Visit My Popular Blog

10 Tips Hindari 6 Bahaya Dibalik Cantiknya Soft Lens Kontak

Pesan Sponsor
Bahaya apa Apa yang tidak diambil oleh para wanita ? bahkan aneka hal berisiko sering dipertaruhkan demi penampilan dan kecantikan sementara.

Seperti sebelumnya Indosister.Com membahas tentang Tips dan Bahaya Kosmetika pemutih wajah, kali ini kita akan  sharing tentang Tips dan bahaya Soft lens / Lensa Kontak.
Lensa kotak begitu marak dikalangan wanita dan setidaknya pada sebagian pria, Keindahan yang dihasilkan membuat hati para pemakai sekaligus yang memandang dapat terpikat :)
Selain sebagai pengganti kaca mata yang lebih praktis dan keren, Soft lense malah lebih sering dipakai demi kecantikan dan keindahan mata sahaja.

Namun … sebelum tertarik untuk mengikuti Trend warna pelagi di matamu, sebaiknya Sobat Mengetahui …

6 Risiko dan Bahaya Penggunaan Soft lense :

A. Iritasi Ringan
Seperti mata pedih, mata berair, sampai dengan mata memerah.
10 Tips Hindari 6 Bahaya Dibalik Cantiknya Soft Lensa Kontak
Contoh Aneka Contact Lense Kontemporer

B. Infeksi Berat
Infeksi tidak mudah sembuh dengan sendirinya, hingga perlu ke dokter mata.

C. Alergi
Beberapa lensa kontak kadang tidak cocok, semisal membuat mata gatal, hingga perlu mencari beberapa yang benar-benar cocok.

D. Infeksi Jamur / Fungal
Jamur dapat tumbuh dimata dan bereaksi dalam waktu yang lebih lama.

E. Amoeba Keratitis
Setelah penelitian lebih dari 40 tahun, di temukan beberapa Soft Lense dapat ditumbuhi amoeba, dan parahnya amoeba ini dapat tinggal di mata serta menggerogoti kornea mata secara perlahan.

F. Kebutaan Permanen
Kasus paling ekstim adalah kebutaan, beberapa kasus kebutaan sementara maupun permanen sudah pernah terjadi, maka diperlukan pengetahuan yang cukup untuk penggunaan lensa kontak yang benar. Silakan baca tips selanjutnya di bawah …

Berikut adalah Tips Menghindari Bahaya Lensa Kontak :

1. Sedapat mungkin hindari lensa kontak jika tidak terlalu diperlukan.
Setidaknya jadwalkanlah kapan saja saat tepat untuk menggunakannya.

2. Belilah Soft Lense Standard BPOM
Untuk meneliti apakah kode bpom pada produk anda asli terdaftar, silakan cek nomor bpom tersebut via web resminya di … POM.GO.ID

3. Cuci bersih dengan air panas–wadah penyimpan soft lense setidaknya sebulan sekali.

4. Gantilah Wadah penyimpan soft lense maximal 3-4 bulan untuk menghindari kontaminasi negatif pada soft lense itu sendiri.

5. Gunakan Air khusus yang memang dipakai untuk penyimpan dan pencuci soft lense, jangan gunakan air mineral. Air mineral tidak mengandung anti biotik sehingga dapat di datangi kuman dengan mudah setiap saat.

6. Pastikan tangan keadaan bersih / cuci tangan dengan sabun sebelum memasang ataupun saat melepas lensa kontak.
Tangan yang tidak bersih akan memungkinkan kuman berpindah pada lensa.

7. Pastikan Kuku bersih dari kotoran dan hindari kuku panjang melebihi ujung jari.
Bila tidak, maka hindari  kuku bersentuhan dengan lensa untuk menghindari tegoresnya permukaan lensa terutama bagian dalam.
Goresan kecil sekalipun tetap dapat beresiko untuk membuat gesekan pada kornea mata sehingga akan memancing iritasi atau infeksi.

8. Teliti sebelum membeli, termasuk Spec dari lensa kontak itu sendiri, apakah untuk masa mingguan, bulanan, atau lainnya. Pastikan untuk membuangnya setelah masa penggunaannya telah habis.

9. Hindari pengunaan Soft lense dalam jangka waktu yang lama, mata juga perlu istirahat dan bernafas / oxygen.  Idealnya maximum 4 jam, Setidaknya paling lama 6-8 jam soft lense harus di lepas.

10. Hindari pemakaian Soft lense pada saat tidur, apa lagi tidur malam, karena pada akhirnya soft lense akan bergeser keatas dan merekat, sehingga saat melepasnya pada pagi hari akan lebih sulit dan memungkinkan gesekan lebih besar pada kornea mata dan berujung pada timbulnya iritasi.

Saya pribadi sebagai cewek
Amat Sangat menginginkan untuk memakai soft lense dengan indahnya pilihan warna yang memikat hati, namun dengan pertimbangan risiko yang ada … saya rasa kurang sebanding dengan keuntungan bersifat sementara yang bisa di dapat, mengingat mata saya normal dan tidak memerlukan lensa / kaca mata …
Bagamana dengan para sobat ???

Demikian Sharing via IndoSister.Com - 10 tips hindari 6 bahaya penggunaan Soft Lensa kontak, Semoga bermanfaat … ^_^

0 komentar


Thanks for Stopping by, Please Leave comment about article above ^_^