Visit My Popular Blog

2 Jenis Fiber - Manfaat Serat Mencegah Wasir & Diabetes

Pesan Sponsor
Wasir dan Diabetes dapat menajdi momok dalam kesehatan, namun tahukah para sobat … bahwa 2 penyakit ini bisa bermula dari hal sepele yang tidak terasa telah dilakukan orang dalam jangka panjang, yaitu kurangnya cairan dan fiber.
Berikut adalah pembahasannya …

Jenis Serat / Dietary fiber dalam Makanan :
a. Insoluble Fiber
- Fiber jenis ini sangat berguna mencegah sembelit dan kanker usu besar / colon.
- merupakan serat yang tidak larut dalam air, berguna membantu system pencernaan tubuh sehingga sisa makanan dalam tubuh menjadi lunak.
- Jika feses / kotoran manusia mengeras maka buang air besar / BAB menjadi tidak lancar, hal inilah yang sering menimbulkan ngeden, dan bila sering terjadi akan berakibat menjadi ambeien / wasir.
- Antara lain terdapat pada biji-bijian seperti jagung, kedelai, gandum, dan kacang-kacangan serta beberapa buah seperti apel, wortel dan strawberry.

b. Soluble Fiber
- Fiber jenis ini bermanfaat untuk mencegak kegemukan / obesitas dan diabetes serta mencegah kolesterol.
- merupakan serat yang larut dalam air, antara lain terdapat pada aneka buah seperti jeruk dan apel, aneka umbi seperti bawang dan kentang, serta sayuran.

2 Jenis Fiber - Manfaat Serat Mencegah Wasir & Diabetes- Fiber / serat membuat efek kenyang lebih panjang, sehingga tidak mudah lapar dan dapat membantu program diet obesitas dengan baik.
- Kandungan tinggi serat dalam makanan juga menghasilakn kalori lebih rendah daripada makanan berlemak dan makanan bergula, sehingga resiko kegemukan dan diabetes / kencing manis dapat tercegah.

Langkah Terbaik
Tambahkan dengan kebiasaan minum yang cukup sehingga system pencernaan menjadi optimal dalam mencegah sakit wasir maupun dibetes melitus.

Baca Juga …

TIPS Konsumsi Buah
- Beberapa serat banyak terdapat pada kulit buah, karenanya jangan mengupas buah semacam sawo, pir, dan apel serta anggur. Sebab kulit buah inilah yang lebih banyak mengandung fiber. Pastikan buah jenis ini sudah dicuci bersih sebelum para sobat IndoSister.com mengkonsumsinya.
- Aneka buah lainnya mengandung banyak serat pada kulit arinya, misalnya jeruk dan salak.


So … pengetahuan tentang jenis fiber, manfaat, dan cara mengkonsumsi buahnya telah kita pahami … jadi upayakan untuk sering memasukkan serat ini dalam menu makanan kita sehari-hari.

0 komentar


Thanks for Stopping by, Please Leave comment about article above ^_^