Visit My Popular Blog

Ortu lakukan hal kecil ini – Anak Tumbuh Tidak jujur

Pesan Sponsor
Jika Orang Tua sering lakukan hal kecil ini, hati-hati Anak anda akan tumbuh menjadi Tidak jujur. Lanjutan dari artikel sebelumnya … Anak tidak mudah percaya ortu karena inilah janji palsu yang sering anda berikan.

Anak-anak adalah mahluk yang memiliki rasa ingin tahu yang besar dan dapat belajar dengan cepat. Apa yang orang tua tidak sadari bisa jadi telah menjadi perhatian penting bagi seorang anak.
Dapatkah anda menyadari bahwa saat masih kecil anak masih mudah menuruti perkataan orang tua, namun semakin berkembangnya usia, ternyata anak mulai membantah bahkan tidak percaya dengan perkataan orang tua terutama dengan aneka janji yang kita berikan.

Tanpa sadar sebenarnya orang tua sendirilah yang selama ini menjadikan anak untuk mempelajari karakteristik kita sebagai orang tua yang tidak dapat dipercaya.

Berikut adalah beberapa contoh …
dimana orang tua sering melakukan aneka dusta kecil kepada anaknya sendiri dan menganggap sebagai hal sepele sehingga sering dilakukan.
pinokio tidak jujur1. Ketika anak merengek minta ikut ayahnya, orang tua mengalihkan perhatian si anak dengan menunjuk sesuatu kedalam rumah atau memberikan mainan, lalu si ayah diam-diam menyelinap keluar untuk bekerja.

2. Ketika anak sulit diajak mandi, maka orang tua mengancam tiadak mengajaknya jalan-jalan nanti malam, padahal kenyataannya tidak ada niat untuk jalan-jalan bahkan menganggggap si anak pasti nanti lupa dengan janji tersebut.

Dari aneka kebohongan diatas, anak tumbuh belajar lebih cepat dari yang kita kira, si anak memahami benar akan karakteristik otrang tua yang sering membohongi mereka, sehingga mereka kesulitan dalam membedakan mana perkataan kita yang benar dan mana yang salah.
Akhirnya apapun yang di katakana orang tua sebagian besar dianggap sebagai dusta, dan lebih banyak janjinya kurang bisa dipercaya,

Dan yang paling buruk … anak tumbuh menjadi anak yang suka melawan bahkan sulit diatur.
Semua bisa jadi karena kita sendiri sebagai orang tua yang membentuk karakter demikian.

Langkah Tepat Mengatasinya :

1. jelaskan dengan kelembutan, bahwa jika ayah bekerja maka anak tidak bisa ikut, jelaskan sedikit tentang pekerjaan untuk mencari uang dan buat makan sehari-hari.
katakanlah bahwa si anak pasti diajak jika pergi ke tempat selain tempat bekerja, hal ini juga lumrah pada semua anak yang lain.

mungkin anak tidak bisa langsung mengerti sekarang, tapi percayalah, setelah beberapa sesi akhirnya anak-anak ini akan semakin cerdas untuk memahami dan  membedakan sesuai apa yang kita katakan.

Selanjutnya, si ayah tidak perlu lagi sembunyi-sembunyi untuk  berangkat kerja.

2. Janganlah mengancam dengan sesuatu yang berupa janji namun kita tidak punya niat untuk menepati janji tersebut.
Ini kelihatannya sepele, namun sangat berpengaruh besar pada psycologi anak.

 Pada akhirnya, segala upaya kejujuran pada anak kita akan membuahkan hasil yang sangat bagus, berupa tumbuhnya anak yang jujur dan mudah terus terang pula kepada orang lain.

0 komentar


Thanks for Stopping by, Please Leave comment about article above ^_^