung di rumah, cara mudah mendeteksi secara dini kanker payudara agar tidak terlambat dan terhindar dari bahaya fatal.

Untuk seorang wanita, payudara merupakan aset yang sangat penting. Selain berfungsi sebagai estetika, payudara juga merupakan organ yang sangat penting karena merupakan media untuk menyusui buah hati agar menjadi generasi yang cerdas. Oleh karena itu, sangat penting untuk merawat organ yang satu ini.

Angka kejadian kanker payudara masih tinggi karena banyak wanita yang tidak tahu bagaimana cara mendeteksinya sehingga kebanyakan kanker payudara terdeteksi setelah memasuki stadium 3 atau 4. Padahal kanker ini dapat diobati apabila terdeteksi lebih dini.

Bagaimana ciri-ciri kanker payudara itu?

1. Adanya perubahan bentuk dan ukuran pada payudara.
2. Kulit di sekitar puting susu dan aerola menekuk ke arah dalam dan berkerut seperti kulit jeruk.
3. Terdapat benjolan pada payudara.
4. Ada luka di sekitar payudara yang tidak sembuh-sembuh.
5. Keluar cairan yang tidak normal, seperti nanah, darah dan cairan encer.
6. Payudara terasa nyeri.

ciri-ciri kanker payudara

2 Cara untuk melakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI)

Pemeriksaan payudara sendiri untuk deteksi dini kanker payudara ini dapat dilakukan dengan cara berdiri maupun dengan berbaring tergantung dengan posisi mana yang nyaman untuk kita melakukannya.


1. Dengan Berdiri

a. Lepas pakaian atas dan berdiri di depan cermin dengan posisi kedua tangan lurus ke bawah. Setelah itu, perhatikanlah kedua payudara dengan seksama.
b. Perhatikan bentuk dan ukuran payudara. pastikan tidak ada perubahan.

c. Angkat ke dua tangan lurus ke atas dan perhatikan tidak tampak perubahan seperti kerutan di sekitar payudara.
d. Dengan posisi berdiri sempurna dan tangan lurus di samping badan, tekan atau pijat perlahan-lahan di sekitar puting payudara kiri dengan tangan kanan dan payudara sebelah kanan dengan tangan kiri. Pastikan tidak ada cairan yang keluar selain air susu.

2. Dengan Berbaring

a. Letakkan bantal di bawah punggung atau di bawah bahu.
b. Letakkan tangan kanan di bawah kepala dan raba sambil menekan perlahan-lahan payudara kanan dengan tangan kiri. Lakukan juga untuk payudara yang satunya,letakkan tangan kiri di bawah kepala dan rabalah payudara kiri dengan tangan kanan.
c. Lakukan perabaan dengan gerakan memutar disertai dengan tekanan yang perlahan-lahan dengan menggunakan tiga ujung jari (jari telunjuk, jari tengah dan jari manis).


Gerakan pemijatan payudara ini dengan 3 cara, yaitu ke atas bawah, menuju puting dan pijatan melingkar. Pemeriksaan ini juga dapat dilakukan pada waktu mandi. Busa sabun dapat mempermudah pemijatan sehingga tidak terasa sakit saat payudara ditekan.

Waktu yang tepat untuk melakukan SADARI

1. Dilakukan setiap bulan setelah menstruasi dan payudara sedang tidak bengkak.
2. Pada usia ≥ 20 tahun, dilakukan setiap tiga bulan sekali

Silakan sahabat IndoSister.com – khususon para wanita, agar rutin melakukan deteksi secara dini ini, untuk mencegah kanker payudara agar tidak sampai terlambat sehingga dapat terhindar dari bahaya yang mematikan.

Daftar Pustaka
Romauli, dkk.2009. Kesehatan Reproduksi.
Saryono,dkk.2009. Perawatan Payudara.
Setiati, E. 2009. Waspadai 4 Kanker Ganas Pembunuh Wanita.

0 komentar


Thanks for Stopping by, Please Leave comment about article above ^_^