Visit My Popular Blog

Ketergantungan Micin? Akali dgn 6 Bahan Makanan Pengganti

Pesan Sponsor
Kontroversi membahas pro dan kontra terhadap bahan penyedap rasa yang memberikan sensasi rasa umami alias gurih dari Micin atau Vetsin memang enggak ada abisnya.

Kabarnya, penyedap rasa / micin menyebabkan ketergantungan dan berakibat kemalasan bahkan performa otak kepada penikmatnya. Di sisi lain segi medis juga tak selalu sinis terhadap micin. Beberapa riset juga menyebutkan micin tidak berbahaya asalkan tidak dikonsumsi secara belebihan.

Well, setuju atau enggaknya kamu dengan bahan penyedap yang bernama lain Monosodium Glutamat (MSG), ternyata ada bahan lain yang bisa menggurihkan makanan kok.

Nah, sembari menentukan tetap pro atau kontra kah kamu terhadap micin / MSG / Vetsin, silakan simak bahan lain yang bisa jadi penggantinya. Siapa tau para sobat IndoSister.com  bisa move on  dari si micin nan gurih itu.

MSG kristal atau micin

6 Bahan Pangan Alternatif Pengganti Bumbu Penyedap Rasa Vetsin / Micin

1. Katakan selamat datang kepada kedelai, bahan pemberi rasa gurih alami
Sebagai bahan makanan yang menyimpan protein tinggi seperti daging, kedelai bisa menciptakan rasa gurih yang enak.

Jepang dan Tiongkok bereksperimen dengan memfermentasikan kedelai agar rasa gurihnya keluar. Ternyata, fermentasi dari kacang kedelai juga menghasilkan rasa umami yang nendang lho.

2. Enzim daging, unggas, dan ikan tenyata senyawa ajaib yang bisa menciptakan rasa gurih alami
Daging, unggas, dan ikan ternyata mengandung enzim yang bisa menghasilkan protein untuk meningkatkan rasa umami .

Sederhananya, daging, unggas, dan ikan yang dimasak, baik itu dengan cara dipanggang, dibakar, digoreng, atau lainnya secara alami mengeluarkan zat yang membuat gurih.

6 Bahan Pangan Alternatif Pengganti Bumbu Penyedap Rasa Vetsin / Micin

3. Pengolahan tomat yang tepat menghasilkan rasa gurih yang nikmat
Pengolahan buah tomat yang tepat bisa membuat kamu perlahan melupakan micin lho.
Caranya cukup dengan memanggang tomat saja kok. Efek rasa tomat yang dipanggang akan meningkatkan rasa gurih dan lezat pada makanan. Penasaran? Silakan coba sendiri ya

4. Jamur bukan cuma bisa menjadi pengganti bahan makanan, tetapi juga rasa gurih pada micin
Kalau menggunakan jamur sebagai pengganti bahan lauk daging sih sudah biasa. Coba deh  variasikan pengolahan jamur dengan cara lain untuk menyedapkan makanan tapa micin.

Caranya? Cukup dengan memanggang jamur, maka sensasi rasa umami dan gurih alami langsung muncul. Jadi, enggak salah kalau jamur bisa kamu jadikan andalan untuk menyedapkan makanan.

5. Daripada mencari rasa gurih dari vetsin, lebih baik gunakan garam
Garam dikenal sebagai bahan populer yang sering digunakan sebagai pengganti rasa umami  pada micin. Nah, biar lebih aman gunakan garam meja yang menggunakan bahan dan proses alami ya.

6. Kombinasi bumbu rempah bisa menciptakan rasa gurih yang menggugah
Bahan rempah seperti bawang putih, kunyit, merica, jinten, dan lainnya terbukti bisa menciptakan sensasi umami yang lebih menggugah.

Enggak percaya? Beberapa masakan daerah khas Indonesia bisa sukses menggugah penikmatnya dari berbagai daerah berkat campuran pas dan khas dari beberapa bahan rempah.

Nah, gimana, udah sadar kan tenyata banyak bahan yang para sobat IndoSister.com bisa pakai untuk menggantikan micin?

Sekarang … Yakin enggak mau berpaling dari micin ke bahan yang lebih alami?

0 komentar


Thanks for Stopping by, Please Leave comment about article above ^_^