Visit My Popular Blog

Anak Tak Percaya Ortu karena Inilah Janji Palsu Anda

Pesan Sponsor
Anak Tidak mudah percaya kepada Orang tua sebab Inilah janji palsu yang sering anda berikan ...
Seperti halnya orang tua patut memberikan sanksi, sesuai apa yang pernah di posting dalam … Tips Mengatasi anak sering membuat masalah dan melanggar
Disisi lain agar adil, sepatutnya orang tua kadang juga harus memberikan penghargaan atas apa yang telah dilakukan anak dam kurun waktu tertentu.

Pada kenyataannya, orang tua tanpa terasa sudah benar melakukan ini semua, sayangnya … sering pula bahwa orang tua tidak menepati apa yang ia ucapkan.
Jika anda mengira ini hanyalah ucapan biasa, tapi tidak demikian dalam pikiran anak-anak.
Mereka adalah mahluk yang sangat tinggi daya ingatnya, dan menganggap perkataan anda asebagai janji, dan janji adalah hutang yang harus dibayar bukan ?

Inilah janji palsu yang sering di lontarkan oleh ayah / ibu :


- ketika anak tidak berhenti menangis, ibu bilang nanti diajak jalan-jalan, kenyatannya itu hanya ucapan belaka, dan sering tidak dilakukan sama sekali. 
- ketika anak tidak berhenti untuk merengek minta mainan, ayah/ibu tidak membelikannya, ayah bilang “besuk akhir pekan saja kita keluar untuk membelikanmu, sekarang ayah sibuk”.

Tapi apa yag terjadi kemudian … ayah selalu sibuk dan malas untuk keluar pada hari yang ditentukan, serta mengharap anaknya lupa ?
Sementara anak tidak mungkin lupa dan menagihnya, namun ayah berkelit masih sibuk atau alasan lainnya.

Inilah yang Sebaiknya orang tua manfaatkan :

Orang tua sebenarnya dapat melakukan cara yang lebih baik, yaitu memanfaatkannya agar menjadikan anak berbuat labih baik, seperti …
“jika kamu selama seminggu ini tidak mengganggu adikmu, maka ayah akan membelikan mainan kesayanganmu itu”.

Namun … orang tua harus konsisten terhadap sekecil apapun yang dijanjikan, beberapa kali saja mengingkari janji tersebut, maka akan tertanam dalam pikiran anak bahwa orang tua kurang bisa dipercaya, hasilnya anak akan menyimpan perasaan benci, suka melawan, bandel, dan sifat buruk lainnya.

Karenanya …
Jangan mudah mengumbar ucapan menyenangkan, yang sebenarnya mudah berubah menjadi janji palsu dalam pikiran anak.
Hanya berikan jani yang sekiranya orang tua benar-benar akan melaksanakannya.

Bagaimana bila jani tersebut memang belum bisa dilaksanakan ?
Maka berikan argument yang tepat kepada anak secara fair, berikan alternatif untuk pengganti sementara janji tersebut atau pengganti lain yang bisa disepakati bersama.

Lambat laun anak akan memahami bahwa orang tua selalu beritikad baik dalam setiap perkatannya, dan orang tua menajdi figure yang benar-benar dapat dipercaya dan di hormati oleh para anaknya.      

0 komentar


Thanks for Stopping by, Please Leave comment about article above ^_^