Visit My Popular Blog

HOAX ! Cara Atasi Stroke via Tusuk jarum VS Cara yg Benar

Pesan Sponsor
Telah beredar di Internet baik via youtube maupun Social Media, sebuah tayangan video penanganan Stroke yang terlihat tampak meyakinkan dan tidak terasa banyak dipercaya oleh masyarakat dapat menyembuhkan Orang yang mendadak terkena serangan stroke.

Dalam video tersebut di beberkan - mengatasi penderita stroke dengan cara :

- Pertama mensterilkan sebuah jarum dengan cairan alkohol.
- kemudian ujung-ujung jari tangan ditusuk dengan jarum hingga meneteskan darah.
Argumen yang dipaparkan …
bahwa Stroke adalah disebabkan oleh gangguan dan penyumbatan jalan darah, dengan meneteskan darah pada ujung-ujung jari maka membuat saluran darah pada tubuh tidak akan buntu.

Argumen tersebut memang tampak masuk akal bagi orang awam, Tapi …

Dalam kacamata medis, ternyata argumen diatas sama sekali tidak benar, bahkan dianggap mengada-ada.
Penyumbatan pembuluh darah manusia adalah terjadi dalam masa yang cukup lama, timbunan lemak dan kolesterol akan menumpuk, terakumulasi dalam pipa pembuluh kapiler dan saluran darah setelah beberapa tahun hingga sampai pada saatnya – sumbatan terjadi pada pembuluh darah menuju otak akan mengakibatkan otak tidak lagi dapat memberikan sinyal perintah pada anggota tubuh untuk bergerak ataupun aktifitas lainnya.

Karenanya … sumbatan saluran darah yang terpupuk bertahun-tahun tentu saja tidak akan hilang sendiri secara singkat hanya dengan meneteskan darah, ini tidak ada sangkut pautnya.


Para dokter tidak dapat menyetujui cara diatas karena tidak ada bukti otentik tentang kebenaran cara tersebut,
Bahkan …
- Dikawatirkan akan malah menginfeksi darah si penderita
- Cara diatas menjadikan orang awam tidak bisa memastikan apakah penderita tersebut terkena stroke atau tidak, bahaya lain dapat tibul karena penangan tidak sesuai dengan jenis sakitnya.
- Bila benar memang stroke, akan timbul resiko Serangan lebih parah akibat penanganan yang tidak sesuai prosedur standar kedokteran.

Jadi Apa Cara yang Benar dalam Menangani Penderita terserang Stroke ??

pada seseorang yang tiba-tiba jatuh atau tidak mampu bergerak akibat serangan stroke,
Cara yang benar yaitu dengan menerapkan metode FAST  :

1. F- Face (wajah) :
  Perhatikan apakah Wajah si penderita menjadi Menyong atau miring-mimiknya. Ini salah satu pertanda serangan stroke.

2. A – Arm (Lengan) :
Coba angkat kedua tangan penderita, lalu coba suruh menahan tangannya ke depan. Bila tidak mampu keduanya atau salah satunya, maka pertanda serangan stroke dua sisi atau stroke separuh.

3. S – Speech (Ucapan) :
Ajak bicara, upayakan penderita mau bicara, serangan stroke menjadikan lidah/mulut penderita menjadi menyong dan pengucapannya menjadi cadel.

4. T – Time (waktu) :
Jika beberapa tanda serangan stroke diatas terdapat pada penderita, maka cara ke empat dan terakhir adalah Waktu, artinya semakin cepat ia dibawa ke rumah sakit adalah semakin baik, agar penanganan sejak awal sebelum parah memungkinkan untuk segera diberikan.
dalam langkah ini, orang awam harus menyadari bahwa tidak banyak yang bisa di lakukan selain daripada membawa penderita serangan stroke tersebut secepatnya ke RS terdekat baik melalui menelpon ambulance atau menggunakan mobil pribadi.

---
Demikian Sharing melalui IndoSister.com - Cara menangani penderita yang terserang stroke mendadak, yang hoax Vs versi yang benar.

Tetaplah berhati-hati dan menyadari bahwa berita melalui youtube dan social media tidak selalu tepat/benar …
Jangan langsung mudah mempercayai dan mempraktekkan sesuatu yang terlebih melibatkan kesehatan dan keselamatan seseorang tanpa chek dan konsultasi dengan pihak yang lebih tahu dalam bidangnya.

0 komentar


Thanks for Stopping by, Please Leave comment about article above ^_^