Visit My Popular Blog

Matikan Lampu Saat Tidur – Hindari 5 Hal Negatif – Tips Tidur Berkualitas

Pesan Sponsor
Tahukah anda bahwa tidur dengan lampu menyala bisa menyebabkan beberapa hal tidak baik terjadi pada tubuh kita? Apa saja hal-hal tersebut? Nah, simak ulasannya dibawah ini ya:

1. Rasa Lemas dan Lelah Saat Siang Hari
Salah satu efek yang muncul jika anda tidur dengan lampu menyala adalah rasa lemas dan lelah ketika hari sudah siang. Hal ini disebabkan karena kualitas tidur anda berkurang saat cahaya memasuki mata kita secara samar-samar. Hormon yang membantu mengatur waktu tidur anda juga tidak bisa berfungsi dengan maksimal, sehingga bisa mengacaukan waktu tidur anda.

2. Menganggu Proses Metabolisme
Jika anda tidur dengan lampu menyala, bisa saja tidur anda tidak nyenyak dan hal tersebut bisa mengganggu proses metabolisme. Padahal, tubuh kita melakukan pemulihan diri saat kita tidur dimana sel-sel kita agan bergenerasi untuk menyiapkan tenaga untuk esok harinya.

Tips Tidur Berkualitas

3. Produksi Hormon Melatonin Terganggu
Anda tahu apa itu hormon melatonin? Hormon melatonin merupakan hormone yang membantu mengontrol waktu tidur yang diproduksi di otak. Nah, ketika anda tidur dengan lampu menyala, produksi hormone ini terganggu. Padahal, hormon melatonin dapat membantu mencegah radikal bebas yang ada di tubuh kita. Fungsi hormon melatonin sebagai antioksidan ini hanya dapat diproduksi secara maksimal jika kondisinya gelap.

4. Menambah Resiko Penyakit Kardiovaskular
Anda tahu kan bahwa kualitas tidur juga berpengaruh pada kesehatan jantung anda? Selain untuk mencegah sel-sel berbahaya tumbuh, hormon melatonin juga dapat berfungsi untuk mengatur tekanan darah. Selain itu, hormon ini juga dapat menghambat peningkatan kolesterol jahat yang bisa mengendap dalam pembuluh darah kita.

5. Berat Badan Bertambah
Nah, yang terakhir ini sebenarnya masih dugaan. Katanya, jika proses metabolisme kita tidak berjalan lancar karena tidur terganggu, berat badan kita bisa bertambah. Hal disebabkan karena karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh tidak bisa diolah secara maksimal.

Anda masih mau tidur dengan lampu menyala?

Selain bisa membuat tidur kita menjadi lebih berkualitas, mematikan lampu juga bisa membantu berhemat energi, bukan? Jika anda masih belum terbiasa tidur dalam kondisi gelap, mungkin anda bisa memulainya dengan menggunakan lampu tidur yang penerangannya jauh lebih redup dibandingkan lampu biasa.

0 komentar


Thanks for Stopping by, Please Leave comment about article above ^_^