Visit My Popular Blog

Kebiasaan Buruk - Kakak Harus Selalu Mengalah pada Adik

Pesan Sponsor
Benarkah kakak harus selalu mengalah kepada adik ? bisa jadi tergantung pada keadaan dari masing-masing daerah atau Negara.
Namun secara logis, memang kakak lebih tua dari adik, sehingga ia harusnya lebih mengerti, lebih mau mengalah, akibatnya … tentu saja kakak menjadi prioritas utama selalu yang dipersalahkan bila terjadi pertengkaran antar anak.

Benarkah demikian ?
Jawabnya … Tentu saja tidak.
dalam hal nilai benar dan salah, tidak ditentukan oleh usia ataupun jenis kelamin.

Inilah insident yang sering terjadi …
Ketika kakak dan adik bertengkar, maka orang tua entah itu ibu atau ayah ataupun nenek langsung mengomeli kakaknya, kemudian secara otomatis pula membela adiknya dan mengatakan bahwa adiknya itu masih kecil, kakak yang sudah besar harus mengerti.
Padahal …
Kejadian sebelumnya adalah adik sedang mengganggu kakaknya, kakak sudah bersabar namun adik terus mengganggu juga sampai kesal hingga terjadilah pertengkaran.
Atau kadang si kakak sering memegang mainan duluan, kemudian si adik berusaha merebut mainan tersebut dari tangan kakaknya.

Mengapa pertengkaran bisa sering terjadi ??
Inilah salah satu penyebabnya :

- si kakak yang selalu disalahkan dan disuruh mengalah, merasa iri dan benci kepada adik, maka untuk memberontak dan melakukan perlawanan kepada sikap orang tua yang dianggapnya pilih kasih serta tidak adil, ia akan membalas adiknya dalam tiap kesempatan yang ada.

- si adik masih sering berani mengganggu kakaknya, merebut mainannya, bahkan memukulnya, karena ia merasa selalu di bela dan mendapat angin segar dari orang tuanya bahwa yang ia lakukan tidak pernah salah.

- Jika sudah demikian, sebenarnya orang tua sendiri yang menciptakan suasana anak siap perang setiap saat, orang tua meletakkan ketidak adilan dan pilih kasih kepada anak, orang tua menjadikan anak siap melawan dan memberontak pada mereka.

Inilah sikap terbaik yang dapat dilakukan orang tua

- Jangan sering menyimpulkan dengan cepat atas pertengkaran anak, selalu dengarkan dari masing-masing mereka untuk berbicara. Jangan hanya mendengar dari 1 anak.

- Sampaikan kepada mereka tentang kebenaran dan kesalahan. Tegaskan bahwa orang tua tidak membela siapapun melainkan hanya membela kebenaran dan keadilan.


- Berikan alasan yang benar mengapa mereka harus berdamai dan bekerja sama dalam setiap kesempatan karena mereka adalah saudara, dimana saat orang tua kelak tidak ada, maka orang di bumi ini yang dekat dengan mereka adalah saudara. Karenanya saudara harus selalu baik seperti halnya kalian baik kepada teman.

0 komentar


Thanks for Stopping by, Please Leave comment about article above ^_^