Visit My Popular Blog

Datanglah ke Puskesmas untuk 4 Macam Test Berkala Kesehatan Anda

Pesan Sponsor
Mari waspada … Penyakit yang dulu menjadi penyakit para orang tua lanjut usia, kini marak terjadi pada  para anak muda.
Hal ini tidak lepas dari era modern dimana pola hidup tidak sehat telah mewabah bahkan menjadi gaya hidup dan budaya.
Disayangkan … Umumnya orang-orang baru memeriksakan diri setelah ada keluhan dan jatuh sakit.

Check Up Kesehatan sangat jarang dilakukan oleh siapapun terkecuali bagi mereka yang sadar dalam memperhatikan kesehatannya …
Biaya yang relatif mahal dari beberapa ratus ribu hingga jutaan rupiah menjadi kendala yang membuat orang-orang enggan dalam melakukan Check Up secara rutin.

Karenanya … daripada tidak pernah Check up sama sekali …
Setidaknya sangat disarankan bagi para sobat untuk melakukan 4 macam tes laboratorium dibawah ini sebagai pemeriksaan dasar kesehatan :

Datanglah ke Puskesmas untuk 4 Macam Test Berkala Kesehatan Anda1. Test Gula Darah
Siapa yang tidak mengenal Diabetes / Kencing Manis, sekali penyakit ini menyerang maka belum ada obat yang dapat menyembuhkannya, Pasien harus menggantungkan diri pada obat selamanya hanya untuk bertahan hidup.
maka … kita harus sedini mungkin terhindar dari penyakit berbahaya ini kawan.

2. Test Asam urat
Untuk memeriksa kadar purin, bila berlebih maka gangguan dan pembengkakan pada persendian akan sangat mengganggu bahkan sampai seperti lumpuh, nyatanya sekarang banyak para muda yang sudah terjangkit asam urat.

3. Tes Colesterol
Kandungan kolesterol jahat yang berlebih dapat menghasilkan penyempitan pembuluh darah sampai dengan mengakibatkan timbulnya Stroke. Ingat … stroke semakin marak terjadi pada jaman modern ini.

4. Tensi darah
Menyepelekan darah tinggi ataupun darah rendah ternyata juga dapat berujung fatal, pemeriksaan secara berkala dapat membantu kita dalam mengontrol tensi darah.

Saya pribadi telah mempraktekkannya, Dengan datang ke Puskesmas terdekat saya daftar di loket untuk meminta test laborat diatas, kemudian setelah diambil darah … kurang lebih hanya menunggu 30 menit maka dipanggil oleh bu dokter puskesmas beserta sedikit pengarahan kesehatan dan diberikan lembaran berisi tabel hasil Test tersebut …
Berikut contoh hasil tes saya …

Gula Darah – Normal = <200mg/dl
Saya = 78,46
Test Asam urat – Normal Pria = <7,0 mg/dl Normal Wanita = <5,7 mg/dl
Saya = 2,8
Colesterol – Normal = 200mg/dl
Saya = 188.8
Tensi darah – Normal = 90/60 -120/80 mmhg

Dari beberapa contoh hasil test saya diatas alhamdulillah menunjukkan normal, namun kadar colesterol mendekati ambang batas, dengan demikian saya sudah harus mulai mengntrol asupan makanan berlemak misalnya mengurangi camilan gorengan yang memang biasa saya konsumsi.
Tidak ketinggalan … hasil tensi saya menunjukkan Tekanan darah rendah … pantesan sering pusing, jadi saya perlu membenahi pola makan yang benar untuk dapat menikkan tensi darah kembali normal termasuk dengan vitamin yang diperlukan.

So …  buat para sobat sebaiknya yang tidak pernah check up kesehatan, sangat disarankan untuk check kesehatan dasar diatas setidaknya dapat dilakukan setahun sekali.
Kemudian simpan lembaran hasil tes laborat tersebut sebagai pengingat kapan diperlukan test kembali serta menjadi hasil perbandingan dengan test terbaru.

Pertimbangan yang saya pakai untuk Test di Puskesmas :

A. Biaya relatif ringan daripada Laboratorium khusus / Rumah Sakit
Sobat tidak perlu kuatir dengan biaya sehingga tidak memberatkan langkah untuk memenuhi keinginan pemeriksaan kesehatan berkala diatas.
Saya hanya mengeluarkan sekitar Rp 40 ribu saja untuk Check up 4 macam test diatas.

B. Puskesmas ada di mana-mana
Hampir ddisetiap kecamatan ada, bagi yang tinggal di pelosok pun tidak ada alasan untuk tidak melakukan pemeriksaan kesehatan kawan.

C. Qualitas OK
Jaman ini, ternyata Puskesmas sudah ditunjang oleh para dokter berkualitas dan fasilitas yang cukup mewadahi, terkecuali kadang ada beberapa yang masih ketinggalan dalam pelayanannya.

Demikian Sharing pengalaman dari saya tentang Check up kesehatan di Puskesmas, semoga menjadi pertimbangan bagi para sobat yang belum pernah melakukannya.

Dengan Check Up dasar diatas setidaknya kita sudah termasuk mau menghargai tubuh kita sendiri, mengetahui sedini mungkin bilai nilainya keluar dari normal sehingga dapat melakukan tindakan preventif dan pengembalian ke nilai normal, serta tujuan utama agar kita terhindar dari aneka penyakit berbahaya yang biasanya terjadi para orang tua anjut usia namun kini marak terjadi pada para anak muda.akibat gaya hidup tidak sehat dan kurangnya memperhatikan kesehatan. - IndoSister.com

5 comments:

  1. Thank infonya sis....

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Informasi yang sangat bermanfaa sekali, terimakasih sudah berbagi.

    ReplyDelete
  4. Terimakasih infonya besok mau tes deh

    ReplyDelete
  5. Terimakasih infonya besok mau tes deh

    ReplyDelete


Thanks for Stopping by, Please Leave comment about article above ^_^