Visit My Popular Blog

3 Jenis Musik untuk Relaxasi – Pengurang Stress bagi yang Sibuk

Pesan Sponsor
Baru pulang kerja tapi masih ada kerjaan di rumah, capek.. atau sejak pagi kuliah/sekolah dan pulangmu larut malam, rasanya sih ingin tidur saja eh tapi masih ada tugas. Satu hal yang pasti terasa sekali kalau rutinitas seperti ini berulang terus menerus, yakni lelah. Nah dari rasa lelah ini pasti akan timbul yang namanya rasa jenuh dan bosan, kalau sudah begini pasti tingkat stress tinggal ditunggu saja naiknya.

Rutinitas seperti ini sebenarnya sudah tidak asing lagi bagi manusia di era modern seperti saat ini, terutama yang tinggal di kota besar dan mereka yang bekerja didalam ruangan. Sebenarnya tinggal pintar-pintarnya kita mengatur bagaimana cara agar tingkat stress kita tidak melampaui batasannya, seperti rajin nongkrong / hang out bersama keluarga maupun orang terdekat, namun pastinya tidak setiap saat kita bisa melakukan hal ini bukan?! 

Mungkin inilah saatnya kita mempertimbangkan cara yang lebih simple untuk mengurangi rasa jenuh pada rutinitas kita
3 Jenis Musik untuk Relaxasi – Pengurang Stress bagi yang Sibuk

Dalam artikel kali ini penulis akan mengulas mengenai musik musik refleksi yang tentunya sangat pas untuk dipertimbangkan para orang sibuk di era globalisasi ini, karena selain tidak membutuhkan biaya sama sekali musik - musik ini dipercaya mampu mengurangi stress hingga tingkat tertentu. Argumen ini diperkuat oleh salah satu artikel milik APA (American Psychology Association) yang ditulis oleh Amy Novotney dengan judul “Music as Medicine”, dalam tulisan tersebut dia mengatakan

“...Music also reduces levels of the stress hormone cortisol...” (Novotney, 2013).
 Yang berarti bahwa musik mampu mengurangi tingkat hormon Kortisol yang terlibat secara langsung dalam respon stress manusia.

Musik apa aja sih?
Nah berikut adalah segelintir musik relaksasi pilihan yang disarankan untuk mengurangi kestress-anmu lho happy people!

1. Musik-musik Lullaby
Musik yang dipercaya mampu mengurangi banyak tingkat stress adalah musik-musik berfrekuensi rendah, nah salah satunya adalah musik Lullaby. Apalagi kalau kita mendengarkannya langsung dari seseorang (bukan rekaman), wah jadi teringat masa kecil ya.

Tingkat stress mampu berkurang dibuktikan dengan penelitian nyanyian Lullaby yang mampu menjaga kestabilan detak jantung dari bayi yang mendengarkan, nggak herankan kenapa anak-anak lebih cepat tidur saat ibunya menyanyikan lagu-lagu indah saat si anak sedang rewel.

2. Musik-musik Klasik
Musik klasik seperti musik-musik orkestra karya komposer Mozart, Bach, Beethoven, dll. memang tidak banyak diminati orang. Musik yang kebanyakan terdiri dari suara instrumen biola, piano, cello yang dipadukan ini dianggap sebagian orang terlalu kuno dan monotone.

Tanpa diketahui bahwa banyak manfaat yang bisa kita peroleh jika kita sering mendengarkan musik jenis ini lho. Selain dipercaya bisa meningkatkan konsentrasi bahkan memberi inspirasi bagi pendengarnya, ternyata musik klasik ini juga mampu memberi efek ketenangan untuk kita.

Sound’s of Nature / Suara-suara Alam

3. Sound’s of Nature / Suara-suara Alam
Suara alam sangat familiar dengan mereka yang menyukai meditasi, efek tenang yang mampu diciptakan oleh suara alam memang cukup efektif lho meningkatkan rasa tenangmu,

dalam sebuah jurnal berjudul “The Effect of Music on the Human Stress Response” yang ditulis oleh Thoma MV. dkk., pada tahun 2013 menyebutkan bahwa saat seseorang mendengarkan suara alam seperti gemercik air, tetesan hujan, dll. seseorang cenderung mengingatkannya dengan kenangan masalalu yang dianggap menyenangkan,

Oleh karena itu nih kamu harus cari-cari musik alam apa yang cocok banget sama kamu, yang menangkan dan mengingatkanmu dengan memori indah.

0 komentar


Thanks for Stopping by, Please Leave comment about article above ^_^