Visit My Popular Blog

7 Tips Sehat Buat Kamu yang Aktif Di Depan Komputer

Pesan Sponsor
Komputer dan laptop di era milenia ini jadi piranti elektronik yang banyak sekali dibutuhkan untuk mendukung kinerja masyarakat masa kini.

Yup, berkat perangkat ajaib tersebut, berbagai kebutuhan, seperti tugas akademis, pekerjaan, maupun mengakses berbagai informasi bisa terpenuhi.

Tapi, interaksi kamu yang intensif dengan komputer atau laptop ternyata juga bisa berdampak negatif bagi tubuhmu lho.
Beberapa dampak tersebut diantaranya mengganggu kesehatan mata, obesitas atau kegemukan, sakit leher, atau punggung, dan masih banyak lagi

Supaya lebih aman dan tidak mengalami dampak negatifnya, beberapa Tips Sehat  buat para sobat IndoSister.com yang Aktif di depan komputer ini bisa menjadi rekomendasi kalian …

7 Tips Sehat Buat Kamu yang Aktif Di Depan Komputer
                                                       
Tips Sehat bagi yang Aktif di depan Komputer :

1. Perhatikan cara dan posisi kamu duduk
Saat asyik mengerjakan tugas atau berselancar di dunia maya lewat komputer atau laptop jangan sampai melupakan posisi duduk kamu ya.
Jika disepelekan dan dibiarkan dalam jangka panjang, beberapa dampak kesehatan yang sudah disebutkan bisa terjadi padamu lho, salah satunya sakit punggung.

- Posisikan punggungmu senyaman mungkin dengan posisi lurus dan bersadar pada sebuah kursi serta luruskan paha dan usahakan sejajar dengan lantai.
Nah, untuk yang berkaki pendek coba ganjal bersama bantal yang sudah diletakkan di lantai. Dan, jangan lupa, jarak pandang yang aman dengan layar komputer atau laptor minimal 50 cm ya.

2. Relaksasikan otot matamu setiap 20 menit sekali
Mata kamu juga bisa lelah beraktifitas jika terus memandangi layar komputer atau laptop. Jangan dipaksakan, jika perlu istirahatkan setiap 20 menit sekali.

- Nah, proses relaksasi mata juga bisa dilakukan dengan memandangi obyek lain yang jaraknya jauh, misalnya pemandangan diluar, atap ruangan atau orang-orang di jalanan. Selain itu, rutinkan juga matamu untuk berkedip 12 kali per menit agar tetap terjaga kelembapannya.

3. Sediakan minuman selama beraktifitas dengan komputer dan laptopmu
Kesibukan saat berinteraksi dengan komputer dan laptop terkadang membuatmu lupa dengan hal sederhana yang justru penting, seperti air minum.
Jaga keseimbangan cairan tubuhmu dengan terus menyediakan botol berisi air putih.

- Supaya momen minum air semakin asyik, kamu bisa menambahkan aneka buah-buahan, seperti lemon, jeruk, atau strawberry agar rasanya lebih bervariasi

 

4. Jangan duduk terlalu lama di depan komputer, jeda dan istirahatkan tubuhmu setiap 2 atau 3 jam sekali

Anjuran di atas kelihatannya sederhana tapi jangan disepelekan. Yup, terlalu lama duduk dan kurang gerak berpotensi memunculkan penyakit degeneratif seperti diabetes, obesitas, jantung, stroke, osteoporosis, alzheimer, kanker, hingga perkinson lho.

Jadi, jangan ragu-ragu untuk beristirahat dan bergerak keluar ruangan atau melakukan hal lainnya.

5. Luangkan waktu untuk melakukan aktifitas menyenangkan
Bukan tidak mungkin jika terus berada di depan komputer atau laptop dengan beragam tugas juga akan memunculkan rasa bosan, kelelahan, bahkan stress nih.
Sebelum dampak tersebut benar-benar terjadi, alihkan kejenuhanmu tersebut dengan beragam aktifitas menyenangkan, seperti berinteraksi dengan kawan-kawan yang ada didekatmu.

- Selain itu kamu juga bisa mulai merencanakan kegiatan liburanmu atau sekedar berolahraga ringan agar bisa melepaskan bibit-bibit stress yang mungkin sudah menumpuk.


6. Asupan nutrisi tubuh juga perlu diperhatikan
Bergelut di depan komputer dan laptop rentan sekali dengan kejenuhan dan stress. Selain beberapa kombinasi kegiatan relaksasi dan aktifitas menyenangkan, nutrisi yang cukup juga sangat diperlukan untuk menunjang performa kamu.

Jadi, jangan malas untuk tetap mengonsumsi makanan dengan menu sehat dan berimbang ya.

7. Istirahat dan tidur yang cukup
Jangan paksakan diri untuk terus beraktifitas di depan komputer jika tubuhmu sudah kelelahan ya. Bagaimanpun juga sesuatu yang dipaksakan malah tidak akan berjalan maksimal. Akhirnya, produktifitas dan kreatifitasmu di dunia kerja atau akademik justru merosot.

- Mulai biasakan atur durasi tidur dengan batas standar minimal enam hingga delapan jam seharinya. Membiasakan diri bangun pagi dan tidak tidur larut malam juga bisa membuat kamu bergairah dan semangat menghadapi segala rutinitas lho.

Yup, intinya, bagaimanapun kesibukan para sobat IndoSister.com di depan komputer atau laptop, jangan lupa untuk tetap memahami batasan yang ada pada diri ya. Kamu bisa menerapkan keseluruhan tips di atas agar hasilnya optimal dan jadi kebiasaan. Selamat mencoba.

0 komentar


Thanks for Stopping by, Please Leave comment about article above ^_^