Visit My Popular Blog

2 Penyebab anak menjadi Bandel - Orang Tua Pemicunya

Pesan Sponsor
Sebagai mahluk kecil yang memiliki rasa ingin tahu yang besar, imajinasi tinggi, tiada hari tanpa Dunia kesenangan … anak kecil akan melakukan banyak cara untuk mendapatkan apa yang ia inginkan.

Segala kegiatan anak bisa jadi adalah masalah yang mengganggu bagi orang tua sehingga anak akan di cap banyak tingkah, hyperactive, nakal, sampai dengan bikin capek orang saja.

DUA Penyeban Utama anak Tidak menuruti Orang tua dan Menjadi bandel

1. Terlalu sering orang tua melarang terhadap anaknya dari melakukan ini dan itu, sebenarnya hal tersebut telah membentuk anak kita tumbuh menjadi anak yang tidak menurut orang tua !, mengapa demikian ?
Terlalu banyak larangan mengakibatkan si anak tidak memiliki kebebasan berkreatifitas, sehingga jiwanya akan otomatis memberontak.
Hal tersebut karena rasa patuh mereka sering dikalahkan rasa ingin tahunya yang besar atau kesenangan yang ingin di dapatkan, maka si anak lebih sering melanggar apa yang di larang oleh para orang tuanya …



2. Selain banyak Melarang ini dan itu, ketika anak sudah tidak mulai mematuhinya, maka Orang tua menjadi sering terlalu banyak mengancam, seperti … awas, ayah akan marah, nanti tidak diajak jalan-jalan, dan sebagainya.
Anak kecil juga sebagai mahluk yang memiliki daya ingat tinggi, ingat bahwa anak tidak memiliki kesibukan apapun selain dari pada bermain sehari-hari, sehingga lebih mudah baginya mempelajari dan mengingat apa yang menjadi karakteristik orang tuanya sendiri.
Kebanyakn para orang tua hanya sekedar mengancam dan jarang sekali untuk menjalankan ancaman tersebut.
Hal ini sebenarnya hanyalah dikarenakan orang tua malas untuk memberikan waktu dan penjelasan kepada anaknya sehingga lebih memilih jalan pintas untuk menghentikan kelakuan anaknya yang tidak disukainya dengan cara banyak melarang dan mengancam.

Tidak dapat di hindari …Anak pun tumbuh menjadi anak yang tidak menurut dan anak yang bandel,
- karena mereka sudah menganggap biasa dengan banyaknya larangan tersebut tiap hari.
- dan karana sudah tahu betul bahwa orangtuanya kebanyakan tidak pernah mengerjakan apa yang dia ancam, bahkan terlalu sering melupakan ancaman tersebut.

Solusi Anak Bandel - Tidak Menurut orang Tua

1. Jangan terlalu sering melarang hanya dikarenakan kita malas mengurusi mereka, tetap biarkan mereka melakukan aktivitas bermain apapun dengan memberikan mereka Dua syarat yaitu :
- Tidak membahayakan dan kedua …  tidak merugikan.
Yang membahayakan contohnya bermain lempar-lemparan batu, sedangkan yang merugikan misalnya menghabur-hamburkan air dalam jumlah banyak atau yang dapat mengganggu orang lain.

Dengan 2 syarat itu, maka jumlah larangan yang anda buat untuk anak akan banyak berkurang, dan mereka akan belajar untuk memahami apa saja yang berbahaya dan apa saja yang merugikan, baik merugikan diri sendiri maupun orang lain.

2. Orang tua perlu kadang menemani atau meluangkan waktu bermain dengan anaknya, dengan demikian orang tua langsung yang mengawasi sehingga tidak banyak memberi larangan dan ancaman dalam aktivitas mereka. Tidak kalah pentingnya … si anak akan merasakan kebahagiaan dan bisa lebih menurut terhadap orang tua yang bisa menyediakan waktu untuk mereka.

2. Jangan sering mengancam, cukup berikan aturan hukuman untuk larangan yang memang penting dilakukan, semisal larangan akibat perbuatan yang melanggar 2 syarat diatas.
Dan bagaiman ketika mereka melanggar dengan ancaman tersebut ?
Yup … hukuman harus dieksekusi, jangan menuda terlalu lama apalagi sampai melupakan ancaman tersebut.
Dengan demikian anak akan mengerti bahwa kita selalu konsekuen dan serius dalam larangan dan ancaman yang diucapkan.

- Hukuman yang diperlukan tidak berupa hukuman fisik, yang malah membawa pada bentuk penyiksaan anak dan melukai jiwanya, melainkan hukuman berupa mengurangi hal-hal yang disukainya, seperti … tidak boleh bermain game hari ini, dilarang menyalakan TV sementara, dan lainnya. – IndoSister.com

0 komentar


Thanks for Stopping by, Please Leave comment about article above ^_^