Visit My Popular Blog

Mengenal Senam Otak – Sejarah Brain Gym dan Perkembangannya di Dunia

Pesan Sponsor
Senam otak atau Brain Gym adalah serangkaian latihan gerak sederhana untuk memudahkan kegiatan belajar dan penyesuaian dengan tuntutan sehari2. Metode belajar dikembangkan oleh Paul E. Dennison, Dr. Phill, bersama isterinya Gail E. Dennison yang merupakan pelopor pendidik di Amerika dalam penerapan penelitian otak. Mereka memberi seminar, ceramah dan pelatihan mengenai EDU-K di banyak Negara dan telah menulis beberapa buku tentang ilmu senam otak.

Senam otak sebenarnya telah dikenal sejak tahun 1980, dimana saat itu masih terbatas untuk orang dewasa yang mengalami gangguan dalam belajar, gangguan fokus dan konsentrasi, mudah stress, dan hambatan lain secara motoris dan psikis.

Senam otak yang lebih dikenal sebagai Brain Gym kemudian dikembangkan oleh 3 orang yaitu Paul E. Dennison, Dr. Phill, bersama isterinya Gail E. Dennison yang merupakan pelopor pendidik di Amerika dalam penerapan penelitian otak.
Mereka biasa mengisi seminar dan training EDU-K di banyak Negara dan menulis beberapa buku berkenaan senam otak.
Mengenal Senam Otak – Sejarah Brain Gym dan Perkembangannya di Dunia
Pada perkembangannya, saat ini senam otak telah menyebar ke ratusan negara, metodenya yang dapat dilakukan kapanpun, dimanapun, tanpa alat apapun - membuat pesatnya penyebaran ini, Brain Gym diakui sebagai salah satu dari teknik belajar paling baik oleh National Learning Foundation / Lembaga pembelajaran Nasional USA.
metode senam otak dapat digolongkan sesuai usia dan kebutuhan yang diperlukan, dari bayi 4 tahun, remaja, dewasa, sampai dengan senam otak untuk manula dalam mencegah kepikunan.
Proses brain gym juga dapat dijelaskan secara neurofisiologi, dalam bukunya Dr. Carla Hannaford “why learning is not all in your head”.

Otak sebagai pusat kendali gerakan dan kegiatan tubuh akan mengaktifkan seluruh organ dan system tubuh melalui pesan2 yang disampaikan melalui serabut syaraf secara sadar maupun tanpa sadar semisal gerak reflek.
Umumnya manusia terlalu sering memakai organ tubuh sebelah kanan, hal ini lama-lama membebani otak kiri karena sistem kerja otak terhadap tubuh manusia itu bersilang.
Kecenderungan tersebut akhirnya membuat kemampuan otak kiri dan kanan tidak seimbang, dan Senam Otak diperlukan untuk menyeimbangkannya seperti halnya senam fisik diperlukan untuk kesehatan badan dan membentuk tubuh ideal.

Senam otak berkaitan dengan ilmu gerak tubuh yang dikombinasikan untuk memaksimalkan fungsi otak dengan keseimbangan beban terhadap otak kiri dan kanan.

Gerakan senam otak melalui olah tangan dan kaki, memberikan stimulus ke otak. Stimulus itulah yang dapat meningkatkan kemampuan kognitif seperti kewaspadaan, konsentrasi, kecepatan, dalam proses belajar, memori, pemecahan masalah dan kreativitas.
"Kecerdasan seseorang dipengaruhi oleh faktor genetik atau turunan juga faktor stimulasi. senam otak membantu meningkatkan kecerdasan melalui berbagai stimulasi gerakan tersebut.

Beberapa manfaat Senam otak yang dapat dirasakan pesertanya antara lain:
A. Lebih mudah konsentrasi, fokus, kreatif dan efisien
B. Meningkatnya Prestasi belajar dan bekerja
C. Lebih relax dalam suasana belajar dan Hubungan antar manusia
D. Meningkatnya kemampuan berbahasa dan daya ingat
E. Mengurangi stress emosional, pikiran lebih jernih
F. Merasa lebih sehat akibat stress lebih mudah terkendali

Lembaga dan pelatihan Brain Gym umumnya juga menyediakan kelas khusus - terapi untuk anak-anak hyperactive, autis maupun yang mengalami hambatan belajar.
Menurut Bapak Tri Gunadi - Direktur Pusat Terapi Tumbuh Kembang Anak YAMET … anak yang memiliki kelainan seperti autis, sebelum diiukutkan senam otak maka anak tersebut harus sudah bisa meniru apa yang dilakukan oleh orang lain.

Berminat Senam Otak ??? … Silakan belajar di Lembaga Brain Gym yang umumnya sudah ada di kota-kota besar.

Bila tidak mau jauh-jauh … Silakan lihat dan langsung praktek  … di artikel saya sebelumnya :


Demikian sharing tentang Mengenal Senam Otak/Brain Gym dan Perkembangannya di Dunia, semoga bermanfaat.

0 komentar


Thanks for Stopping by, Please Leave comment about article above ^_^