Visit My Popular Blog

Solusi keluarga - Kakak Adik Sering Bertengkar

Pesan Sponsor
IndoSister.com – Ketika hadir sang bayi dalam rumah tangga, kehidupan baru yang menyenangkan telah di mulai, namun ketika si bayi tumbuh besar hingga kemudian muncul bayi baru dan beranjak besar pula … Masalah baru anak-anak segera bermunculan.

Masalah yang paling kerap muncul adalah dimana kakak dan adik menjadi seperti anjing dan kucing, kedua anak atau bahkan beberapa anak sering bertengkar, entah akibat berebut mainan, si adik mengganggu kakaknya, ataupun masalah kakak yang iri terhadap adiknya.

Apakah solusi tepat - kakak dan adik sering bertengkar ??

1. Hukuman Tidak tepat sasaran
Begitu sering orang tua marah dan melerai anak yang saling bertengkar, di mulai dengan memukul kakak yang lebih tua, menyembunyikan mainan yang jadi rebutan, sampai dengan menghukum keduanya / semuanya tanpa melihat mana yang salah dan benar.

Bisa jadi aorang tua selalu menyalahkan kakanya agar selalu mengalah, hal ini tidak menjadikan masalah selesai, bahkan sebaliknya … si kakak menjadi semakin tinggi rasa iri dan kesalnya, sehingga akan berusaha setiap saat untuk membalas atau mengganggu adiknya.

Orang tua harus adil dalam memperlakukan keduanya, berupaya mengetahui siapa yang memicu pertengkaran adalah lebih baik, kemudian menasehati mana yang salah agar tidak berbuat buruk serta menasehati yang tidak salah agar lebih baik dan tidak mudah marah.
Bila keduanya tetap saling bertengkar, barulah kita dapat menghukum keduanya dengan hukuman yang tidak menyakiti.

2. Larangan dan Penghargaan.
Begitu sering orang tua marah dan menghukum para anak disaat mereka melakukan perbuatan yang tidak kita senangi, namun saying tidak begitu sebaliknya … dimana orang tua hanya diam begitu saja ketika para anak menjadi rukun dan tidak bertengkar sama sekali.

Lambat laun, para anak otomatis akan melajutkan sering bertengkar, sebab dengan cara yang demikian … mereka akan bisa mendapatkan perhatian dari orang tua. sedangkan saat mereka berdamai, mereka tidak tahu dengan jelas apakah orang tua senang atau tidak, hal ini dikarenakan orang tua tidak memberi perhatian sama sekali.

- Oleh karenanya, jangan hanya memberi perhatian pada saat adik kakak membuat masalah, namun berikanlah perhatian lebih besar ketika adik kakak berbuat hal-hal positif secara bersama tanpa pertengkaran, penuh kerukunan dan damai, dengan pujian atau bahkan reward lainnya berupa memberikan kesenangan yang mereka sukai.


- Selalu tanamkan rasa kasih sayang diantara mereka berdua, agar saling mencintai, saling membantu, jelaskan … tentang mereka adalah saudara terdekat di sunia ini, jangan baik kepada teman namun malah jelek kepada adik sendiri.

1 comment:


Thanks for Stopping by, Please Leave comment about article above ^_^