Visit My Popular Blog

Mengatasi Anak yang Sering Membuat Masalah & Melanggar

Pesan Sponsor
Mengapa anak sering membuat masalah dan melanggar apa yang orang tua larang ?
Kemudian, point berikutnya yang tidak kalah penting yaitu kelanjutan dari larangan itu sendiri.
Terlalu banyak orang tua yang melarang ini dan itu, hasilnya … sebagaian besar anak menjadi merasa serba salah, hingga akhirnya anak akan melakukan hal-hal yang kurang dipahaminya apakah hal tersebut juga dilarang atau tidak .

Mengapa demikian ?? Bagaiman Mengatasi Anak yang suka membuat masalah / Pelanggaran ??

Masalah  tersebut dapat dihindarkan dengan cara :

1. Berikan dengan jelas apa yang orang tua inginkan terhadap mereka untuk dilakukan, jangan biarkan anak menebak tanpa arah yang jelas.
Ketika anak sudah sesuai melakukan hal yang kita sukai, berikan mereka tanda terimaksaih atau penghargaan yang tulus bisa  berupa kata, pelukan ataupun hadiah kejutan.

2. Orang tua boleh saja melarang sesuatu, tapi janganlah hanya sekedar melarang dengan memberi alasan bahwa kita tidak senang atau sangat benci dengan perbuatan tersebut. Jangan hanya menunjukkan rasa emosi.

Melainkan kita perlu memberikan argument yang tepat sesuai kadar usia masing-masing anak. Dengan demikian para anak akan berusaha untuk lebih memahami terhadap apa yang kita terangkan.


Tanpa alasan yang tepat, si anak hanya akan meninggalkan perbuatannya dengan tanda tanya, dan kemungkinan besar akan berusaha mencoba mengulang perbuatan tersebut diluar sepengetahuan orang tua. Ini bahkan menjadi lebih buruk dari yang kita harapkan, dimana si anak menjadi tidak fair / tidak terus terang di depan orang tua.

Alih-alih orang tua dengan sangat emosi melarang anak merokok serta tidak memberikan kesempatan si anak membela diri, langkah terbaik adalah …
mengajaknya berdiskusi dan memberikan sebanyak mungkin daftar kerugian yang didapat akibat merokok dibanding daftar keuntungan yang ada.
Untuk beberapa masalah penting, kadang orang tua perlu mencari referensi fakta dan bukti yang dapat dijelaskan lebih meyakinkan kepada anak.

0 komentar


Thanks for Stopping by, Please Leave comment about article above ^_^